Inilah Cara Melatih Burung Kacer Agar Bersuara Panjang

Burung Kacer adalah jenis burung kicauan yang memliki banyak penggemar sebab kepandaiannya di dalam berkicau. Sudah banyak sekali orang yang memelihara burung kacer untuk dijadikan burung peliharaan di rumah maupun untuk dijadikan sebagai burung lomba.

Akan tetapi untuk menjadikan burung kacer bisa selalu menang dalam lomba pasti nya harus melakukan berbagai macam perawatan yang baik dan juga tepat. Salah satunya anda harus tau cara melatih burung kacer agar bersuara panjang.

Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kicauan Kacer

Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kicauan Kacer
Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kicauan Kacer

Cara melatih burung bersuara Panjang di pengaruhi beberapa faktor yang sebaiknya harus anda ketahui.

Faktor garis keturunan

Untuk melihat faktor genetik secara utuh memang dirasa sulit. Dan kita hanya bisa melihat faktor genetik seekor burung dari penampilan luarnya, misalnya seperti warna bulu, kualitas suara, dan lain sebagainya.

Jika kita membeli dari penangkaran maka setidaknya kita akan mengetahui garis keturunan dari burung kacer tersebut.

Faktor lingkungan

Adapun faktor lingkungan seperti halnya pada perkandangan, kesehatan, pakan, suhu maupun keadaan cuaca, hingga perawatan (termasuk latihan dan juga pemasteran).

Dinilai jika faktor genetik hanya berperan paling tidak 30% pada performa burung. Selain itu ditentukan pada faktor lingkungan, khususnya pada pakan berkualitas dan juga dengan pola perawatan.

Tentang urusan makanan, misalnya saja sudah terbukti sering mengantar sejumlah burung menjuarai lomba atau latber.

Dan untuk pemberian multivitamin yang bisa merangsang pembentukan hormon testosterone yang dapat menjadikan burung gacor, daya tahan bagus, dan mental juga tidak gampang anjlok.

Kemudian di dalam perawatan wajib seperti mandi, jemur, dan lain sebagainya dapat dilakukan seperti saat sebelumnya.

Cara Melatih Burung Kacer Agar Bersuara Panjang

Cara Melatih Burung Kacer Agar Bersuara Panjang
Cara Melatih Burung Kacer Agar Bersuara Panjang

Cara melatih burung kacer agar bersuara panjang yaitu dengan memberikan makanan tambahan.

Pemberian jangkrik, kroto, cacing dan juga belalang hijau sebagai makanan tambahan buat burung, diyakini dapat merangsang burung supaya cepat berkicau dan memiliki suara panjang.

Setiap burung pasti punya selera yang berbeda-beda pada makanan tambahan.

Pemasteran

Burung masteran yang gacor seperti Kenari dan juga Love Bird merupakan burung-burung masteran yang bermanfaat sekali untuk merangsang burung supaya cepat berkicau.

Tak hanya dapat digunakan sebagai masteran, burung-burung kecil dan gacor ini bisa juga bisa menjadikan burung cepat marah pada saat mereka berkicau.

Secara tidak langsung, hal ini akan merangsang burung di dalam berkicau untuk meladeni kicauan dari burung-burung masteran itu.

Anda bisa juga melakukan perawatan alam. Dengan pola rawatan yang mirip seperti di alam, seperti halnya dengan cara menggantang burung dengan view pemandangan yang berupa pohon-pohon dikelilingnya, maka burung bisa menjadi cepat beradaptasi dan cepat juga bisa cepat berkicaudengan panjang.

Pagi hari atau di waktu subuh anda bisa coba keluarkan burung lalu di embunkan sampai keluar sinar matahari yang akan menghangatkan tubuhnya dalam waktu secukupnya.

Sesudah anda melakukan penjemuran lalu segera mandikan burung hingga keadaan basah. Lalu jemur secukupnya akan tetapi biarkan hanya air minum saja yang anda letakkan di dalam sangkar.

Sesudah penjemuran selesai anda bisa angkat burung dan taruh ditempat yang teduh. Bisa anda berikan ulat hongkong kecil yang berwarna putih jumlahnya 2-3 ulat hongkong yang sedang ganti kulit. Namun sebelumnya beri makan buah baik pisang maupun buah lainnya juga voer apabila telah makan voer.

Untuk serangga bisa juga anda berikan ulat kandang, jangkrik yang kecil, atau kroto. Namun untuk pemberian kroto sebaiknya jangan setiap hari.

Tinggalkan Komentar