Karakteristik Burung Walet dan Kebiasaan Di Habitatnya

Burung walet dengan nama latin Aerodemus fuciphagas Aerodemus maxcimus termasuk salah satu jenis burung yang kini sangat populer di ternak pada banyak negara.

Untuk burung walet juga termasuk jenis burung pemakan serangga yang bersifat aerial dan suka terbang tanpa henti. Dan selanjutnya meluncur terus di udara pada saat siang hari.

Karakteristik Burung Walet yaitu memiliki warna yang gelap atau kehitaman bagaimana pun akan kembali pada sarang pada malam hari dan berada pada sarangnya.

Karakteristik Burung Walet
Karakteristik Burung Walet

Kemampuan dari burung walet dengan cara terbangnya cepat dengan bagian dua sayapnya dan badannya yang ringan dan ukuran ukuran tubuhnya sedang.

Sayapnya berbentuk sabit yang sempit dan runcing dan mampu membawa burung walet terbang jauh tanpa henti melayang – layang diudara mencari makanan. Bagian sayap burung walet ini termasuk sejenis organ yang memang kuat.

Karakteristik burung walet bagian kaki memang sangat kecil, jadi burung jenis ini tidak pernah hinggap di pohon atau diatas pohon atau pun di atas kabel listrik. Kemudian burung walet mempunyai semacam paruh yang sangat kecil.

Kebiasaan Burung Walet

Kebiasaan Burung Walet
Kebiasaan Burung Walet

Selain karakteristik burung walet, seperti halnya dengan jenis burung yang lainnya, burung ini juga kebiasaan yang dilakukan. Yaitu burung walet juga memiliki kebiasaan tinggal secara alami di dalam gua atau rumah yang dibangun.

Asal saja tempatnya cukup lembab dengan cahaya remang-remang sampai dengan gelap. Rumah burung walet komersil sekarang ini dibangun di lokasi sesuai dimana ada banyak sumber makanan dan aman dari ancaman musuh atau dari penggangu. Paling Murah untuk membangun rumah burung walet pun memerlukan ratusan juta rupiah.

Lebih hebat burung walet tersebut akan menggunakan langit-langit dalam mulutnya untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan juga tempat berkembang biak.

Sarang burung walet inilah yang akan diambil dan dijadikan produk makanan untuk kesehatan yang bergizi.

Harga dari sarang burung walet yang siap dibersihkan ini memiliki nilai ratusan ribu tiap kilogramnya dipasaran. Sarang burung walet dari Indonesia dan malaysia termasuk jenis kualitas premium terbaik di dunia.

Sifat Burung Walet

Di habitat aslinya, burung walet dijumpai bersarang di gua-gua yang terpencil. Biasanya, gua itu di tebing-tebing yang curam dekat laut lepas. Pada sekitar gua pada umumnya dikitari oleh hutan lebat.

Walet lebih suka jika daerah itu mempunyai perairan (sungai atau danau), padang rumput, dan pepohonan yang tinggi dan juga rimbun. Di daerah seperti ini, banyak dihinggapi serangga-serangga kecil yang termasuk makanan dari burung walet.

Di negara kita, burung walet terdapat hampir di semua provinsi. Walet tidak suka dengan daerah-daerah yang tandus. Meski terbangnya tinggi, burung walet tidak suka dengan daerah dengan ketinggian lebih dari 1.500 m di atas permukaan laut.

Untuk lokasi sarang walet begitu butuh tempat yang lembab. Kelembaban ruang yang diperlukan sekitar 85-95%. Suhu ruangan yang cocok untuk walet antara 25 sampai dengan 29 0C.

Walet sangat menginginkan lokasi yang tenang, aman, serta belum tercemar oleh polusi udara. Burung Walet termasuk burung yang hidup secara berkelompok.

Meskipun anggota suatu kelompok dapat pindah ke kelompok lain, tetapi tidak ada walet yang hidup memisahkan diri dari lainnya.

Jumlah anggota suatu kelompok walet berbeda-beda, semuanya tergantung dengan besar kecilnya tempat tinggal. Semakin besar tempat tinggal walet, maka semakin besar pula anggota kelompok dari burung walet.

Tinggalkan Komentar