Cara Perawatan Lovebird Nyulam Agar Cepat Selesai

Memelihara burung kicauan seperti lovebird tentunya menjadi kesenangan tersendiri. Akan tetapi dalam memelihara burung kicau seperti lovebird, anda harus mengetahui tahap yang dihadapi oleh burung peliharaan anda.

Salah satunya fase yang harus anda ketahui yaitu saat lovebird nyulam. Burung lovebird nyulam merupakan suatu gejala burung yang wajar. Semua jenis burung atau ungags tentu akan mengalaminya.

Nyulam atau mabung ini adalah proses dimana sedang kondisi bergantinya bulu tua secara periodik diganti dengan bulu baru atau diganti dengan bulu muda.

Perawatan Lovebird Nyulam
Perawatan Lovebird Nyulam

Frekuensi nyulam secara alami bisa setahun sekali atau bisa lebih dan dalam setahun juga bisa dua kali untuk jenis burung tertentu.

Oleh sebab itu, bagi anda yang masih pemula sebaiknya tidak susah bingung bagaimana cara perawatan lovebird nyulam.

Karena kejadian yang seperti itu sudah termasuk gejala alami. Dan anda semua hanya perlu mengkondisikan burung lovebird istriahat hingga pada bagian bulunya tumbuh kembali hingga bisa tuntas.

Proses Lovebird Nyulam

Pertama kali lovebird mabung atau nyulam adalah umur 5-7 bulan, dan lama lovebird mabung selama 2-3 bulan tergantung dari penanganan.

Dalam dunai breeder atau penangkaran modern, molting sering digunakan untuk mempercepat lovebird masuk dalam bertelur.

Untuk mempermudah agar lovebird cepat bertelur salah satu caranya adalah melakukan force molting atau molting buatan.

Maksud force molting sendiri yaitu merontokkan bulu unggas sebelum masa waktunya. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh masa peneluran kedua yang serasi.

Namun untuk proses force molting tidak rekomendasikan untuk lovebird. Sebab pemeliharan loevbird tujuannya adalah untuk hobi dan juga bukan untuk produksi telur atau anakan.

Cara Perawatan Lovebird Nyulam

Perawatan lovebird nyulam ini sangatlah penting. Meskipun hal ini dinilai sepele namun kadang peternak mengabaikannya.

Dengan demikian proses mabung bisa menjadi lebih lama lagi dari yang biasanya. Biasanya para peternak tidak memperdulikan burung yang dipelihara mabung apa tidak.

Sebab mereka telah menganggapnya biasa, begitu juga ada peternak yang sangat khawatir mengetahui hal yang terjadi itu.

Untuk perawatan lovebird nyulam anda bisa mengistirahatkan saja di dalam ruangan. Hal tersebut bisa anda lakukan dalam jangka waktu 2 bulan proses mabung sudah selesai.

Akan tetapi hal tersebut dinilai begitu menyita waktu jika lovebird lagi pada masa kejayaannya atau sering memenangkan acara perlombaan.

Agar bisa mempercepatnya, maka perlu perawatan lovebird nyulam secara khusus agar cepat selesai.

Penuhi Nutrisi Lovebird

Pemenuhan Nutrisi Untuk Lovebird Nyulam
Pemenuhan Nutrisi Untuk Lovebird Nyulam

Anda bisa memberikan makanan yang nutrisinya lengkap dan tinggi. Lovebird sangat memerlukan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan bulunya.

Apabila diberi makanan seperti biasanya kemungkinan prosesnya akan lambat. Makanan lovebird nyulam sebagai extra feeding adalah telur rebus.

Peletakkan Lovebird

Untuk perawatan lovebird nyulam sebaiknya jangan diletakkan didaerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Anda juga tidak perlu menjemurnya. Sebab ketika lovebird nyulam atau nyulam tidak membutuhkan asupan sinar.

Anda bisa meletakkannya pada tempat tempat yang agak lembab. Selain menghindari penjemuran sebaiknya lovebird juga tidak boleh sering dimandikan.

Cukup dengan mandikan satu minggu sekali pada saat sudah terlihat pertumbuhan bulu. Ketika fase nyulamnya belum selesai maka lovebird tidak direkomendasikan untuk dimandikan.

Jangan Dipaksa Berbunyi

Sebaiknya anda jangan melatih dan menyuruh untuk berbunyi dulu. Sebab untuk mengeluarkan bunyi perlu energi sedangkan saat mabung lovebird lebih fokus pada pertumbuhan bulu.

Hindari juga pemberian vitamin suplemen atau doping bunyi bunyian. Akan tetapi lebih suplemen untuk pertumbuhan bulu atau recovery tubuh agar mabung cepat selesai.

Tinggalkan Komentar