Cara Mengatasi Burung Ciblek Gunung Macet Bunyi

Burung ciblek gunung (Prinia Atrogularis) merupakan salah satu dari dari beberapa jenis burung ciblek yang banyak sekali digemari oleh orang-orang.

Ciblek gunung ini juga dikenal memiliki suara yang merdu dan juga terdengar cukup lantang.

Akan tetapi, dalam memelihara burung ciblek, terkadang juga ada permasalahan yang dihadapi. Diantaranya adalah burung ciblek gunung macet bunyi.

Jika burung ciblek gunung mengalami macet bunyi, maka suaranya sudah tidak bisa lagi digunakan untuk memaster jenis burung yang lainnya.

Cara Mengatasi Burung Ciblek Gunung Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Ciblek Gunung Macet Bunyi
paburung.club

Jika anda memiliki burung ciblek gunung yang mengalami permasalahan seperti macet bunyi, maka anda harus segera mengatasinya.

Jika tidak segera diatasi maka kualitas burung peliharaan anda bisa menjadi semakin menurun. Berikut ini adalah cara mengatasi burung ciblek gunung macet bunyi yang bisa anda terapkan.

Memberikan tambahan Extra Fooding (EF)

Cara mengatasi burung ciblek gunung macet bunyi bisa dilakukan dengan memberikan pakan tambahan atau EF, yang mana takarannya bisa diberi jauh lebih banyak.

Pemberian makanan tambahan dengan jumlah takaran yang jauh lebih banyak dilakukan tujuannya supaya burung tercukupi nutrisi yang diperlukannya berupa protein.

Anda bisa memberikan makanan tambahan pada burung ciblek ini berupa kroto, ulat kandang, jangkrik, serta diberikan voer.

Jika anda akan memberikan kroto pada burung ciblek anda, maka pemberian pakan EF berupa kroto sebaiknya dalam keadaan bersih dan masih segar.

Kroto Untuk Ciblek Gunung
agritani.id

Sama halnya dengan pemberian voer yang sebaiknya diberi dengan takaran kadar protein yang cukup tinggi.

Selain itu juga tidak memberikan efek samping yang dapat memberikan dampak buruk pada pencernaan burung ciblek gunung peliharaan anda.

Jauhkan Dari Burung Lain

Untuk cara mengatsi burung ciblek gunung macet bunyi selanjutnya yaitu dengan mengasingkannya dari burung kicauan yang lain.

Ini semua dilakukan supaya burung ciblek gunung tidak mengalami stres sebab harus mendengar kicauan dari burung yang gacor dan memiliki suara tembakan.

Dengan demikian, selama proses pengasingan ini berlaku, maka burung ciblek gunung anda dapat digantang dengan cara menaruhnya pada bawah pepohonan yang rindang.

Tujuannya supaya tidak tersengat sinar matahari pada siang hingga pada waktu sore harinya.

Menambah Durasi Penjemuran

Untuk mengatasi burung ciblek gunung yang mengalami macet bunyi, anda juga bisa menerapkannya dengan menambah durasi penjemuran.

Cara ini dilakukan dengan cara, jika umumnya burung dijemur selama setengah jam maka dapat ditambah waktunya menjadi lima belas menit lagi atau tiga puluh menit lagi.

Namun, apabila saat itu cuaca sedang terik, maka baiknya durasi penjemuran jangan terlalu lama supaya burung tidak sampai mengalami dehidrasi.

Jika pada umumnya burung ciblek gunung anda dimandikan dua kali dalam sehari, maka ketika proses perawatan untuk mengatasi macet bunyi burung ciblek gunung dalam berkicau dapat dikurangi dengan hanya sekali saja memandikannya.

Saat Malam Hari Burung Dikerodong

Supaya burung ciblek gunug tidak lagi mengalami macet bunyi, maka anda bisa dengan mengkerodongnya selama semalaman penuh.

Burung ciblek gunung yang dikerodong pada saat malam hari ini tujuannya agar bisa beristirahat selama satu malaman.

Sebaiknya juga tidak terpapar cahaya lampu yang dapat membuatnya sulit tidur.

Maka dari itu, untuk mengkerodong sangkar burung ciblek gunung, maka bisa menggunakan kain tebal yang berwarna hitam.

Tujuannya supaya tidak ada cahaya lampu yang menembusnya. Mengkerodong burung ciblek gunung memang bisa mengatasi burung ciblek gunung macet bunyi. Selain itu juga bisa mengembalikan staminanya yang sempat ngedrop.

Tinggalkan Komentar