Cara Merawat Burung Mozambik Agar Bisa Gacor

Burung mozambik adalah burung yang memiliki nama lain green singing finch / yellow fronted canary atau bisa juga disebut dengan Serinus mozambicus.

Burung ini merupakan salah satu spesies yang masih dekat dengan kerabatnya yaitu kenari. Jenis burung ini banyak digemari kicaumania yang ada di Indonesia.

Mozambik juga merupakan jenis burung yang aktif dan juga dapat menjadi sangat agresif. Khususnya terhadap jenis burung finch yang lainnya apabila ditempatkan bersama dalam kandang koloni / aviary yang hanya sempit.

Burung Mozambik
Burung Mozambik

Untuk mozambik yang jenis kelaminnya jantan memiliki suara kicauan yang sangat baik. Sebab kicauannya bisa ngerol, dan penuh variasi juga memiliki irama yang sangat merdu.

Jenis dari burung ini juga sangat populer di kalangan penggemar burung kicauan. Sebab burung ini bisa dijadikan untuk masteran burung kicau lainnya seperti halnya Burung Murai Batu, Anis Merah, Kacer, Pentet, jalak, Cucak Ijo dan lain sebagainya.

Untuk burung mozambik ini pada dasarnya juga termasuk salah satu jenis burung yang sangat aktif. Selain aktif, burung ini memiliki suara kicauan yang ngerol yang menjadikan kicaunnya terdengar semakin bervariasi.

Dikarenakan habitat aslinya berada di daerah beriklim panas, maka kita sebaiknya dapat mengadaptasikan hal ini dalam perawatan hariannya. Cara merawat burung mozambik sebenarnya juga sama dengan perawatan burung yang lainnya.

Dalam merawatnya anda bisa memberikan lampu full spektrum apabila burung tersebut kerap diletakkan dalam ruangan atau secara rutin melakukan penjemuran.

Makanan Burung Mozambik

Yang harus anda ketahui, mozambik sangat suka dengan sayuran hijau jika dibandingkan jenis finch lainnya. Maka dalam merawatnya sehari hari jangan lupakan sayuran atau daun-daun hijau, khususnya ketika dijemur dan beraktivitas.

Pada habitat aslinya, mengkonsumsi makanan atau sayuran hijau itu termasuk salah satu cara burung mozambik dalam memperoleh asupan air. Khususnya untuk menyeimbangkan panas yang ada dalam tubuhnya.

Walaupun merupakan burung pemakan biji-bijian, mozambik juga termasuk burung pemilih. Mereka sering mengobrak abrik cepuk pakannya untuk mencari biji-bijian favoritnya seperti milet serta niger seed.

Maka jika burung mozambik Anda kerap mengacak-acak makanannya, berikan saja pakan campuran milet dan niger seed daripada anda beri canary seed.

Cara Merawat Burung Mozambik

Cara Merawat Burung Mozambik
Cara Merawat Burung Mozambik

Cara merawat burung mozambik tentunya secara rutin anda akan mengeluarkan burung burung mozambik ketika pagi hari. Anda juga bisa melakukan proses penjemuran hingga waktu siang harinya.

Dalam lamanya proses penjemuran kuang lebih 3 hingga waktu 5 jam sampai dengan 3 jam. Dan hal tersebut pastinya akan sesuai pada kondisi cuaca yang ada di sekitar anda.

Sesudah anda jemur, kemudian burung mozambik dapat segera mandikan. Pada waktu ini pastinya proses pemandian burung anda dapat dilakukan beberapa hari sekali.

Berikanlah jenis pakan bijian pokonya seperti niger seed dan juga milet.

Dan yang paling penting anda harus memberikan jenis pakan hijau berupa sayuran yang paling utama jenis dari daun dandelion (randa tapak), krokot, dan bisa juga anda berikan potongan jeruk dan juga apel.

Berikan juga asinan seperti tulang sotong, yang pastinya dapat berfungsi untuk dijadikan sumber kalsiumnya.

Dan untuk menjaga kondisi tubuhnya dari musim hujan atau musim dingin anda dapat memberikan multivitamin khusus untuk burung kicau.

Jenis dari pakan telur puyuh rebus sebaiknya jangan diberikan sesering mungkin. Hal ini dilakukan untuk mencegah burung menjadi malas berbunyi sebab mengalami kegemukan.

Dan ketika sore hari posisi sangkar burung mozambik sebaiknya anda kerodong. Kemudian biarkan burung tersebut beristirahat sampai dengan keesokan harinya.

Tinggalkan Komentar