Cara Merawat Lovebird Muda Yang Kurang Aktif Agar Bisa Ngekek Terus

Lovebird merupakan jenis burung paruh bengkok yang memiliki warna bulu yang cukup beraneka macam. Warna bulu dan juga bentuk fisiknya yang tampak cantik dan menarik menjadikan burung ini banyak digemari oleh orang dari berbagai kalangan.

Banyak sekali peggemar Lovebird yang lebih suka memelihara Lovebird anakan usia 2 sampai dengan 3 bulan. Hal ini disebsbksn oleh harganya yang lebih murah atau supaya dapat dibentuk sesuai dengan keinginan.

Sebagian dari penggemar Lovebird telah memelihara burung yang memiliki warna cantik ini untuk dijadikan klangenan atau hiburan dirumah.

Namun, banyak juga juga yang memelihara Lovebird guna diikutkn dilombakan. Entah itu untuk kontes warna atau untuk kontes suara.

Merawat Lovebird Muda Yang Kurang Aktif
Merawat Lovebird Muda Yang Kurang Aktif

Di dalam pemeliharanya terkadang pecinta lovebird juga mengalami permasalahan. Lovebird memang dikenal sebagai burung yang aktif dan bunyi terus. Namun tidak semuanya memiliki sifat yang seperti itu.

Pasti banyak orang yang banyak menjumpai lovebird yang selama dirawat hanya banyak diam saja dan kurang aktif. Khususnya lovebird muda yang usianya antara 3 sampai dengan 7 bulan.

Apabila Anda telah memiliki lovebird muda yang kurang aktif atau jarang bunyi, maka sebaiknya anda merawat lovebird muda yang kurang aktif. Sebaiknya dilakukan perubahan pola pakan saat lakukan rawatan hariannya.

Saat berumur 5 bulan, lovebird mulai memasuki masa dewasa kelamin. Dan di umur tersebut, burung cenderung mudah latah, aktif, dan juga mulai rajin bunyi.

Faktor Penyebab Lovebird Muda Kurang Aktif

Faktor Penyebab Lovebird Muda Kurang Aktif
Faktor Penyebab Lovebird Muda Kurang Aktif

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab lovebird muda kurang aktif dan jarang bunyi. Diantaranya yaitu masalah pakan yang kurang lengkap.

Bisa juga karena pakan tambahan yang menjadikan burung cenderung jadi ngantukan tau tampak malas-malasan. Burung kurang mandi juga bisa menjadikan sifatnya jadi kurang aktif.

Sedangkan kurang jemur juga berpengaruh pada hal tersebut. Penyebab lovebird muda kurang aktif juga bisa karena birahi burung secara genetik kurang jos .

Cara Merawat Lovebird Muda Yang Kurang Aktif

Untuk mengatasinya, hal pertama yang bisa Anda coba dalam merawat lovebird muda yang kurang aktif yaitu dengan mengubah menu pakannya.

Pakan utama sebaiknya diberikan dalam bentuk oplosan, yang terdiri atas :

  • 1.000 gram (1 kg) milet warna putih
  • 100 gram milet warna merah
  • 100 gram jewawut merah

Porsinya buat sesuai dengan kebutuhan, jika milet putihnya 500 gram, maka milet merah dan jewawut merah masing-masing 50 gram.

Semua pakan bijian itu dicuci terlebih dulu dengan air bersih sebelum diberikan. Pencucian sampai bersih harus dilakukan jika Anda membeli pakan kiloan.

Karena, seringkali pada waktu membersihkannya dengan air bersih, terkadang ada kotoran pasir kecil, kotoran tikus, kulit biji yang rusak, kutu, dan sebagainya.

Merawat lovebird muda yang kurang aktif bisa dengan memberi pakan tambahan yang berupa jagung muda yang manis maupun jagung sayur.

Sebaiknya anda tidak memberikan kangkung dulu, karena kangkung bisa menyebabkan lovebird anda jadi tidak aktif.

Untuk gantinya, Anda dapat memberikan biji bunga matahari 5 sampai dengan 10 biji. Berikan pakan ini dalam beberapa kali dalam seminggu.

Selain itu merawat lovebird muda yang kurang aktif bisa anda lakukan dengan menambah frekuensi mandi. Misalnya setiap 1-2 jam sekali. Bisa juga anda tingkatkan durasi penjemuran.

Di dalam menjaga stamina dari burung agar bisa memiliki energi cukup untuk beraktivitas serta bisa mengeluarkan suara panjang-panjang, berikan multivitamin seperti BirdVit seminggu bisa 2-3 kali.

Dengan merawat lovebird muda yang kurang aktif seperti itu, maka akan terlihat perbedaan performanya dan burung relatif lebih aktif, dan juga akan rajin bunyi.

Tinggalkan Komentar