Tips Sukses Memelihara Burung Kenari Merah Agar Menguntungkan

Burung Kenari yaitu salah satu jenis burung cantik dan banyak disukai para kicaumania. Warna bulunya juga indah sekali, ada yang berwarna kuning, hijau dan ada juga yang berwarna merah.

Di dalam membeli burung Kenari Merah yang asli dianjurkan membeli di peternak yang terpercaya. Sebab banyak tipuan dengan warna merah dari kenari ini.

Jika yang anda peroleh adalah kenari merah asli, Anda tidak hanya bisa merawatnya untuk dijadikan burung peliharaan saja. Akan tetapi bisa juga anda melakukan ternak burung Kenari Merah agar bisa sukses dalam mencari keuntungan.

Tips Sukses Memelihara Burung Kenari Merah

Tips Sukses Memelihara Burung Kenari Merah
Tips Sukses Memelihara Burung Kenari Merah

Perawatan burung kenari merah juga tidak begitu susah untuk dilakukan. tapi untuk beternak burung kenari merah, anda harus tau tips sukses memelihara burung kenari merah seperti berikut ini.

Usia Burung Kenari Merah

Tips sukses memelihara kenari merah adalah tentang usia burung. Usia Burung Kenari adalah kunci sukses berhasil atau tidaknya pada saat anda berternak kenari. Umur yang baik untuk memelihara burung ini yaitu jangan terlalu muda atau bahkan terlalu tua.

Burung kenari yang telah siap diternakan punya umur minimal 6 bulan untuk burung kenari merah yang betina. Sedangkan usia 8 bulan pada burung kenari merah jantan.

Sarana penunjang untuk beternak burung

Peletakan kandang yang baik yaitu menempel pada dinding di samping kiri serta sisi kanan kandang ditutup. Kandang ternak diletakkan pada daerah yang bebas dari jangkauan hewan predator.

Guna menghindari dari gangguan predator lebih baik pada sekeliling kandang lingkari dengan kapur ajaib. Apabila kandang cukupbesar anda dapat mengolesinya dengan oli.

Pada penempatan kandang di dinding agar dapat meminimalkan serangan dari predator. Jangan sampai hewan predator merusak usaha ternak anda.

Jenis kelamin

Tips sukses memelihara burung kenari merah selanjutnya adalah mengetahui akan jenis kelamin. Sebagai peternak sebaiknya sudah paham benar akan perbedaan antara jantan betina.

Untuk mengetahui jenis kelamin burung kenari memang akan terasa sulit untuk pemula. Namun para penghobi burung cukup mudah menentukannya, dan hanya cukup dengan mengamati postur tubuh burung kenari meski terkadang ada burung kenari yang susah jika ditentukan jenis kelaminnya.

Proses penjodohan

Proses Penjodohan Kenari Merah
Proses Penjodohan Kenari Merah

Apabila Anda telah memiliki sepasang Burung Kenari merah dengan usia produktif, untuk langkah selanjutnya yaitu proses penjodohan.

Proses penjodohan yaitu untuk Burung Kenari jantan merah serta burung Kenari Merah betina anda taruh pada kandang yang berbeda. Akan tetapi anda bisa menempatkan dengan saling berdekatan.

Dengan terdapatnya proses penjodohan Anda akan tau mengenai kesiapan Burung Kenari itu. Akan tetapi jika belum berjodoh, Burung Kenari merah jantan dan betina justru dapat berkelahi.

Dan jika terjadi perkelahian, bisa saja menghambat proses penjodohan ini. Apalagi jika yang jantan kalah. Maka akan semakin lama penjodohannya.

Proses Beternak Burung Kenari Merah

Saat mereka sudah benar benar berjodoh, maka cirinya adalah dengan burung kenari jantan akan terlihat mengejar burung betina dengan bunyi cukup kencang.

Selanjutnya untuk burung betina akan menggeparkan sayapnya dan itu adalah tanda minta kawin. Pada saat akan tidur Burung Kenari merah jantan dan betina biasanya akan tidur berdekatan.

Apabila di dalam kandang terdapat sarang beserta isinya, burung betina segera menyusun isi sarang tersebut. Apabila sarang sudah siap pada umumnya burung kenari merah betina telah siap ternak.Dengan begitu kenari betina akan cepat bertelur. Guna mempercepat proses bertelur anda dapat memasukkan kapas di dalam sarangnya.

Tinggalkan Komentar