Cara Menyingkirkan Suara Wiwik Uncuing Yang Masuk Pada Burung Kicau

Hingga saat ini, jumlah penggemar burung kicauan terus bertambah. Dan setiap pecinya burung kicauan yang memelihara burung kicauan, pastinya ingin memiliki jenis burung kicauan yang memiliki suara yang merdu.

Burung kicauan yang merdu dan memiliki kicauan yang bervariasi pastinya akan menjadikan pemiliknya merasa senang. Berbagai macam suara burung masteran diberikan agar burung kicauan yang anda pelihara bisa memiliki suara yang bervariasi.

Akan tetapi, lain halnya dengan burung kicauan yang kemasukan dengan suara burung wiwik uncuing. Pastinya pemilik burung kicauan segera mencaritahu bagaimana cara mengatasi suara burung wiwik uncuing yang masuk para burung kicauan peliharaannya.

Suara Wiwik Uncuing Masuk Ke Burung Kicau

orientalbirdimages.org

Burung kicauan yang kemasukan suara dari burung wiwik uncuing sebenarnya menunjukkan kecerdasannya. Burung kicauan seperti burung Murai batu, kacer, dan juga burung cucak hijau pada umumnya dapat dengan mudah menirukan suara burung tersebut dengan sempurna.

Namun dikarenakan pemilik burung tersebut ingin burungnya bisa tampil dengan lebih sempurna, terlebih lagi pada saat berada di arena lomba, pemilik akan berusaha melakukan cara menyingkirkan suara wiwik uncuing dari memori burung kicau itu.

Jenis burung dikatakan mudah menirukan suara burung lain apabila suara kicauan tersebut terdengar sayup-sayup tetapi terdengar jelas. Burung wiwik uncuing ini juga sering berkicau sambil bertengger pada dahan tertinggi pada suatu pohon. Oleh sebab itulah jenis burung ini jarang terlihat, namun untuk lagunya terdengar sayup-sayup tapi jelas.

Cara Menyingkirkan Suara Wiwik Uncuing Di Burung Kicau

Kondisi suara yang seperti inilah yang menjadikannya mudah sekali masuk ke dalam memori burung yang lainnya. Sehingga, tidak perlu heran lagi mengapa suara wiwik uncuing bisa masuk ke memori burung yang anda pelihara di rumah.

Walaupun anda tak pernah melihat keberadaan dari burung tersebut. Tak haya itu saja, suara kedasih yang mendayu seperti halnya siulan juga menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh burung ini, yang dengan cepat bisa diikuti dengan sempurna dari jenis burung seperti murai batu, kacer, dan cucak hijau.

Pindahkan Gantangan Ke Tempat Aman

youtube.com

Cara menyingkirkan suara wiwik uncuing pertama yaitu dengan memindahkan gantangan burung pada suatu ruang. Sehingga burung anda tidak bisa mendengar lagi suara-suara burung yang tak dikehendaki.

Apabila tempat gantangan burung di rumah tetap bisa mendengar suara wiwik uncuing, anda bisa menitipkan di tempat lain.

Melakukan Pemasteran Ulang

Burung kicauan juga dapat dimaster ulang dengan menggunakan suara-suara burung lain terdahulu (sebelum kemasukan suara wiwik uncuing). Anda bisa memilih burung yang memiliki suara yang keras, rapat, dan juga cepat.

Contohnya saja suara burung cililin dan cucak jenggot dengan speed rapat, serta lovebird yang memiliki irama cepat dan rapat. Hal ini bertujuan supaya burung tidak terkonsentrasi pada suara mengalun / siulan yang bisa mengingatkannya pada suara wiwik uncuing.

Pada saat melakukan proses menyingkirkan suara wiwik uncuing ini, sebaiknya jauhkan burung dari burung lain yang mempunyai suara mengalun. Sehingga, burung bisa diisolasi di tempat sepi, dan hanya digantung bersama dengan burung masteran yang digunakan.

Memaster burung yang dinilai paling efektif dan cepat yaitu dengan cara menggantung mereka di dalam ruangan. Usahakan cahaya kondisinya yang kurang / gelap, atau dengan cara dikerodong.

Dengan menerapkan cara menyingkirkan suara wiwik uncuing ini, burung kicauan anda akan memiliki suara yang berkualitas lagi seperti yang anda inginkan.

Tinggalkan Komentar