Mengenal Ciri Khas Burung Cingcoang Cokelat dan Habitatnya

Burung cingcoang adalah jenis burung ang berasal dari keluargaTurdidae . Yang mana burung yang asalnya dari keluarga Turdidaer dikenal memiliki suara kicauan yang merdu dan nyaring.

Burung cingcoang juga dikenal merupakan jenis burung kicauan yang memiliki suara yang cukup merdu dan juga nyaring terdengar. Untuk jenis burung cingcoang yang memiliki suara nyaring yaitu burung cingcoang biru.

Selain burung cingcoang biru, ternyata ada lagi jenis burung cingcoang lainnya yang memiliki suara kicau yang merdu, yaitu burung cincoang cokelat.

Ciri khas burung cingcoang cokelat bisa diamati dari warna tubuhnya dan juga suara kicauan yang dikeluarkannya.

Ciri Khas Burung Cingcoang Cokelat

Ciri Khas Burung Cingcoang Cokelat
pbase.com

Ciri khas burung cingcoang cokelat yang harus anda ketahui diantaranya yaitu memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil, sebab burung ini hanya memiliki panjang sekitar 11 cm.

Untuk corak warna bulunya yaitu juga tidak terlalu bervariasi, yang mana terdiri dari warna cokelat kemerahan, putih, dan juga terdapat warna cokelat kuning tua.

Ciri khas burung cingcoang cokelat yaitu adanya warna cokelat kemerahan yang tampak menutupi area atas tubuhnya seperti mahkota kepala, sisi belakang mata, tengkuk, punggung, sayap, serta pada bagian ekornya.

Kemudian ciri khas burung cingcoang ckelat selanjutnya yaitu adanya warna putih tampak di bagian bawah tubuhnya. Yaitu mulai dari tenggorokan, dada, perut, dan tunggirnya.

Tak hanya itu saja, warna putih juga terlihat pada bagian atas mata seperti halnya alis yang cukup tebal dan agak panjang.

Kemudian untuk warna cokelat kuning tua juga tampak pada bagian sisi bawah dekat sayap dan berupa bintik-bintik kecil pada area dadanya.

Lalu untuk bagian ekornya yang berwarna cokelat memiliki ekor yang cukup pendek. Dan kakinya yang berwarna hitam mempunyai kuran yang lumayan panjang mirip dengan jenis burung tepus.

Daerah Persebaran Burung Cingcoang Cokelat

Burung cingcoang cokelat adalah salah satu jenis burung yang merupakan salah satu dari tiga jenis burung cingcoang yang hidup di wilayah hutan Indonesia.

Daerah persebaran burung yang tubuhnya kecil ini di Indonesia berada di hampir semua pulau besar. Diantaranya mulai dari di Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Timor, dan Sumbawa.

Tak hanya itu saja, keberadaannya juga bisa dijumpai di negara Asia lainnya. Misalnya seperti Nepal, Myanmar, Tiongkok, Thailand, dan juga di Malaysia.

Habitat dan Perkembangan Burung Cingcoang Cokelat

Habitat Burung Cingcoang Cokelat
flickr.com

Kehidupan burung cingcoang cokelat (Brachypteryx leucophrys) pada saat berada di alam liar yaitu mendiami area dataran tinggi yang dijadikan sebagai tempat tinggalnya.

Untuk wilayah dataran tinggi yang dijadikan sebagi rumahnya pada umumnya mempunyai ketinggian yang berkisar antara 600 hingga 2100 meter di atas permukaan laut.

Tingginya tempat yang dijadikan untuk bersarang burung cingcoang cokleat menjadikannya hanya dapat ditemui oleh para pendaki yang akan ke gunung atau pegunungan.

Tak hanya itu, karakter burung cingcoang ini juga dikenal cukup pemalu dengan sering bersembunyi di sekitaran semak yang ada di bawah hutan.

Dan jenis makanan yang umumnya disantapnya cukup beragam mulai dari siput, tempayak, keong, dan pupa kumbang.

Musim berkembang biak bagi burung Cingcoang Cokelat berlangsung antara bulan Oktober sampai April. Dengan jumlah telur yang dierami indukkannya sekitar dua butir.

Suara Burung Cingcoang Cokelat

Ciri khas burung cingcoang cokelat jika dari segi suaranya yaitu terdengar nyaring dan lumayan melengking. Dan dengan volume yang cukup tinggi. Kicauan yang dikeluarkan dengan nada yang tajam dan temponya yang cepat.

Durasinya juga hanya sekitar 30 detik saja. Tak hanya itu saja, bunyi di awal kicauan terdengar cukup tinggi. Yang memiliki irama yang bertempo cukup cepat dan di akhir kicauan volume juga terdengar perlahan turun.

Tinggalkan Komentar