Cara Merawat Murai Batu Usia 7 Bulan Sebelum Dilombakan

Murai Batu ketika masih dalam keadaan trotol bisa jadi sudah mampu bunyi dan juga ngeplong. Bahkan ketika umur 3 minggu sudah mulai terdengar ngeriwik.

Kemudian ada saatnya ketika masih trotol anakan telah mulai tampak nantang dan tampak bakat fighternya. Akan tetapi saat yang jelas untuk memantau gaya dan fighter yaitu ketika burung Murai Batu telah tuntas menyelesaikan ganti bulu dari trotol ke bulu dewasa.

Ketika burung burung murai sudah sekitar umur 7 bulan maka akan sangat kontras ketika ngeplay dserta fight saat trotol.

Dan ketika burung murai batu mulai umur sekitar 7 bulan sifat fighter akan terlihat jelas, telah mulai berani teriak serta menantang Murai Batu lainnya, walaupun usia tersebut Murai sudah dewasa.

Saat itu kualitas suara juga sudah nampak terlihat. lebih sering bunyi dan sudah gacor bahkan tidak jarang pada masa masa ini Murai lebih cerdas, karena dengan mudah bisa menirukan suara suara burung lainnya dan juga burung master.

Murai Batu Usia 7 Bulan
Murai Batu Usia 7 Bulan

Murai Batu cenderung lebih mudah dalam menirukan suara burung lain ketika umur 7 bulan ini. Sebab sekarang ini, Murai Batu masih sedang semangat semangatya untuk mulai belajar melantunkan lagu dengan beriram.

Sebab krtika masih trotol, suara murai batu bersuara acak dan kadang juga terdengar tanpa irama. Cara merawat murai batu usia 7 bulan ini sebaiknya juga dibedakan dengan perawatan yang sudah dewasa.

Kicauan Murai Batu 7 Bulan

Ketika burung murai batu mulai umur 7 bulan, murai batu mulai melantunkan dengan irama yang sudah enak di dengar seperti halnya Murai Batu dewasa.

Dengan demikian pada masa masa ini burung murai batu akan haus dengan suara suara yang baru. Kemudian mereka juga akan cenderung mencari suara suara baru untuk dimasukkan pada kicauannya.

Maka dari itu saat saat ini, cara merawat murai batu usia 7 bulan sebaiknya disertai dengan melakukan pemasteran dengan suara suara yang bagus, suara kasar.

Bahkan apabila memungkinkan sering perdengarkan suara suara Murai Batu lain. Khususnya Murai Batu Juara yang suaranya sudah tertata dengan irama dan lagunya.

Dan paling tidak yang sudah tertata bentuk ekor juga tentunya akan berubah drastis jika dibandingkan saat trotol. Bisa jadi ketika trotol ekor murai batu akan terlihat panjang.

Akan tetapi saat ganti bulu dewasa malah tanggung maupun pendek dan juga sebaliknya. Akan tetapi untuk melihat bakat ekor dari Murai batu dapat dilihat dari bakat induk jantan betinanya atau dilihat dari kakek jantannya.

Cara Merawat Murai Batu Usia 7 Bulan

Cara Merawat Murai Batu Usia 7 Bulan
Cara Merawat Murai Batu Usia 7 Bulan

Keberhasilan Murai Batu di dalam juaranya atau kesuksesannya dalam meraih tahta juara di berbagai gelaran, tidak hanya sebatas nama ataupun ucapan kata saja.

Akan tetapi memang di perlukan ketelatenan dan keuletan perawatan. Berikut ini tips cara merawat murai batu usia 7 bulan dalam sehari-harinya.

 

Burung murai batu selalu dikasih jangkrik dengan jumlah sebanyak 3 ekor, masing-masing tiga ekor pagi dan3 ekor ketika sore hari.

Kemudian berikan burung murai batu anda dengan kroto sebanyak satu cepuk yang dibiarkan dalam kandang di berikan pada waktu siang hari.

Demikian juga setiap pagi burung sebaiknya untuk dimandikan, setelah itu dijemur selama kurang lebih 3 jam.

Selanjutnya burung bisa langsung diumbar pada kandang besar selama 3 jam di setiap harinya, setiap hari dengan full krodong.

Memberikan Vitamin di setiap hari sebanyak 3 tetes dan 3 hari menjelang lomba bisa anda lakukan. Supaya burung murai batu anda bisa menjadi jawara.

Tinggalkan Komentar