7 Fakta Unik Burung Kenari Rusia

Kenari Rusia masih satu famili dengan Senirus canaria. Burung ini berhabitat asli di daratan Rusia yang dingin. Kemudian, dikembangbiakan hingga ke seluruh belahan bumi. Kerap diekspor dari satu negara ke negara lainnya.

Burung Kenari Rusia merupakan hasil kawin silang. Dinamakan kenari rusia karena perkembangbiakannya dimulai dari negara ini. Sejak saat itu, para kicaumania mulai melatih ocehan spesies tersebut. Upaya itu ternyata membuahkan hasil; suara russian canary terdengar merdu.

Karakteristik kenari rusia sangat mudah dikenali. Mereka berbulu putih dengan paruh merah muda. Kakinya mungil, berwarna pink, serta transparan. Wajah kenari jantan tampak oranye, sedangkan pada betina didominasi putih.

Paruh kenari rusia tergolong pendek dan lancip. Bentuk ini mendukung bakatnya yang bisa menyanyikan lagu apa pun. Saat di alam bebas, mereka gemar hinggap di dahan pohon sambil berkicau.

Selain cantik dan memukau, burung ini juga sangat cerdas. Bahkan, saking cerdasnya, mereka memiliki banyak kelebihan. Berikut ini 7 keunikan burung kenari rusia.

Memiliki Bulu Cantik

Kenari Putih Rusia
Kenari Putih Rusia

Burung cantik tidak harus memiliki bulu beraneka warna. Warna putih pun kerap memunculkan pesona. Seperti bulu pada burung kenari rusia; putih bak salju.

Bulu putih itu semakin memikat tatkala dikombinasikan dengan motif oranye. Seolah menciptakan gradasi warna yang senada. Terlebih saat burung ini mengepakkan kedua sayapnya. Terlihat lah keindahan kenari rusia.

Daya Ingatnya Tinggi

Kenari Rusia
Kenari Rusia

Salah satu keunggulan kenari rusia adalah mampu mengingat berbagai jenis suara dari masteran. Hafalannya sangat bagus sehingga bisa menirukan kicau burung lain secara sempurna. Cobalah memperdengarkan 10-15 rekaman. Setelah beberapa kali mendengar, kenari rusia sanggup melagukannya dengan baik.

Bisa Melagukan 15 Jenis Kicau Berbeda Dalam 45 Detik

Kenari Orange
Kenari Orange

Inilah kelebihan kenari rusia yang tidak dimiliki burung lain. Mereka mampu berkicau dengan 15 lagu berbeda. Hal itu dilakukannya selama 45 detik tanpa kesalahan. Bahkan, nyanyian tersebut bernada tinggi.

Menyukai Hutan Terbuka

Kenari Liar
Kenari Liar

Hutan merupakan kawasan hijau yang paling disukai spesies apa pun, salah satunya burung. Tempat ini memiliki banyak pohon besar sebagai lokasi membuat sarang. Selain itu, kandungan oksigen berlimpah serta udara segar, menjadi faktor pendukungnya.

Burung kenari rusia termasuk satwa penggemar habitat hutan belantara. Di sana, mereka bisa terbang bebas, berkicau, dan mendapatkan banyak makanan. Namun, mereka juga harus waspada. Pasalnya, predator mengintai setiap saat.

Bisa Menirukan Bunyi Alat Musik

Berkicau Kenari
Berkicau Kenari

Kenari rusia sangat pandai menirukan bunyi berbagai alat musik, seperti seruling, lonceng, terompet, dan masih banyak lagi. Untuk mempeoleh pencapaian ini, kicaumania perlu melatihnya dengan telaten dan sabar.

Pandai Menggabungkan Suara Burung Lain

Burung Kenari Fife Fancy
Burung Kenari Fife Fancy

Untuk bisa meniru kicau burung lain, umumnya harus diperdengarkan masteran. Tapi, Anda tidak perlu melakukannya pada kenari rusia. Tanpa dilatih, suara ocehannya pun sudah beragam. Justru kadang sangat mirip dengan burung tertentu.

Sudah Ada Sejak 300 Tahun Lalu

Sejarah Kenari
Sejarah Kenari

Burung kenari rusia berasal dari kenari tyrol. Spesies tersebut hidup sejak 300 tahun silam. Bakat menyanyi memang menurun dari moyangnya ini. Kenari tyrol kerap kali mengeluarkan ocehan bernada tinggi dan keras. Mungkin, itulah yang membuat russian canary memiliki suara sempurna.

Itulah 7 keunikan kenari rusia. Sampai saat ini, mereka mendapat julukan “burung penyanyi”. Hal itu karena kebiasaan mereka yang gemar mendendangkan lagu.

Tinggalkan Komentar