Cara Menangkarkan Burung Zebra Finch Agar Sukses

Pipit zebra atau zebra finch yang memiliki nama latin Taenopygia guttata termasuk jenis burung finch yang postur tubuhnya kecil akan tetapi lincah.

Burung ini memiliki warna yang memukau, sehingga banyak yang suka dengan burung ini. Disebut dengan zebra finch sebab tampilan bulunya yang belang-belang seperti halnya motif zebra.

Burung pipit zebra juga termasuk salah satu dari dua spesies yang terdapat pada genus Taenopygia yang berasal dari keluarga Estrildidae.

Burung pipit zebra juga banyak dijumpai di Pulau Timor, baik yang masih termasuk wilayah Indonesia atau wilayah Timor Leste, dan juga di kawan Australia.

Cara Menangkarkan Zebra Finch

Cara Menangkarkan Zebra Finch 
Cara Menangkarkan Zebra Finch

Saat ini telah banyak dibiakkan di Portugal, Brazil, Puerto Rico, sampai dengan di wilayah Amerika Serikat. Cara menangkarkan burung zebra finch ini bisa dibilang mudah jika anda mengikuti cara berikut ini.

Perbedaan Zebra Finch jantan dan Betina

Cara menangkarkan burung zebra finch yang pertama yaitu dengan mempersiapkan bahan utamanya. Diantaranya sepasang indukan (jantan dan betina).

Apabila punya lebih dari sepasang tentunya akan lebih baik. Burung jantan dan betina yang usianya dewasa mempunyai perbedaan nyata dari penampilan fisiknya.

Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung zebra finch hampir sama dengan jenis burung kicau yang lain. Zebra finch yang jantan dan betina yang sudah dewasa mempunyai perbedaan yang nyata dari penampilan fisiknya.

Pola garis yang berada di dagu dan bentuk paruh yang gelap termasuk salah satu ciri burung zebra finch yang jantan.

Tak hanya bulu-bulu yang cerah dan juga tampak berwarna-warni dengan garis hitam pada bagian dadanya juga ikut menambah cantik tampilan dari burung ini.

Kemudian untuk burung pipit zebra betina, paruhnya tampak berwarna oranye dengan warna paruh yang lebih terang.

Burung pipit zebra betina tidak mempunyai bintik-bintik putih yang ada di bagian sayapnya. Akan tetapi warna pipinya tampak seperti warna bulunya atau terkadang abu-abu muda.

Ukuran kandang penangkaran

Cara menangkarkan burung zebra finch yang selanjutnya Anda harus menyiapkan dulu kandang penangkaran. Tidak ada patokan baku untuk masalah ukuran kandang penangkaran.

Untuk kandangnya bisa disamakan dengan kandang penangkaran gelatik jawa dan kenari.

Anda juga dapat memakai kandang soliter atau dengan kandang koloni, sesuai dengan keinginan serta kemampuan (finansial) masing-masing.

Kotak sarang tertutup

Lain halnya dengan kenari, penangkaran burung pipit zebra membutuhkan gelodok atau kotak sarang tertutup dengan lubang kecil untuk dijadikan pintu keluar-masuk sarang.

Makanan pipit zebra

Makanan utama dari burung pipit zebra yaitu berupa biji-bijian. Lebih baik lagi apabila diberikan bahan makanan yang bervariasi serta bergizi tinggi ketika dalam masa berkembang biak.

Makanan bergizi tinggi diantaranya seperti millet, buah segar. Selain itu telur rebus juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan burung pada kandang penangkarannya.

Reproduksi pipit zebra

Reproduksi pipit zebra
Reproduksi pipit zebra

Anda dapat memilih pasangan yang telah cocok dengan kondisi yang sehat. Kemudian masukkan keduanya pada kandang penangkaran.

Jika kedua burung ada pada kondisi yang sangat baik atau fit, umumnya dalam waktu tidak terlalu lama bisa membuat sarang dengan segera, dan beberapa hari selanjutnya akan bisa bertelur.

Anda juga dapat memeriksa kotak sarang dengan rutin setiap hari. Pastikan juga jika Anda tidak mengganggu burung tersebut supaya proses pengeraman bisa berlangsung dengan lancar.

Induk betina biasanya bisa bertelur mulai 5 sampai dengan 8 butir. Setelah bertelur maka induk betina langsung mengerami telur-telurnya. Pengeraman akan dilakukan dengan cara bergantian.

Komentar Facebook

Komentar Blog