Mengetahui Jenis Burung Kamade Dan Ciri Fisiknya

Burung kamade termasuk dari jenis burung kecil pemakan serangga dan buah buahan kecil yang banyak dijumpai di Asia, Australia, India, Filipina dan lainnya.

Jenis burung ini terlihat sangat kecil, kuat, dan juga mempunyai warna bermacam-macam. Kamade memiliki panjang tubuh 10 sampai dengan 18 cm dengan ekor dan paruh yang pendek dengan bentuk kurva.

Jenis Burung Kamade

Jenis Burung Kamade
Jenis Burung Kamade

Ada 45 spesies dan mayoritas jenis burung kamade tersebut mempunyai warna coklat dan zaitun. Namun untuk yang jantan pada umumnya memiliki tambalan berwarna merah serta kuning di bagian mahkota, pantat serta dada.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi, berikut jenis burung kamade yang tersebar di berbagai wilayah.

Kamade Gunung

Burung kamade Gunung termasuk hewan endemik asli Indonesia yang habitat aslinya berada di hutan subtropis, tropis serta dataran tinggi.

Biasanya yang memiliki ketinggian 800 hingga 2400 meter dengan ukuran rata-rata tubuh kurang lebih 8 cm. Untuk yang jantan berwarna biru tua di bagian tubuh atas, kuning tua di bagian perut dan tenggorokan.

Yang betina berwarna coklat zaitun di bagian tubuh atas, tunggir merah sertadi bagian bawah berwarna abu-abu. Burung kamade ini bisa anda jumpai di Pulau Jawa, Bali serta Kepulauan Sunda Kecil. Jenis burung ini gemar makan serangga, laba-laba serta makan buah kecil.

Burung Kamade Polos

Burung kamade atau cabai Polos biasanya berada di hutan tropis serta subtropis di Asia Selatan dan juga di Asia Tenggara yang merupakan burung non migrasi.

Kamade polos mempunyai ciri fisik dengan panjang kurang lebih 8 cm baik itu jantan atau yang betina. Biasanya warna tubuh bagian atas yaitu coklat dan putih di bagian bawah.

Burung Kamade Panggul Kelabu

Jenis burung ini termasuk hewan endemik dari kawasan Sulawesi serta Maluku Utara yang memiliki karakteristik memiliki bagian tubuh atas berwarna gelap dan krem di bagian bagian bawah untuk burung jantan.

Letak bercak merah tersebutnpada dada serta garis hitam di sekitar perut. Untuk yang betina memiliki warna coklat zaitun di bagian atas dan bagian bawah berwarna putih dan merah untuk bagian tengger.

Burung Kamade Panggul Kuning

Kamade panggul kuning adalah jenis burung kamade yang habitat aslinya di daerah hutan tropis dan subtropis. Yang memiliki ketinggian antara 850 hingga 2000 meter di atas permukaan air laut. Burung ini tubuhnya sangat kecil kurang lebih 8,5 cm.

Ciri fisik hewan ini yaitu memiliki warna kuning zaitun di tubuh bagian atas yang memiliki warna hitam di bagian telingga. Kemudian untuk tubuh bawah berwarna putih dengan garis-garis yang berwarna kuning tua.

Burung Kamade Lombok

Burung Kamade Lombok bisa anda jumpai di kawasan Kepulauan Sunda Kecil serta Timor Leste. Habitatnya berada di hutan serta dataran tinggi sub tropis dan tropis.

Ukuran tubuhnya hanya sekitar 8 cm saja. Warnanya kehitaman dan tunggir merah. Kamade ini kerap beterbangan di antara pepohonan, mengunjungi tanaman benalu.

Burung Kamade Merah Jawa

Burung Kamade Merah Jawa
Burung Kamade Merah Jawa

Jenis burung kamade ini memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda antara jantan dan betina. Burung jantan punya warna biru di bagian tubuh atas dengan garis putih yang ada di belakang ke ekor. Kemudian untuk yang betina mempunyai warna hijau zaitun.

Burung ini banyak dijumpai di hutan serta dataran tinggi yang ada di atas ketinggian 1000 meter . Biasanya berada di di kawasan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali serta Lombok.

Sarang burung ini seperti kantung yang menggantung. Makanannya juga sama seperti jenis lainnya yang berupa serangga kecil dan juga buah buahan yang keciil seperti benalu.

Tinggalkan Komentar