Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeruji Agar Bisa Normal Kembali

Burung Cendet maupun yang disebut Pentet merupakan salah satu burung yang pandai di dalam menirukan suara burung lain. Tidak bisa dipungkiri jika burung yang memiliki suara lantang ini sangat mudah dilatih.

Namun selain kelebihan yang dimiliki burung Cendet, ada beberapa masalah yang menjadikan sebagian besar pemeliharanya merasa jengkel atau khawatir..

Masalah yang ada pada burung Cendet pada umumnya tidak disebabkan karena ulahnya. Akan tetapi melainkan faktor perawatan serta faktor usia dari burung Cendet itu sendiri.

Jika untuk perawatan yang dilakukan kurang tepat, maka burung Cendet perilakunya bisa menjadi tidak baik. Perilaku ini juga dinilai menjadi masalah oleh para pemeliharanya.

Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeruji

Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeruji
Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeruji

Di dalam menampilkan burung cendet itu tidak termasuk persoalan yang mudah. Cendet merupakan jenis burung yang memiliki perilaku atraktif.

Bahkan burung ini juga merupakan jenis burung yang memiliki birahi begitu sensitif. Maka dari itu, harus ada kesabaran serta ketelatenan guna menampilkan burung predator ini.

Salah satu permasalahan burung cendet yang sering terjadi di lapangan yaituburung ngeruji. Pada masalah ini, burung akan menabrak-nabrak jeruji sambil mengejar musuh atau juri yang terlihat di sekitarnya.

Hal ini pastinya akan mengurangi poin penilaian. Apabila burung cendet sampai ngeruji di dalam waktu yang cukup lama dan terjadi berkali-kali, burung itu dapat tidak memperoleh poin sama sekali.

Hal ini tidak disebabkan oleh burung mengalami birahi yang terlalu tinggi. Untuk hal tersebut, kemungkinan besar burung kebanyakan makan pakan tambahan yang kurang cocok.

Cara mengatasi burung cendet ngeruji ini, anda harus menurunkan tingkat birahi buurng anda sampai kembali stabil dengan cara dibawah ini.

Kurangi Takaran EF

Cara mengatasi burung cendet ngeruji pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan cara mengurangi takaran atau jumlah pakan tambahan. Anda dapat menyetel makanan tambahan yang pas dan sesuai.

Hentikan EF yang Tidak Cocok

Kroto serta ulat hongkong kerap sekali tidak cocok dengan burung cendet. Hal ini dikarenakan dari kedua jenis pakan ini terdapat kandungan protein yang begitu tinggi.

Jadi kerap kali menjadikan burung over birahi. Hal ini bisa berisiko untuk cendet yang punya sensitivitas cukup tinggi.

Main Setengah Basah

Cendet Main Setengah Basah
Cendet Main Setengah Basah

Anda juga dapat mengatur burung cendet anda untuk main setengah basah. Yaitu sebelum digantang, dua atau tiga sesi dimandikan terlebih dahulu. Jadi, pada saat sesi burung cendet naik, burung masih keadaan lembab.

Hal ini manjur sekali untuk membantu meredam emosi serta birahi burung cendet anda, jadi dapat gerak burung anda tidak brutal seperti sebelumnya.

Kurangi Penjemuran

Cara mengatasi burung cendet ngeruji dalam setting harian, anda sebaiknya mengurangi durasi serta frekuensi mandi. Tujuan hal ini supaya bisa mengurangi birahi burung, khususnya pada waktu digantang di lapangan.

Tambah Frekuensi Mandi

Di dalam mengurangi birahi cendet, anda jugadapat menambah waktu dan frekuensi mandi. Apabila anda hanya memandikan burung ini dua hari sekali, makatambah agar menjadi setiap hari.

Tak hanya itu, anda juga dapat memandikan burung hingga puas atau sampai basah kuyup dan didis. Dan selama burung didis, anda sebaiknya menyemprot burung hingga didis selesai.

Tempatkan Pada Ruangan yang Dingin

Pada kesehariannya, burung cendet yang kerap ngeruji dapat anda gantang pada ruangan yang dingin. Letakkan pada ruangan yang memiliki tingkat suhu stabil sehingga tidak akan terasa panas. Bahkan apabila mungkin, pilih ruangan yang sama sekali tidak terkena dari panas matahari.

Tinggalkan Komentar