Tips Merawat Love Bird Menjelang Kontes

Memiliki piaraan burung love bird yang berbulu cantik dan menjadi juara di berbagai kontes burung tentu menjadi kebanggan tersendiri. Namun, untuk mencapai prestasi ini dibutuhkan usaha dan ketelatenan untuk merawatnya. Selain memerlukan perawatan harian yang memadai dan makanan yang bergizi, love bird yang akan diikutkan perlombaan perlu diberikan persiapan khusus sebelum lomba.

Penasaran bagaimana cara merawat Love Bird menjelang kontes? Berikut tips perawatannya:

1. Berikan makanan biji-bijian

Source - pixabay
Source – pixabay

Menjelang pelaksanaan kontes, Anda perlu menyiapkan burung love bird yang akan diikutsertakan dalam perlombaan. Salah satu persiapannya adalah perihal makanan. Sekitar seminggu sebelum lomba, Anda sebaiknya memberikan banyak biji-bijian pada burung love bird Anda.

Biji-bijian seperti gabah beras merah dan biji kenari, terbukti bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan kesehatan burung serta membuatnya mampu ngekek lebih panjang. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan banyaknya kandungan zat gizi yang terkandung di dalam biji-bijian seperti karbohidrat, vitamin B, vitamin C, vitamin E serta berbagai zat gizi lainnya.

2. Jauhkan love bird dari burung lainnya

Seminggu sebelum perlombaan, Anda juga harus menjauhkan love bird Anda dari jangkauan burung sejenis. Hal ini dimaksudkan agar burung ia tidak mengalami over berahi karena melihat love bird lainnya. Burung yang over berahi sangat tidak baik untuk diikutkan kontes karena akan mendapatkan penilaian yang buruk.

3. Berikan makanan tambahan

Source - pixabay
Source – pixabay

Tiga hari menjelang perlombaan, Anda juga perlu memberikan makanan tambahan untuk love bird jagoan Anda. Makanan tambahan ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan membuatnya lebih gacor.

Beberapa makanan tambahan alami yang mudah Anda dapat di sekitar Anda antara lain jagung manis, biji bunga matahari, sawi dan wortel. Jagung manis dan biji bunga matahari bermanfaat untuk menjaga stamina dan meningkatkan kekuatan otot, sedangkan sawi dan wortel bermanfaat untuk membuat bulu love bird lebih berkilau dan tampak terawat.

4. Jangan jemur terlalu lama

Jika Anda terbiasa menjemur love bird di pagi hari untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar matahari, maka dua hari menjelang pelaksanaan lomba, Anda perlu mengurangi durasi penjemuran. Anda cukup menjemurnya selama sekitar 15 hingga 20 menit saja. Hal ini dapat mencegah terjadinya over berahi pada love bird jagoan Anda.

5. Berikan vitamin pada love bird

Source - probirdfood
Source – probirdfood

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memberikan vitamin pada love bird beberapa jam menjelang pelaksanaan kontes. Teteskan satu hingga dua tetes vitamin ke dalam minumannya.

6. Berikan cacahan sayur

Satu jam sebelum kontes dimulai, Anda perlu memberikan cacahan sayur seperti kangkung agar love bird Anda gacor sesuai harapan. Selain ngekek yang panjang, kemampuan love bird untuk gacor juga menjadi salah satu poin penting dalam penilaian lomba.

7. Saat tiba di Lokasi perlombaan jangan buka kerudung kandangnya

Source - tokopedia
Source – tokopedia

Saat tiba di lokasi lomba, sebaiknya Anda tidak membuka kerudung kandang burung. Hal ini bertujuan agar love bird jagoan Anda tidak “terkontaminasi” dengan love bird lainnya.

8. Saat selesai lomba, berikan vitamin lagi

Saat love bird Anda selesai diikutkan perlombaan, segera berikan vitamin. Jangan lupa, berikan makanan yang bergizi dan biji-bijian. Hal ini dimaksudkan agar love bird Anda siap kembali untuk diadu di kontes berikutnya.

Bagaimana, cukup mudah kan cara merawat love bird menjelang kontes? Semoga bermanfaat. Selamat menyiapkan love bird jagoan Anda.

Tinggalkan Komentar