Ciri Ciblek Kristal yang Bagus Untuk Memaster Burung Lain

Ciblek kristal adalah salah satu jenis burung yang bisa digunakan untuk masteran. Hasilnya akan semakin memuaskan apabila anda mengenali ciri ciblek kristal yang bagus untuk masteran.

Meski sama-sama ciblek kristal, namun ada burung ciblek kristal yang lebih unggul sehingga cocok untuk memaster burung lainnya. Dengan memilihnya, anda bisa lebih mudah dalam melakukan pemasteran.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

wikicau.com

Ciri Ciblek Kristal yang Bagus Untuk Masteran

Sebelum anda tahu bagaimana ciri ciblek kristal yang cocok untuk masteran, ada baiknya jika anda pahami dulu karakteristiknya. Seperti yang diketahui, jenis ciblek memang beragam sehingga menyulitkan orang awam dalam mengenalinya.

Dilihat dari fisiknya, ciblek kristal memiliki bagian punggung yang berwarna hitam kebiruan. Sementara bagian dada hingga pangkal ekornya tampak berwarna putih tulang.

Kemudian untuk bagian paruh ciblek kristal terlihat berwarna hitam. Beralih ke bagian matanya. Burung ciblek kristal memiliki kornea mata yang warnanya kuning kemerahan.

Menengok ke bagian lehernya terdapat semacam kalung yang warnanya putih. Lain halnya untuk ukurannya, ciblek kristal memiliki panjang tubuh sekitar 15 cm.

Ciri ciblek kristal yang bagus juga bisa anda ketahui dari suaranya. Burung ini memiliki suara khas yang terdengar ngebren panjang, keras, bening dan ada jeda rapatnya.

Setelah anda tahu bagaimana karakteristik ciblek kristal, kini saat anda pahami apa saja ciri ciblek kristal yang bagus untuk masteran. Berikut beberapa cirinya.

Kepala Kotak

Perhatikan bentuk kepalanya jika ingin menjadikan ciblek kristal sebagai masteran. Pastikan anda memilih ciblek kristal yang memiliki kepala dengan bentuk kotak.

Selain itu, pilih ciblek kristal yang matanya melotot dengan bentuk bulat besar. Hal ini menandakan bahwa ciblek kristal tersebut memilik mental yang bagus.

Lincah

Burung ciblek kristal yang lincah sangat cocok untuk masteran. Hal ini dikarenakan ciblek kristal yang lincah memperlihatkan ciri burung yang tak lemah atau lesu.

Selain itu, kelincahan juga menjadi salah satu tanda bahwa ciblek kristal memiliki mental fighter yang berani, tak terkecuali melawan burung dengan ukuran yang lebih besar sekalipun.

Paruh Panjang

Burung ciblek kristal yang memiliki paruh panjang sangat sesuai untuk masteran. Selain panjang, pastikan paruhnya juga tebal dan besar.

Bagian paruh ciblek kristal yang bagus untuk masteran juga memiliki pangkal yang lebar dengan bagian bawah lurus. Sementara posisi lubang hidungnya dekat dengan mata.

Leher Panjang

Burung ciblek kristal yang memiliki leher panjang juga menjadi salah satu ciri burung yang cocok untuk masteran. Leher yang panjang menandakan bahwa burung ini memiliki suara yang lantang.

Postur Panjang

Ciblek kristal yang memiliki postur tubuh panjang terbukti bagus untuk masteran. Namun untuk jenis ciblek lainnya, pilihlah yang tubuhnya sedang.

Nafsu Makan Tinggi

Untuk mengetahui bagus atau tidaknya ciblek kristal sebagai burung masteran, anda bisa perhatikan nafsu makannya.

Burung ciblek kristal yang memiliki nafsu makan tinggi memperlihatkan ciri burung yang sehat sehingga bisa digunakan untuk masteran.

Anda bisa buktikan sendiri dengan memberinya pakan berupa extra fooding maupun voer. Burung ciblek kristal yang sehat pastinya akan langsung menghabiskan pakannya.

Jenis Kelamin

Jika dibandingkan dengan ciblek kristal betina, burung ciblek kristal jantan lebih mumpuni untuk masteran. Hal ini dikarenakan ciblek kristal jantan lebih rajin berkicau dan gacor.

