Tips Memilih Indukan Kacer Betina Berkualitas Untuk Ternak

Burung kacer adalah salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara dan dilombakan oleh para pecinta burung kicauan. Sebab, burung Kacer ini memiliki kualitas dalam hal suara yang bisa gacor dan juga bervariasi.

Burung Kacer juga banyak sekali diternakkan oleh para pecinta burung kicauan. Sebab permintaan burung kacer juga cukup banyak di pasaran.

Ketika sedang dalam proses ternak burung Kacer, untuk hal yang paling diutamakan yaitu pada masalah indukannya. Karena, untuk anakan burung Kacer nanti pastinya akan menyesuaikan indukan Kacer jantan dan Kacer betina.

Apabila indukan Kacer berasal dari trah jawara, maka besar kemungkinan anakannya yang dihasilkan nantinya akan mewarisi kemampuan dan prestasi dari indukan tersebut.

Cara Memilih Indukan Burung Kacer Betina
burungmaster.com

Akan tetapi, jika untuk permasalahan dalam ternak burung Kacer, pada umumnya para peternak ini akan mencari indukan Kacer betina terlebih dahulu. Sebab, untuk Kacer betina ini memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan proses kawin atau ternak.

Bahkan, perlu anda ketahui jika indukan Kacer betina memiliki andil 70 sampai dengan 80 persen terhadap kualitas anakan Kacer yang berjenis kelamin jantan.

Oleh sebab itu, lebih baik Anda membeli indukan Kacer betina yang memiliki trah juara di penangkaran yang sudah terpercaya. Tak hanya itu, apabila anda ingin ternak Kacer berhasil dan juga cepat bertelur, maka anda harus bisa memilih indukan Kacer betina yang sudah jinak.

Hal ini perlu dilakukan sebab induk Kacer betina jinak dan juga tidak mudah stres atau terganggu selama dalam proses mengerami telur.

Jangan memilih indukan burung Kacer betina yang stress. Sebab, untuk burung Kacer betina yang stres sebab adanya gangguan suara bising atau gangguan lainnya tidak mau kembali ke sarang.

Burung Kacer yang berjenis kelamin betina yang sudah stres justru akan memecahkan telur dan juga akan membuang telurnya. Jadi, sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan indukan ternak burung Kacer.

Cara Memilih Indukan Burung Kacer Betina

Sebenarnya, anda bisa membedakan kelamin Kacer betina dari tiga unsur dasar. Antara lain yaitu pada warna bulu, bentuk dubur atau kloaka, dan juga untuk suara Kacer betina.

Cara memilih indukan burung Kacer betina sebaiknya anda pilih yang memiliki dada dan punggung berwarna abu-abu atau silver. Banyak orang yang sering menyebutnya bulu kera.

Sedangkan untuk bagian dubur atau kloaka Kacer yang berjenis kelamin betina lebih lebar dan juga terlihat lebih renggang. Burung Kacer yang berjenis kelamin betina akan jarang berkicau.

Namun, jika burung tersebut sedang berkicau, suara burung Kacer betina akan terdengar kurang fighter. Untuk mendapatkan anakan burung Kacer yang berkualitas, maka anda harus bisa memilih indukan burung kacer Betina.

Sedangkan untuk burung Kacer jantan, bebas anda pilih, yang penting bukan Kacer muda hutan. Sebab untuk Kacer muda hutan jantan pada umumnya masih giras dan belum jinak. Dengan demikian, proses kawin Kacer ini bisa membutuhkan waktu yang lama.

Akan tetapi, sebaiknya anda juga membeli indukan Kacer jantan yang bagus dari keturunan trah juara. Indukan Kacer jantan dan betina yang berkualitas, pastinya menghasilkan anakan Kacer yang juga berkualitas.

Syarat Usia Indukan Ternak Kacer

Indukan Ternak Kacer
diakui.com

Sebelum burung kacer diternakkan, sebaiknya anda juga harus memperhatikan usia indukan burung Kacer. Sebaiknya, induk Kacer jantan sudah berusia kurang lebih sekitar 2 tahun.

Kemudian untuk induk Kacer betina minimal 1 tahun.Walaupun demikian, yang paling diperhatikan dalam hal ternak yaitu burung Kacer jantan atau betina harus sudah jinak.

Tinggalkan Komentar