Cara Mengatasi Lovebird Balibu Kepo atau Nakal dengan Cepat

Memelihara lovebird anakan memang baik untuk mencetak karakter lovebird sejak dari usia dini. Memang memerlukan waktu cukup lama untuk membuat Lovebird balibu atau paud bisa cepat fighter serta ngekek panjang pada saat berada di lapangan. Proses perawatan lovebird ini juga tidak mudah.

Namun terkadang memelihara lovebird usia anakan juga mengalami berbagai masalah. Diantaranya lovebird kepo atau nakal. Mengatasi lovebird balibu kepo juga perlu anda lakukan.

Seperti sifat seorang anak, balibu lovebird juga masih banyak bermain. Karakter atau sifat jahat yang tidak mau menerima keberadaan burung lain/fighter lama kelamaan akan luntur menjadi ingin di cintai yang di mulai dengan penasaraan/kepo, atau over birahi/ob tingkat rendah.

Lovebird Balibu Kepo

Lovebird Balibu Kepo
hewanpeliharaan.org

Karakter lovebird seperti ngekek panjang yang sudah terlatih lama lama mulai berkurang. Sebab, sifat nya mulai berubah, faktor kecenderungan burung mulai mengenal ketertarikan pada burung lain.

Berbagai macam hal tersebut terkadang justru sering di lupakan pleh pemilik bahwa burung kicau lovebird yang masih anaka ini selalu mempunyai masa dimana burung mabung kecil/turun bulu.

Nantinya juga akan mabung besar/dorong ekor. Dan keadaan sepertin ini bisa menurunkan fisik dan mental. Dengan demikian, bisa menjadikan burung tidak konsisten dan cenderung menerima sifat sifat burung lain nya seperti birahi dan sifat buruk yang lainnya.

Faktor mengenal lovebird balibu kepo sering membuat sulitnya sang pemilik untuk merasakan burung maksimal kerja. Sebab, bisa jadi settingan harian yang sudah paten/jamak di lakukan sudah tidak mempan untuk menurunkan kenakalan burung yang telah mulai mengenal birahi.

Burung yang pada mulanya memiliki sifat atau karakter fighter di gantangan justru kepo/penasaran sebab birahi yang akhirnya justru bersifat nakal. Misalnya saja ngering di ruji ngekek pendek, burung juga sibuk loncat, bahkan juga nebok atau terlihat sibuk bermain di bawah.

Bisa jadi karena sifat buruk pada saat berada di rumah mulai gigit ruji, buang makanan dan juga kebiasaan yang memasukan makanan ke minuman sampai kotor.

Berbagai macam hal itulah yang mungkin sering kurang diperhatikan oleh sang pemilik.

Mengatasi Lovebird Balibu Kepo atau Nakal

Mengatasi Lovebird Balibu Kepo atau Nakal
burungya.com

Cara mengatasi lovebird balibu kepo atau nakal ini berlaku pada burung yang sudah benar-benar mengenal birahi. Dan untuk mengatasi lovebird balibu kepo ini dilakukan tanpa mengurangi setingan harian seperti biasa.

Jangan lupa untuk memberikan krodong dobel tiap masuk ke dalam rumah untuk beristirahat. Tujuannya yaitu untuk mengurangi gangguan yang disebabkan mendengar burung lain. Selain itu juga untuk mengurangi interaksi mengenalkan sifat birahi burung lovebird.

Mengatasi lovebird balibu kepo juga bisa dilakukan dengan penggunaan Mp3 full masteran setiap burung tersebut dimasukan ke dalam rumah. Dan untuk memfokuskan burung untuk tetap stabil, dan juga untuk menghindarkan gangguan sebab suara burung – burung yang terkesan nakal. Dan yang penting untuk menjaga burung tetap fighter.

Untuk mengatasi lovebird balibu kepo bisa dilakukan dengan mengeluarkan burung secara bertahap baik pagi maupun saat sore. Jadi, sebaiknaya anda memisahkan burung dengan jarak aman tanpa memperkenalkan fisik serta sifat dari jenis burung yang lainnya.

Anda juga bisa menurunkan rasa kepo atau penasaran yang mulai dikenal oleh burung. Dengan memandikan burung secara bersama pada saat malam hari serta mempertemukannya dengan waktu cukup lama/masuk lebih malam.

Hal ini tujuannya untuk menghilangkan penasaran serta untuk mengantisipasi maupun membiasakan burung supaya tidak mudah tertarik kepada lawan pada saat berada di gantangan.

Tinggalkan Komentar