Sayap Rapat

Ciri ciblek kristal yang bagus untuk memaster burung lainnya yaitu sayap rapat. Hal ini dikarenakan burung ciblek kristal yang sayapnya rapat memiliki performa yang tangguh.

Kaki Besar

Perhatikan kaki ciblek kristal sebelum memilihnya untuk masteran. Supaya hasilnya sesuai harapan, alangkah baiknya jika anda memilih ciblek kristal yang memiliki kaki besar di kelasnya.

Bukan tanpa alasan. Burung ciblek kristal yang memiliki kaki berukuran besar terbukti mampu mencengkeram dengan kuat.

Ekor Serasi

Jangan lewatkan pula untuk memperhatikan bagian ekornya. Burung ciblek kristal yang bagus untuk masteran memiliki panjang ekor yang serasi dengan panjang leher dan badannya.

Suara yang dimiliki ciblek kristal bisa digunakan untuk memaster burung murai batu, kacer dan masih banyak lainnya. Semakin recommended untuk menggunakan ciblek kristal sebagai masteran burung lomba.

Sebenarnya memaster burung juga bisa dilakukan dengan hanya memanfaatkan mp3. Untuk mendapatkannya pun, anda hanya perlu download di berbagai sumber terpercaya.

Hanya saja, memaster dengan menggunakan burung asli tentu saja memberikan hasil yang lebih optimal. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika anda mengenali ciri ciblek kristal yang bagus untuk masteran.

Perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi

pengicau.net

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa jenis ciblek sangat beragam. Adapun beberapa diantaranya yaitu ciblek kristal dan ciblek semi.

Kedua jenis ciblek ini terbilang sulit dibedakan, baik itu dari segi tampilan fisik maupun suaranya. Hanya saja, dari segi kualitas, ciblek kristal lebih unggul jika dibandingkan dengan ciblek semi.

Perlu diketahui juga bahwa harga ciblek kristal juga lebih mahal daripada ciblek semi. Meski mirip, namun ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk membedakannya. Berikut beberapa poin perbedaan tersebut.

Suara

Burung ciblek kristal sebenarnya bisa dibedakan dengan ciblek semi apabila anda mencermati suara yang dikeluarkannya.

Jika didengarkan, ciblek kristal memiliki suara yang cenderung lebih nyaring dan keras. Tak hanya itu, tembakan brennya juga lebih rapat daripada ciblek semi.

Saat ini tak sedikit penghobi burung yang beralih menggunakan ciblek kristal untuk memaster burung kesayangannya. Dengan menggunakan ciblek kristal pun, pemasteran bisa berjalan secara lebih efektif dan cepat.

Warna Bulu

Meski tampak mirip, namun penampilan ciblek kristal dan ciblek semi bisa dibedakan. Dalam hal ini, anda bisa cermati warna bulunya.

Burung ciblek kristal memiliki warna bulu dada yang putih bersih sampai dengan bagian perutnya. Kemudian ada semburat warna hitam yang dominan di bagian dadanya.

Lain halnya untuk warna bulu yang ada di dada ciblek semi. Warnanya putih dengan sedikit semburat warna hitam. Tak hanya itu, ada juga sedikit warna kekuningan di bagian sekitar perutnya.

Penampilan kedua jenis burung ciblek ini memang tak bisa dibedakan dari kejauhan, namun jika diperhatikan dari dekat, anda akan mudah membedakannya.

Mental

Perbedaan ciblek kristal dan ciblek semi juga bisa anda ketahui dari mentalnya. Burung ciblek kristal memiliki mental fighter yang lebih tangguh daripada ciblek semi.

Dikarenakan mental fighter ciblek kristal lebih bagus, maka burung ini lebih cocok untuk masteran. Selain itu, ciblek kristal juga bisa dipelihara untuk tujuan dilombakan.

Dalam memeliharanya pun, pastikan anda memberikan perawatan yang tepat. Mulai dari pemberian pakan, pemandian, penjemuran, kebersihan kandang, pengerodongan dan lain sebagainya.

Pastikan anda tidak sembarangan dalam memilih burung masteran. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi hasil nantinya. Agar hasilnya tidak mengecewakan, ada baiknya anda pahami ciri ciblek kristal yang bagus untuk masteran.