Mengetahui Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal Paling Mudah

Burung Kenari Yorkshire merupakan burung kenari yang berparas cantik yang asal mulanya dari Yorkshire, Inggris. Jenis burung ini merupakan hasil persilangan antara burung kenari lanchashire, belgia, dan juga jenis burung kenari norwich.

Yang mana selanjutnya jenis jenis burung tersebut selanjutnya dikembangkan untuk bisa memperoleh strain yang bisa dianggap sempurna.

Walaupun burung kenari jenis ini punya nilai jualnya tinggi, kenari yorkshire cukup terkenal dan banyak digemari kenarimania di Indonesia maupun di negara yang lainnya.

Yorkshire sebenarnya hanya salah satu jenis kenari yang ukurannya bongsor. Untuk sekarang ini, kenari bongsor masih menjadi tren yang ada di kalangan kenari mania.

Permintaan pada anakan burung kenari bongsor akhir akhir ini juga menjadi terus meningkat.

Jadi tidaklah hal yang aneh jika para peternak biasanya lebih memilih menangkar kenari bongsor jika dibandngkan menangkarkan kenari lokal yang ukurannya lebih kecil.

Kenari Yorkshire Lokal

Burung Kenari Yorkshire Lokal
Burung Kenari Yorkshire Lokal

Nah jika untuk kenari yorkshire lokal sebenarnya hanya mengacu pada piyik-piyik kenari YS yang menetas di Indonesia.

Apabila Anda mendapatkan YS impor, jantan dan betina, selanjutnya anda mengembangbiakkannya di Indonesia, maka anakan yang menetas dari jenis kenari ini disebut dengan burung kenari yorkshire lokal dan memiliki darah 100% impor.

Walaupun jika secara genetis memiliki sifat induk jantan serta betina yang impor, anakan yang menetas atau YS lokal ternyata punya daya adaptasi yang baik pada lingkungan Indonesia.

Untuk jenis kenari YS biasanya diimpor dari Eropa (Belanda dan Inggris). Yang mana negara tersebut memiliki empat musim.

Keadaan lingkungannya yang demikian memang jauh berbeda jika dibandingkan yang ada di Indonesia yang hanya mengenal dua musim saja.

Beberapa peternak juga melakukan perkawinan silang antara burung YS impor jantan serta burung kenari lokal betina. Untuk yang masih usia pun juga dinilai sebagai YS lokal.

Sebab burung ini memiliki sifat dominan seperti pejantan dari kenari yorkshire.

Dengan proses yang seperti ini juga bisa dikatakan bahwa burung kenari tersebut bisa menjadi burung kenari yorkshire lokal. Akan tetapi jika dilihat dari darahnya, pastinya sudah dipastikan tidak murni (100%) YorkShire.

Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal

Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal
Cara Mencetak Kenari Yorkshire Lokal

Cara mencetak kenari yorkshire lokal sebenarnya bisa dikatakan relatif mudah. Sebab anda bisa memakai induk jantan dan induk betina yang sama-sama dari jenis yorkshire. Jika tidak, anda bisa juga mengawinkan induk jantan Yorkshire dengan induk betina yang lokal.

Dengan demikian, cara mencetak kenari Yorkshire lokal bisa melalui empat jalur berikut ini:

  • Hasil perkawinan antara Yorkshire jantan dan Yorkshire betina, yang keseluruhannya termasuk burung impor
  • Hasil persilangan YS jantan (impor) dengan kenari lokal betina.
  • Hasil perkawinan F1 YS jantan dengan F1 YS betina.
  • Selanjutnya antara hasil persilangan F1 YS jantan dan kenari lokal betina.

Jika Anda mengawinkan sepasang induk yang punya darah 100% YS, baik itu murni impor atau F1, maka anakan yang dihasilkan punya karakteristik seperti yorkshire.

Namun apabila Anda menyilangkan antara YS jantan dan kenari lokal betina, bisa saja piyikan tersebut mewarisi karakteristik ibunya yang termasuk jenis kenari lokal.

Di sisi lain, Anda juga bisa berpeluang lebih besar mendapatkan anakan yang mewarisi karakter YS. Karena gen bongsor ini bersifat dominan.

Kenari Yorkshire lokal hasil persilangan ini juga punya kelebihan dari pada dengan YS lokal yang darahnya murni impor (100% YS). Paling tidak daya adaptasi lingkungan dari anakan hasil persilangan bisa lebih bagus.

Tinggalkan Komentar