Berbagai Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicauan

Bawang putih ternyata memiliki khasiat untuk burung kicauan. Khasiat bawang putih untuk burung kicau bisa digunakan untuk mengobati bulu burung yang rontok.

Biasanya penyebab bulu burung yang rontok dapat dikarenakan burung ketika mabung Tapi ada juga yang memang burung punya kebiasan yang mecabuti bulunya sendiri.

Khasiat bawang putih untuk burung kicau ada 2 manfaat yaitu untuk dignakan sebagai cara penyembuhan dan media pencegahan penyakit.

Dari manfaat bawang putih ini, tidak lepas dari kandungan zat yang ada di dalam bawang yang sangat baik untuk kesehatan burung kicau.

Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicauan

Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicauan
Khasiat Bawang Putih Untuk Burung Kicauan

Belum banyak kicaumania yang belum mengerti dengan khasiat bawang putih untuk burung kicauan  yang anda pelihara di rumah.

Ternyata pada umumnya bawang putih banyak dimanfaaatkan pada burung merpati, perkutut, derkuku, dan juga untuk burung puter. Khususnya untuk menghangatkan tubuh di saat musim hujan.

Bawang putih yang ditumbuk pada umumnya akan mengeluarkan bau. Bau itu muncul sebab ada zat alin pada bawang putih mengalami kontak dengan enzim alinase.

Yang mana zat zat tersebut terpecah menjadi alisin, amonia, dan juga asam piruvat.

Antijamur

Manfaat bawang putih yang bisa anda ambil untuk merawat burung kicau anda yaitu khasiatnya sebagai anti jamur. Jadi bagi anda yang ingin burung kesayangannya tidak di hinggapi jamur gunakan bawang putih

Anti bakteri

Ternyata zat alisin yang ada pada satu siung bawang putih mempunyai sifat antibakteri. Yang mana termasuk bakteri-bakteri yang beradsal dari kelompok Escherichia, Salmonella, Staphylococcus, Streptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus, dan juga Clostridium.

Bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati burung kicauan yang mengalami gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri sebab dalam bawang putih memiliki kandungan anti bakteri.

Antiparasit

Khasiat bawang putih untuk burung kicauan selanjutnya yaitu sebagai antiparasit. Bawang putih juga sudah dikenal sebagai obat cacing yang manjur.

Dari sebuah penelitian juga dijelaskan jika kandungan alisin sangat efektif untuk melawan jenis parasit yang kerap menyerang pada berbagai jenis burung kicauan.

Antivirus

Tak hanya bersifat antiparasit, kandungan alisin yang terdapat pada bawang putih juga memiliki fungsi menjadi antivirus. Yang mana membawa khasiat untuk mencegah burung terinfeksi dari serangan virus.

Antijamur

Bawang putih juga bersifat antijamur dan baik untuk burung kicauan peliharaan anda. Maka dari itu, bawang putih bisa untuk mencegah aberbagai macam penyakit yang disebabkan jamur.

Menghangatkan tubuh

Khasiat bawang putih selanjutnya admelah untuk nghangatkan badan burung kicau. Terlebih lagi untuk musim hujan sekarang ini sangat bermanfaat untuk diterapkan di burung kicau anda.

Mengobati luka

Jika burung peliharaan anda sedang mengalami luka, anda dapat menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan luka yang ada psda burung anda.

Bahkan bawang putih juga kerap dijadikan terapi untuk menumbuhkan bulu ekor serta bulu sayap.

Sedangkan untuk cara pemberian bawang putih pada burung, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal.

Agar tidak terjadi kesalahan, sebaiknya anda mengamati cara pemberian bawang putih pada burung berikut ini.

Cara pemberian bawang putih pada burung

Cara pemberian bawang putih pada burung
Cara pemberian bawang putih pada burung
  • Tumbuk bawang putih selanjutnya cuci menggunakan air bersih
  • Kemudian hasil tumbukan bawang putih bisa anda campur kedalam gelas yang isinya air hangat
  • Setelah itu, diamkan terlebih dahulu hingga bawang putih benar benar tercampur dengan air hangat tersbeut.
  • Apabila telah tercampur, lalu saring dan simpan pada tempat minum burung. Dan setelah dingin minumkan kepada burung kicau anda secara rutin.

Tinggalkan Komentar