Cara Mudah Mengatasi Burung Lovebird Suara Serak

Penyebab utama timbulnya suara serak pada burung lovebird sejatinya sama dengan jenis burung yang lainnya. Mayoritas burung yang punya suara kicauan yang serak itu disebabkan oleh pola perawatan yang salah.

Selain itu pola kebersihkan dan juga lingkungan juga ikut berpengaruh pada seraknya suara burung. Hal ini pada umumnya akibat terjadi penyumbatan / gangguan pada syrinx, yaitu organ vokal yang dipunyai burung.

Syrinx ini terletak pada bagian dasar batang tenggorokan (trakea), terbagi menjadi saluran bronkus yang menghubungkan antara trakea dengan organ paru-paru.

Nah, pada area inilah sering muncul permasalah terkait dengan suara burung tersebut.

Penyebab Burung Lovebird Suara Serak

Burung Lovebird Suara Serak
Burung Lovebird Suara Serak

Ada beberapa faktor utama yang memang dapat mempengaruhi suara serak pada lovebird.

Dan faktor tersebut dapat berupa pemberian makanan, pola kebersihan, serta pola pelatihan yang salah.

Guna menghindari terjadinya serak pada burung Anda, Anda dapat memperhatikan penyebab serak pada burung yang anda pelihara itu sendiri.

Faktor Makanan

Makanan memang sangat berpengaruh pada kondisi burung lovebird mengalami yang sedang serak. Pada umumnya makanan yang kurang bersih serta masih ada kandungan pestisida berpeluang besar mengakibatkan burung mengalami serak.

Maka dari itu, sebagai tindakan pencegahan sebaiknya Anda bersihkan terlebih dahulu extra food. Misalnya seperti jagung muda serta sawi supaya terhindar dari pestisida.

Tidak lupa juga untuk memberikan vitamin guna menunjang performa dari lovebird lebih baik.

Khususnya untuk menghilangkan serak pada bagian tenggorokannya, yakni dengan memberikan vitamin OrBird.

Kebersihan Tempat Minum

Lovebird yang mengalami serak sebab tempat minum yang kotor sangatlah kerap untuk kita jumpai, karena selain bisa menimbulkan penyakit diare, tempat minum yang dirasa kurang bersih akan mengakibatkan burung Anda mengalami serak.

Sebab kotoran yang ada pada tempat minum burung Anda akan menjadikan suara burung Anda menjadi rusak dan juga serak.

Terlalu Sering Dilatih

Banyak yang memakai pola latihan berat pada burung mereka, dengan pola seperti ini mereka yakin bahwa burung tersebut akan punya skill yang mumpuni.

Sama seperti halnya dengan manusia, burung yang sering berkicau akan menjadikan tenggorokan mereka menjadi kering.

Dengan keadaan tenggorokan yang kering akan menjadikan sang burung semakin rentan terkena serak.

Anda bisa saja memberikan porsi latihan yang berat. Misalnya seperti memaster mereka selama berjam-jam, hanya saja Anda juga harus mengatur waktu untuk istirahat mereka.

Tak hanya itu, Anda juga harus menyiapkan minuman bermineral yang baik untuk kualitas suara dari mereka.

Pengobatan Burung Lovebird Serak

Pengobtan Lovebird Suara Serak
Pengobtan Lovebird Suara Serak

Pengobatannya burung lovebird suara serak begitu mudah yaitu hanya dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis termasuk buah-buahan yang kaya manfaat.

Yaitu Mengandung Vitamin C tinggi, menyembuhkan batuk, sariawan serta menghadang membunuh bakteri yang ada pada radikal bebas atau polusi.

Cara penyajiannya begitu mudah yaitu ambil 1 cepuk air bersih untuk minum burung kicau anda.

Selanjutnya berikan air perasan jeruk nipis 3 atau 4 tetes campurkan pada cepuk air minum burung kicau anda. Lalu berikan pada lovebird anda.

Dalam 1 cepuk hanya untuk 1 hari saja, sehingga besoknya di ganti yang baru hingga burung kicau anda sembuh dari sakit seraknya.

Bila telah sembuh maka hentikan perawatan pengobatan lalu kembalikan pada perawatan seperti biasanya.

Penyebab burung lovebird suara serak memang sangat banyak, namun penyebab tersebut merupakan penyebab yang paling sering dijumpai.

Untuk pengobatannya sendiri yaitu dengan memberikan air mineral yang rutin pada lovebird, selain itu Anda juga bisa memberikan vitamin guna menjaga kondisi kesehatan burung supaya tetap bagus.

Tinggalkan Komentar