Cara Menurunkan Birahi Lovebird Betina yang Paling Jitu

Memelihara lovebird memang menyenangkan, namun juga tidak bisa terlepas dari masalah. Salah satu permasalahan yang kerap menimpa burung kicauan ini yaitu over birahi atau birahi yang berlebihan.

Dengan demikian kelakuannya menjadi tidak normal seperti biasanya. Burung lovebird betina juga bisa mengalami over birahi. Jadi, jika memiliki permasalahan ini anda harus segera mencari cara menurunkan birahi lovebird betina tersebut.

burungcantik.com

Memang, idealnya burung peliharaan yang lebih baik yang memiliki birahi normal. Dengan demikian tetap bersemangat akan tetapi tidak berlebihan. Terlebih lagi untuk burung peliharaan yang sengaja dilatih untuk dilombakan.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird Betina

Keadaan turun birahi serta over birahi sangat tidak diharapkan. Sebab latihan yang diberikan menjadi tidak berguna. Pada saat birahinya tidak stabil ia tidak akan bisa tampil maksimal. Dengan demikian akan sulit menang pada saat lomba. Nah, berikut ini akan diulas mengenai cara menurunkan birahi lovebird betina.

1. Mandikan Lebih Sering

Cara yang kerap dianjurkan oleh para pemelihara burung untuk menurunkan birahi lovebird betina yaitu dengan cara memandikannya lebih sering jika dibandingkan dengan hari biasanya. Apabila ia biasa mandi sekali dalam sehari, maka pada saat over birahi lovebird betina bisa dimandikan 2 hingga 3 kali sehari.

Akan tetapi, untuk melakukan cara ini sebaiknya juga tetap diperhatikan kondisi tubuh lovebird dan waktu memandikannya. Burung jangan dimandikan terlalu pagi. Anda harus melihat apakah kondisi tubuhnya masih memungkinkan untuk dimandikan. Jangan sampai anda melakukannya karena ingin menurunkan birahi lovebird , akan tetapi justru yang terjadi lovebird kesayangan anda jatuh sakitsebab tidak kuat kedinginan.

2. Diembunkan dan Dijemur Sebelum Dimandikan

Sebelum mandi pada saat pagi, maka lovebird betina yang sedang dalam keadaan over birahi sebaiknya diembunkan sampai sekitar jam setengah 7 pagi. Dan sesudah itu jemur ia sebentar sekitar 15 menit sampai dengan setengah jam. Pada saat hari sudah mulai panas mandikan lovebird yang berjenis kelamin betina ini.

3. Diangin-anginkan

kicaumania.net

Untuk menurunkan birahi lovebird betina juga bisa dengan diangin-anginkan. Sesudah dimandikan lovebird betina diangin-anginkan, namun sebaiknya jangan dijemur. Penjemuran yang terlalu sering dan juga dalam waktu yang terlalu lama tidak baik untuk lovebird betina yang sedang mengalami over birahi.

4. Beri Pakan Berupa Mentimun

Di dalam buah mentimun mengandung banyak air. Dan kandungan air pada mentimun tersebut diketahui bisa untuk membantu menurunkan birahi lovebird betina. Akan tetapi, prakteknya cara ini masih kurang efektif apabila lovebird tidak mau makan mentimun yang diberikan.

Untuk langkah ini dapat menjadi alternatif. Akan tetapi juga harus dibarengi dengan cara menurunkan birahi lovebird betina yang lainnya. Untuk menyiasati aupaya lovebird mau makan mentimun, anda bisa memberikan mentimun pada pagi hari. Yaitu setelah mandi sebelum memberinya pakan yang lain.

Pada wakru burung tersebut merasa lapar setelah mandi dan tidak ada pakan yang lain kemungkinan besar ia akan memakan mentimun yang anda berikan tersebut.

5. Beri Pakan Gabah Bangkok

Jenis makanan lain yang bisa diberikan untuk menurunkan birahi lovebird betina yaitu dengan menggunakan gabah bangkok. Jenis makanan ini sudah dikenal di dunia pemeliharaan burung untuk dijadikan sebagai pakan yang sangat baik untuk ayam dan burung peliharaan.

Kandungan nutrisi pada gabah bangkok ini juga lengkap. Diantaranya berupa vitamin dan mineral. Kandungan ini sangat baik untuk menurunkan birahi burung. Termasuk juga untuk lovebird betina. Manfaat lainnya juga bisa untuk meningkatkan stamina, dengan demikian lovebird tidak mudah jatuh sakit.

Tinggalkan Komentar