Tips Paling Mudah Mengatasi Lovebird Menggigit Kuku

Lovebird adalah burung berparuh bengkok yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Ada perilaku yang menjadi masalah dalam memelihara Lovebird. Salah satunya yaitu Lovebird menggigit kuku.

Memang perilaku menggigit kuku merupakan salah satu hal yang sangat wajar dilakukan oleh burung ini. Mungkin pemelihara juga sering menjumpai perilaku yang seperti ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Menggigit Kuku

Tips Paling Mudah Mengatasi Lovebird Menggigit Kuku
famii.org

Akan tetapi, lebih baik anda perhatikan dengan baik Lovebird peliharaan anda apabila terlihat mengalami gejala seperti itu. Lovebird yang menggigit kuku bisa menyebabkan luka pada lovebird.

Lovebird Mengalami Rasa Bosan dan Jenuh

Perlu anda ketahui, jika burung Lovebird juga dapat mengalami rasa bosan dan juga merasa kejenuhan. Biasanya dilampiaskan dengan menggigiti kuku. Akan tetapi, jika berlebih, maka dapat berakibat fatal dan juga dapat melukai kakinya sendiri.

Pada umumnya Lovebird akan mengalami rasa jenuh dan kebosanan karena tidak punya pasangan untuk bercengkrama. Jadi sebaiknya anda segera memasangkan Lovebird ketika telah memasuki usia enam bulan.

Anda bisa memberikan pasangan untuk Lovebird, Anda juga bisa menghindarinya dari kebiasaan buruk dan masalah lain seperti mulai mencabuti bulu serta menggesek tangkringan.

Cara lain yang dapat anda terapkan untuk mengurangi rasa bosan Lovebird yaitu mengajaknya bermain dengan memasukkan tangan di dalam sangkar. Untuk langkah yang lain juga bisa dengan memasukkan berbagai mainan pada sangkarnya.

Tujuannya supaya Lovebird dapat memainkannya serta mengurangi rasa jenuhnya. Perhatikan juga masalah kebersihan dari mainan yang ada pada sangkar.

Setelah itu keluarkan lalu bersihkanlah jika sudah tampak kotor guna mencegah Lovebird terkena aneka ragam penyakit.

Kaki Yang Luka dan Mengalami Infeksi

Perilaku Lovebird menggigit kuku juga bisa diatasi dengan memperhatikan kondisi kaki dari burung Lovebird. Lovebird akan menggigiti kaki yang gatal, sebab terinfeksi oleh jamur maupun parasit.

Dengan menggigiti kakinya, burung bisa menjadi lebih nyaman dan juga dapat menghilangkan rasa gatalnya tersebut. Akan tetapi harus diperhatikan jika burung terlalu kerap menggigiti kakinya yang terinfeksi, sehingga dapat mengakibatkan luka.

Guna mencegah supaya Lovebird menggigiti kakinya, anda bisa mengobatinya dengan memakai salep khusus burung. Anda bisa mengusapkan salep yang ada di bagian yang terinfeksi.

Selanjutnya bisa anda tutup dengan memakai perban ataupun kain. Tujuannya supaya tidak kembali digigit oleh burung. Periksa luka dengan rutin, lalu bersihkanlah untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.

Birahi yang Tinggi

Lovebird Birahi Tinggi
lovebird.dskdo.org

Lovebird yang sedang dalam kondisi birahi tinggi pada umumnya dikarenakan tidak memiliki pasangan. Gejala awal pada burung Lovebird yang sedang mengalami birahi yang tinggi dapat diamati dari perilakunya yang terlihat gelisah. Terkadang juga sering naik turun di dalam kandang.

Jika birahi tinggi tidak segera diatasi, maka efek sampingnya dapat menjadi berbahaya. Sebab, Loebird dapat menggesek tangkringan, malas berkekek sampai dengan menggigiti kukunya sendiri.

Cara yang dinilai paling ampuh dalam mengatasi birahi burung yang terlalu tinggi yaitu dengan memberikannya pasangan. Akan tetapi, setelah memberinya pasangan, anda bisa melihat perilaku dari burung lovebird.

Dan jika Lovebird terlihat mulai berhenti menggigiti kuku serta terlihat jadi lebih tenang, maka sebaiknya anda jangan pisahkan pasangannya dari kandang.

Akan tetapi, apabila Lovebird menjadi tampak begitu malas untuk ngekek, sebaiknya anda memisahkannya selama beberapa waktu.

Anda juga jangan memberikan Lovebird menggigit kuku dengan jamu konslet selama burung masih menggigiti kukunya. Dengan memberikan rangsangan jamu, burung dapat menjadi lebih agresif.

Tinggalkan Komentar