Cara Mengatasi Lovebird Yang Lumpuh Agar Kembali Pulih

Sebagai pecinta burung lovebird, seharusnya anda mengetahui kondisi lovebird peliharaan anda. Apabila anda memiliki lovebird yang performanya baik di arena lomba burung berkicau lalu jatuh lemas seperti yang lumpuh tanpa mengetahui sebabnya, anda harus tau sebabnya.

Lovebird yang stroke pada umumnya telah menyimpan penyakit pada tubuhnya dan penyakitnya tersebut disembunyikan. Harus anda tau bahwa burung termasuk mahluk yang sangat lihai serta ahli dalam menyembunyikan penyakitnya.

Sebab dengan melakukan itu semua, burung bisa menyembunyikan kelemahannya entah itu dari lawannya ataupun dari perawatnya.

Lumpuh Pada Lovebird

Lovebird yang terkena gangguan penyakit berupa lumpuh ini akan sulit melakukan berbagai macam aktivitas seperti biasa. Apabila keadaan ini dibiarkan, pastinya akan menjadi fatal.

Terlebih lagi saat burung kesulitan dalam mengambil pakan dan air minum dengan sempurna. Banyak lovebird lumpuh yang akhirnya mati justru disebabkan akibat burung mengalami stres dan kelaparan sebab tidak bisa mengambilnya sendiri.

Cara Mengatasi Lovebird Yang Lumpuh
Cara Mengatasi Lovebird Yang Lumpuh

Dengan demikian, sebaiknya anda sebagai pecinta burung kicauan sudah harus mengetahui karakter dasar burung yang anda rawat. Dengan demikian, saat dalam keadaan akibat menyembunyikan sakitnya anda bisa segera mengetahuinya.

Penyakit stroke atau lumpuh pada lovebird termasuk penyakit yang datang tiba-tiba dan bahkan tanpa diduga yang pada umumnya hampir tanpa gejala.

Tak hanya datang tiba-tiba, apabila anda telat ketika penanganannya maka akan menyebabkan kematian buat burung lovebird peliharaan anda.

Ciri lovebird yang akan mengalami lumpuh pada umumnya akan tampak dari kakinya yang terlihat kaku dan bengkak. Lumpuh pada lovebird juga dapat diakibatkan oleh penyakit kaki seperti halnya terdapatnya bakteri pada kaki.

Sehingga anda dapat berikan obat apabila mulai terlihat penyakit kaki pada burung anda. Berikan salep oles yang bisa mengobati burung anda pada saat mengalami bengkak dan juga borok.

Cara Mengatasi Lovebird Yang Lumpuh

Sebenarnya penyakit lumpuh pada lovebird memang masih jarang dijumpai. Namun tidak ada salahnya untuk anda mengetahui cara mengatasi lovebird lumpuh, ketika ada burung lovebird yang mengalami masalh tersebut.

Cara mengatasi lovebird yang lumpuh dapat anda lakukan dengan memindahkan burung pada sangkar yang lebih aman. Anda bisa memindahkannya pada bekas akuarium, inkubator, atau dengan melapisi bagian dasar sangkarnya menggunakan handuk maupun dengan karpet.

Tak hanya itu saja, burung juga memerlukan suhu hangat untuk pemulihan kondisinya. Hal tersebut dapat disiasati dengan cara menempatkan lampu bohlam pada bagian atas sangkar maupun wadah lainnya.

Lovebird Lumpuh
Lovebird Lumpuh

Jika lovebird yang lumpuh tidak dapat bergerak, Anda sebaiknya membantunya memberi pakan serta air minum. caranya dengan menyuapinya langsung pada paruh / mulutnya.

Tujuannya supaya lovebird dapat makan dengan nyaman, Anda juga dapat memberikan nasi serta sayuran yang telah diremas-remas oleh jari tangan. Berikan juga potongan kecil buah-buahan yang disodorkan pada bagian paruhnya.

Apabila lovebird masih dapat bergerak dengan salah satu bagian kakinya, maka wadah pakan dan air minum sebaiknya letakkan pada tempat yang mudah dijangkau.

Jika lumpuh terjadi sesudah lovebird mengalami keracunan logam berat, Anda dapat memberikan buah apel setiap hari. Apel juga mengandung pectin yang dapat membantu membersihkan tubuh burung dari toksisitas logam.

Lumpuh yang dipengaruhi oleh cedera atau trauma, stroke, kejang-kejang, dan lain sebagainya. Cara mengatasi lovebird yang lumpuh itu dapat anda atasi dengan memberikan BirdPro setiap hari hingga keadaannya kembali pulih.

Di dalam membantu menjaga kondisi serta pemulihannya, lovebird dapat diberikan BirdMineral yang dicampur ke dalam air minumnya. Bisa juga anda mengoleskannya pada pakannya.

Ketika dalam masa perawatan, lovebird yang lumpuh sebaiknya selalu berada pada tempat yang memiliki suhu hangat. Pengerodongan pada malam hari juga begitu membantu proses penyembuhannya.

Tinggalkan Komentar