Cara Mudah Merawat Burung Cockatiel atau Parkit Australia

Burung parkit Australia atau burung cockatiel termasuk salah satu jenis paruh bengkok yang memiliki fisik yang sangat cantik. Tidak semata mata suara dan bulu burungnya yang unik. Burung ini juga memiliki keunggulan dari pada dengan jenis burung parkit yang lainnya.

Tak hanya ukuran tubuh yang besar, burung ini juga punya ciri ciri yang gampang untuk dipahami dengan jambul yang lucu. Tak heran apabila parkit Australia sekarang banyak dikoleksi oleh penggemar burung dari berbagai wilayah.

Pada beberapa wilayah, banyak juga orang yang menamakan burung ini dengan dengan burung palek, burung falk. Jika di negeri asalnya, burung ini pun juga memiliki beragam sebutan lain.

Cara Mudah Merawat Burung Cockatiel
Cara Mudah Merawat Burung Cockatiel

Pada saat di alam liar, burung cockatiel ini dikenal dengan burung sosial yang gemar berkumpul serta terbang bersama dengan kelompoknya.

Sebagai burung yang tidak suka menyendiri, sebaiknya untuk anda yang ingin memeliharanya, paling tidak anda memelihara minimal 2 ekor burung parkit Australia supaya tidak kesepian.

Burung falk yang kesepian juga bisa menjadi stress dan memiliki rentang hidup yang pendek. Stress pada burung cockatiel bisa menjadikannya gampang sakit dan akhirnya mati.

Cara Merawat Burung Cockatiel atau Parkit Australia, Falk

Apabila anda punya burung parkit Australia, maka dianjurkan untuk memperhatikan beberapa aspek yang bisa mempengaruhi kondisi fisik serta kesehatan dari burung falk.

Harus anda tau jika parkit Australia termasuk jenis burung yang senang kebersihan. Burung ini juga gampang terserang penyaki dan bakteri yang bisa membuat sistem tubuhnya menjadi lemah.

Maka dari itu, perhatikan beberapa hal dalam cara merawat burung cockatiel atau parkit Australia yang benar. Sumua itu bertujuan supaya burung cockatiel anda bisa hidup lama serta bisa mudah dilatih.

Ukuran Kandang

Dalam merawat burung cockatiel kandang harus segera dibersihkan. Ukuran kandang harus besar sebab burung parkit ini punya tubuh bongsor. Sebaiknya andamemilih kandang kotak atau persegi panjang yang memiliki ukuran 40 x 30 x 60 cm.

Kandang ukuran besar akan menjadikan burung cockatiel leluasa saat bergerak serta merentangkan sayap. Lebih baik lagi apabila anda punya ukuran kandang yang lebih besar jika dibandingkan kandang persegi.

Sebab semakin besar kandang burung parkit Australia maka resiko cedera yang terjadi juga akan semakin berkurang. Kandang yang besar juga bisa meminimalisir tingkat stress burung.

Kebersihan Kandang

Kandang Burung Cockatiel
Kandang Burung Cockatiel

Tak hanya ukuran kandang, kebersihan kandang juga merupakan hal yang harus anda perhatikan dalam merawat burung cockatiel. Kotoran burung mengandung bakteri serta kuman yang berbahaya apabila kembali dikonsumsi burung.

Pastikan wadah makan serta minum berada di tempat yang tinggi. Supaya tidak terkena kotoran burung. Di bawah sangkar, taruhlah koran bekas supaya kotoran burung yang basah bisa meresap serta bisa cepat kering.

Bersihkan kandang burung di setiap pagi ataupun sore hari. Hanya dengan membersihkan kandang dengan rutin, maka anda dapat merawat burung parkit Australia dengan baik dan juga benar.

Makanan Burung Cockatiel

Jenis makanan burung cockatiel sama dengan burung parkit lokal maupun parkit Holland. Sediakanlah millet putih secukupnya serta ganti tempat minum burung dengan rutin supaya tidak tumbuh lumut maupun bakteri lain.

Harus anda ketahui jika tubuh parkit Australia mudah terkena bibit penyakit. Oleh sebab itu, berikanlah asupan nutrisi serta vitamin burung yang bisa menjaga kesehatan parkit Australia. Pakailah vitamin burung sesuai dosis supaya burung selalu sehat.

Untuk makanan tambahan, anda bisa beri beberapa sayuran hijau misalnya brokoli, kecambah, sawi putih, kubis, jagung manis, buah apel serta buah pepaya. Jangan pernah anda beri buah Alpukat pada cockatiel sebab bisa mengganggu pencernaannya.

Berikan makanan millet serta sayur dengan bergantian supaya burung tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Dengan begitu, parkit Australia juga punya gizi yang cukup serta tetap sehat.

Tinggalkan Komentar