3 Jenis Burung Saeran dan Ciri Khasnya Lengkap

Pada dasarnya jenis burung saeran banyak sekali. Jenis burung ini pandai menirukan suara dari kicauan burung lainnya serta memiliki suara yang lebih besar bila di bandingkan dengan suara burung yang ditirukannya. Banyak yang memelihara burung saeran ini karena kualitas kicauannya.

Sebenarnya jenis dari Burung Saeran termasuk keluarga dari Dicruridae yang pastinya juga banyak menyebar di sebagian besar dunia Australia, Afrika sampai di Asia.

Habitat di alam bebasnya Burung Saeran ini juga gemar memakan jenis serangga seperti jangkrik, belalang dll. Sebagian besar bulu tubuhnya yaitu dengan warna hitam dan ada juga yang berwarna abu – abu.

Jenis dari burung ini memiliki bentuk ekor yang bercabang dan para penggemar burung kicau kerap menamainya dengan sebutan burung saeran gunting.

Burung saeran ini banyak dikenal pecinta burung kicau  sebab kemampuannya dalam menirukan suara burung lain. Namun burung srigunting juga terkenal dengan akal liciknya khususnya dalam mencari makanan.

Di habitat alaminya, burung ini sering merebut makanan yang dibawa burung lain dengan cara menakut-nakutinya dengan memakai suara burung predator yang sudah ia kuasai.

Jenis Burung Saeran

Jenis Burung Saeran
Jenis Burung Saeran

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis burung saeran gunting dan semuanya itu masing-masing punya bakat meniru suara burung yang cukup baik.

Saeran Lencna

Srigunting lencana adalah jenis burung saeran yang memiliki ukuran tubuh kurang lebih 27 cm, dengan bentuk ekor yang bercabang serta melengkung.

Warna tubuhnya tampak kehitaman yang akan tampak mengkilap kebiruan apabila terkena cahaya. Bagian iris matanya berwarna merah terang.

Srigunting lencana juga menyebar di Papua dan sekitarnya, termasuk juga di Australia. Ada 11 sub-spesies dari burung srigunting lencana ini yang sudah memiliki daerah persebarannya sendiri-sendiri.

Makanan pokok burung saeran lencana ini  yaitu berupa serangga dan binatang-binatang kecil.

Jenis burung ini sering bertengger di cabang-cabang pohon di hutan, tepi hutan, kebun, dan juga di habitat terbuka untuk memantau wilayah kekuasaan (teritorial) dari kemunculan serangga atau burung lain yang tampak membawa serangga.

Perilaku burung srigunting ini licik, sebab tingkah lakunya seperti perampok yang akan merampas serangga yang sudah dibawa oleh burung dari jenis lainnya.

Burung srigunting lencana memang terkenal cukup agresif pada burung lainnya.

Saeran Kerdil

Saeran kerdil termasuk jenis burung saeran yang memiliki ukuran tubuh sepanjang 20 cm. Burung ini termasuk endemik dari Papua yang tubuhnya berwarna hitam mengkilap kebiruan.

Ada juga jambul pendek pada tengkuk bagian atas. Lalu di lipatan sayap juga ada bercak putih yang tersembunyi.

Apabila diamati sekilas, postur tubuhnya mirip dengan burung pitohui hitam, akan tetapi perbedaannya berada di warna bulu srigunting kerdil yang lebih kusam dan berhabitat di dataran yang lebih tinggi.

Makanan utama srigunting kerdil yaitu berupa serangga dan laba-laba. Suara kicauannya terdengar nyaring dan agak serak.

Saeran Jambul Rambut

Burung Saeran Jambul Rambut
Burung Saeran Jambul Rambut

Burung saeran ini memiliki ukuran tubuh sepanjang 20 cm. Burung yang merupakan endemik dari Papua ini memiliki tubuh yang berwarna hitam mengkilap kebiruan, dan terdapat jambul pendek pada tengkuk bagian atas. Sedangkan pada lipatan sayap terdapat bercak putih yang tersembunyi.

Apabila diamati sepintas, maka postur tubuhnya mirip dengan burung pitohui hitam, hanya saja bedanya berada di warna bulu srigunting kerdil yang lebih kusam dan berhabitat di dataran yang lebih tinggi.

Makanan utama saeran kerdil ini yaitu serangga dan juga laba-laba. Suara kicauannya cukup nyaring bercampur dengan suara serak.

Tinggalkan Komentar