Tips Penjodohan Burung Kenari Yorkshire Agar Sukses

Salah satu jenis burung kenari yang banyak diminati yaitu Kenari yorkshire. Burung kenari jenis ini adalah jenis burung kenari yang kerap dijuluki sebagai rajanya burung kenari.

Burung yang berparas cantik ini berasal dari Yorkshire, Inggris. Yaitu hasil persilangan antara kenari lanchashire, belgia, dan juga norwich, selanjutnya dikembangkan untuk bisa memperoleh strain yang bisa dianggap sempurna.

Walaupun burung kenari jenis ini punya nilai jualnya tinggi, kenari yorkshire cukup terkenal dan banyak digemari kenarimania di Indonesia maupun di negara yang lainnya.

Jadi tidak bisa dipungkiri lagi kalau banyak orang yang ingin menangkarnya, dan mereka ingin bisa memperoleh keuntungan lebih besar jika dibandingkan beternak kenari lokal.

Karakter Kenari Yorkshire

Karakter Kenari Yorkshire
Karakter Kenari Yorkshire

Popularitas kenari yorkshire memang sudah banyak di beberapa tahun terakhir ini.

Dan pada saat banyak orang yang mendatangkan mencoba burung kenari yorkshire dari beraneka tipe ring, maka dari para penggemar dan penangkar kenari di negeri ini semakin senang untuk memeliharanya.

Apabila yang dibelinya merupakan jenis kenari yorkshire impor, pastinya akan memerlukan adaptasi tersendiri sebelum burung dimasukkan pada kandang ternak.

Suhu yang berada di negeri kita yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan negara yang merupakan asal mulanya dari burung kenari jenis ini.

Pada saat burung belum bisa beradaptasi pada suhu yang ada di lingkungan barunya, maka peluang stres juga bisa sangat besar.

Bahkan juga banyak kejadia kenari mahal yang mati karena burung tersebut gagal beradaptasi.

Walaupun demikian, tidak sedikit juga para peternak yang sukses di dalam menangkar kenari yorkshire.

Mulai dari penjodohan kenari yorkshire sampai bisa menghasilkan telur yang bisa menetas dengan baik.

Tips Ternak Kenari Yorkshire

Selama ini memang banyak sekali anggapan jika beternak kenari yorkshire itu dirasa sulit.

Tak hanya harga induknya yang mahal dan juga susah untuk diperoleh, beberapa peternak juga sempat mengaku selalu gagal ketika mereka akan berusaha menangkarkannya.

Mencoba budidaya atau ternak burung dalam jumlah yang banyak memang banyak kendala yang harus dihadapinoleh para penangkar.

Proses Penjodohan Burung Kenari Yorkshire

Penjodohan Burung Kenari Yorkshire
Penjodohan Burung Kenari Yorkshire

Penjodohan burung kenari yorkshire bisa dilakukan melalui beberapa cara. Misalnya anda dapat melakukan penjodohan dengan cara memisahkan induk jantan dan induk betina.

Jumlah induk betina sebaiknya juga lebih dari satu, ditempatkan dalam kandang terpisah, akan tetapi dalam posisi saling berdekatan.

Dan pada saat induk jantan tersebut didekatkan, maka akan terlihat satu-dua ekor induk betina yang disitu bersikap paling aktif. Dari situlah induk jantan dapat langsung anda masukkan ke kandang betina yang terlihat paling aktif.

Jika anda tidak punya dana untuk membelinya dalam jumlah yang banyak, maka anda bisa membeli burung kenari yorkshire betina yang sudah rajin bunyi.

Pada tahap awal penjodohan burung kenari yorkshire, sebaiknya kenari jantan dan betina tidak saling melihat. Dan sebaiknya hanya mendengar suara saja.

Jika dari mereka muncul ketertarikan dari salah satu induk, atau kedua induk, maka langkah yang selanjutnya yaitu mendekatkan sangkarnya, selanjutnya disatukan dalam kandang ternaknya apabila dirasa telah berjodoh.

Masalah yang sering terjadi ketika proses perjodohan burung kenari yorkshire yaitu induk jantan atau betina tidak birahi.

Dengan demikian proses perjodohan bisa berlangsung cukup lama dan menjemukan. Dengan demikian sangat dianjurkan untuk memberi pakan yang bernutrisi tinggi.

Kemudian juga berikan suplemen khusus untuk burung indukan yang sudah banyak digunakan para peternak aneka burung kicauan.

Tinggalkan Komentar