Cara Paling Ampuh Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Dada

Cabut bulu merupakan salah satu kasus yang paling kerap terjadi pada burung Lovebird jika dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya. Banyak dari kita yang sampai merasa kwalahan. Sebab, masalah burung tersebut tidak kunjung sembuh padahal berbagai cara sudah dilakukan.

Burung Lovebird cabut bulu dada pastinya tentu saja sebagai kasus yang banyak menguras tenaga dan pikiran. Terlebih lagi anda tidak mengetahui apa itu penyebabnya.

tipsburung.com

Karena perilaku Lovebird seperti ini membutuhkan teori khusus yang sangat jitu. Hal ini disebabkan karena sangat susah untuk disembuhkan.

Apabila pada burung lain mencabut bulu dapat disembuhkan dengan pemangkasan EF dan juga mandi malam. Akan tetapi, untuk burung Lovebird hal ini dirasa tidak efektif.

Lovebird Cabut Bulu Dada

Maka dari itu, anda semua harus bisa mengetahui penyebab Lovebird cabut bulu dada dan juga bagaimana cara mengatasinya.

Over Birahi

Rata-rata Lovebird yang mencabut bulu ini penyebab utamanya yaitu karena burung tersebut mengalami birahi yang dinilai sangat tinggi. Hal ini dapat disebabkan karena masalah pola perawatan yang salah. Bisa juga disebabkan karena pemberian EF yang berlebihan.

Pada saat Lovebird mengalami kondisi birahi yang seperti ini, biasanya perilaku seperti ini akan sulit untuk dikendalikan. Karena, birahi Lovebird dinilai sangat bandel. Dengan demikian, sulit sekali untuk diturunkan.

Terlebih lagi anda semua hanya mengandalkan mitode umum dan sederhana. Misalnya saja seperti mandi malam, sering mandi, pengembunan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara yang dinilai paling efektif dan sangat dianjurkan untuk mengatasinya adalah memberikan rebusan daun kemangi . Tak hanya itu saja, anda juga disarankan untuk mengawinkannya dengan Lovebird yang lain. Misalnya saja apabila Lovebird anda berjenis kelamin betina, anda dapat mencarikan Lovebird yang berjenis kelamin jantan sebagai pasangannya.

Pada waktu kawin, biarkan Lovebird anda semua di situ hingga burung anda merasa puas. Bahkan apabila burung tersebut sampai bertelur atau produk. Sebab, ini bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk anda semua. Karena, anda akan mendapatkan Lovebird keturunan baru dari indukan yang over birahi tersebut.

Selama anda menggabungkan Lovebird anda dengan pasangannya, anda semua bisa memantaunya setiap waktu. Karena, untuk Lovebird yang seperti ini sering kali menjadi sangat ganas. Dengan demikian, sering sekali menyerang pasangannya. Hal seperti ini tidak hanya menurunkan birahi, akan tetapi burung akan semakin ganas.

Akan tetapi, di dalam beberapa kasus, Lovebird anda yang over birahi ini pada umumnya akan langsung minta kawin dengan pasangannya. Oleh sebab itu, anda juga sangat disarankan untuk mencari pasangan Lovebird anda yang sudah benar-benar siap untuk melakukan perkawinan.

Kekurangan Gizi

Kekurangan gizi ternyata juga bisa berpotensi mengakibatkan Lovebird cabut bulu dada. Ini semua dikarenakan tubuh burung tersebut merasa tidak nyaman atau tidak enak dengan kondisi badannya.

cintaihidup.com

Dengan demikian, Lovebird tersebut merasa bulu-bulu atau bagian kulitnya terasa sangat gatal atau kondisi yang lainnya. Dengan demikian, bulu dada menjadi sasaran paling utama untuk dicabut untuk dijadikan pelampiasannya.

Di dalam mengatasi Lovebird yang memiliki perilaku seperti ini, tidak ada cara lain selain dengan memberikan pakan berkualitas setiap hari pada Lovebird anda.

Selanjutnya, anda harus bisa penuhi gizi Lovebird dengan cara memberikan biji-bijian yang cukup lengkap. Bisa juga anda memberikan sayur serta buah secara variatif, serta bisa memberikan multivitamin. Dengan demikian, Lovebird cabut bulu dada bisa teratasi secara bertahap.

Tinggalkan Komentar