Cara Mengatasi Burung Lovebird Ngeruji Paling Mudah Dilakukan

Lovebird adalah jenis burung kicau yang cantik dan bersuara merdu. Akan tetapi terkadang burung ini memiliki permasalahan yang harus segera diatasi yaitu ngeruji.

Akan tetapi tidak semua lovebird akan punya kebiasaan yang seperti itu. Untuk hal ini, pada umumnya melanda pada burung yang masih bakalan atau bahkan terjadi pada burung yang sudah dewasa.

Dan apabila permasalahan ini dialami oleh burung lovebird yang cantik ini, maka otomatis lovebird akan cenderung sering berada pada dekat jeruji sangkar.

Dan sering juga menubrukkan badannya atau terlihat bertengger maupun berdiam diri pada jeruji.

Lovebird yang memiliki kebiasaan ngeruji, pastinya bukan merupakan masalah yang sepele dan bisa di abaikan. Karena jika dibiarkan maka hal itu akan bisa menjadi sebuah kebiasaan jika sudah terlalu lama.

Penyebab lovebird ngeruji, dapat dipengaruhi oleh faktor tertentu. Akan tetapi untuk penyebab biasanya yang paling banyak diyakini oleh para pecinta burung kicau dengan adanya masalah ngeruji yaitu disebabkan karena sedang over birahi.

Cara mengatasi burung lovebird ngeruji juga memiliki beberapa persamaan dengan cara mengatasi burung cendet ngeruji.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Ngeruji

Cara Mengatasi Burung Lovebird
Cara Mengatasi Burung Lovebird

Burung cendet peliharaan anda yang senang ngeruji harus segera ditangani dengan cara cara seperti berikut ini

Mengawinkan

Cara mengatasi burung lovebird ngeruji yaitu dengan cara mengawinkan dengan lawan jenisnya. Tujuannya supaya biraharinya bisa tersalurkan.

Jadi begitu memungkinkan kedepannya akan mengurangi tingkat birahi yang terlalu over. Proses pengawinan dapat dilakukan saat usia burung sudah sekitar 8 bulan. Sama halnya dengan pasangannya.

Saat usia itu, banyak diyakini jika lovebird sudah mencapai puncak dewasa. Jadi cukup memungkinkan dijodohkan dengan pasangannya.

Pada saat mencari pasangan usahakan dengan cara yang benar. Anda bisa mencarikan pasangan burung jantan yang cocok dan bisa langsung dekat dengan lovebird betina anda.

Yaitu sudah dilepas di dalam kandang koloni yang terdapat beberapa jumlah burung jantan. Sesudah kandang yang isinya pejantan sudah disiapkan, kemudian burung betina dapat dilepas serta dibiarkan di dalam mencari pasangan yang sesuai dengan kehendaknya.

Jika telah memperoleh pasangan yang sesuai, pada umumnya proses perkawinan akan berjalan dengan lebih cepat.

Tapi jika pasangan lovebird kurang cocok maka bisa saja proses perkawinan akan berlangsung lama. Dengan demikian, seusai dengan masa perkawinan pada umumnya, tingkat birahi burung yang sebelumnya over dan lovebird ngeruji, maka akan bisa berkurang.

Menghentikan Pemberian Makanan Tambahan

Hentikan Makanan Tambahan Lovebird
Hentikan Makanan Tambahan Lovebird

Makanan tambahan yang anda berikan pada burung loverbird misalnya seperti kuaci dan kangkung. Sebab terdapat kandungan kadar protein yang cukup tinggi, dengan begitu akan memungkinkan jika dapat mendongkrak peningkatan pada tingkat birahi burung.

Dengan demikian, agar bisa terhindar dari hal yang seperti itu, maka lebih baik apabila selalu memperhatikan pola pemberian pakan lovebird, terutama pakan tambahan.

Tapi, apabila burung telah terlanjur mengalami over birahi, pakan yang dapat anda diberikan yaitu makanan utamanya. Sebab tidak begitu mengandung protein tinggi, antara lain seperti milet putih dan canary seed.

Merubah Pola atau Posisi Tangkringan

Cara mengatasi burung lovebird ngeruji juga dapat dilakukan dengan cara merubah pola atau posisi tangkringan. Burung lovebird akan bertengger pada tangkringan dengan terus menerus jika di dalam sangkarnya hanya ada satu tangkringan. Jika perilaku ini sampai terjadi, maka penanganannya yaitu dengan menambah jumlah tangkringan, yang penting lebih dari satu.

Tinggalkan Komentar