Tips Melatih dan Merawat Lovebird Balibu Agar Bermental Jawara

Lovebird adalah jenis burung kicauan cantik yang sampai sekarang ini semakin banyak penggemarnya. Banyak penggemar yang merawat dan memelihara lovebird sejak usia sangat muda.

Tujuan lain memelihara lovebird muda yaitu agar para pemilik atau perawat bisa ada aktu untuk memaster dan melatihnya. Dengan demikian di waktu yang akan datang lovebird anda bisa memiliki performa bagus di lapangan.

Merawat Lovebird Balibu
Merawat Lovebird Balibu

Memang memerlukan waktu cukup lama untuk membuat Lovebird balibu atau paud cepat fighter serta ngekek panjang di lapangan. Proses perawatan Lovebirdjuga tidak mudah.

Akan tetapi para pecinta burung kicauan khususnya lovebird harus jeli memilih bahan Lovebird yang mempunyai sifat fighter dan juga sifat latah.

Tak hanya itu saja, suara ngekek panjang juga menjadi salah satu faktor yang penting dalam penilaian lomba Lovebird.

Cara memilih Lovebird Balibu

Sebelum para pemelihara merawat Lovebird Balibu (Bayi Lima Bulan) lebih baik anda mengetahui terlebih dulu asal usul dari Lovebird tersebut.

Apakah Lovebird tersebut asalnya dari keturunan indukan Lovebird ngekek panjang, atau hanya keturunan dari indukan Lovebird biasa saja.

Jika sudah dipastikan lovebird balibu peliharaan Anda berasal dari indukan jawara, maka perawatan dapat anda lakukan dengan cara maksimal.

Cara Merawat Lovebird Balibu

Cara merawat lovebird balibu ternyata cukup sederhana, yaitu selama 2-3 minggu Lovebird dimasukkan pada kandang battery. Saat perawatan ini, Lovebird balibu diberi dua tangkringan yang masing-masing diberi pakan serta wadah air.

Pemberian dua tenggeran bertujuan di dalam melatih otot sayap dan juga otot dada. Dengan begitu penapasan Lovebird Paud akan menjadi panjang.

Tak hanya itu, pakan dan wadah air juga bermanfaat agar lovebird lebih aktif bergerak pada waktu meraihnya.

Pakan harian Lovebird Paud balibu ini cukup milet putih serta jagung muda. Kemudian, dalam beberapa hari sekali Lovebird tersebut bisa anda berikan pakan tambahan atau extra fooding (EF) berupa kangkung segar, kwaci 5-6 biji yang telah dikupas, dan egg food untudi dalam meningkatkan stamina.

Anda juga bisa memberi daun bayam, daun gingseng, daun binahong, serta pucuk daun mengkudu. Pemberian nya jangan terlalu sering, hanya beberapa kali saja berdasarkan kebutuhan Lovebird.

Mandikan dalam keramba atau bak mandi kecil dalam sangkar. Memandikan Lovebird balibu ini secara rutin akan menjadikan napas dan suaranya menjadi panjang.

Setelah mandi, cara merawat Lovebird balibu selanjutnya dijemur supaya lebih sehat dan akan membantunya menghilangkan kutu yang ada di bulu-bulu Lovebird. Penjemuran Lovebird Paud juga akan membuat lebih rajin berbunyi.

Cara Melatih Lovebird Balibu

Cara merawat lovebird balibu tadi dapat diselingi dengan latihan untuk meningkatkan mentalnya. Dalam melatih mental Lovebird balibu ini bisa dilakukan dengan menempatkan sangkarnya di keramaian.

Melatih Lovebird Balibu
Melatih Lovebird Balibu

Cara melatih Lovebird Paud bisa juga anda lakukan dengan masteran burung secara langsung. Yang dimaksud disini adalah Lovebird Paud didekatkan dengan burung yang sering berkicau ramai, antara lain yaitu burung Kenari, Cililin, Tengkek Buto, dan juga burung Pelatuk.

Lovebird Paud bisa anda baw ke area lomba dua minggu sekali untuk menaikkan mental tarungnya. Dengan membawa Lovebird Paud pada gantangan, dia bisa menjadi lebih boasa dan beradaptasi dengan suasana lomba.

Lovebird balibu ini sebaiknya jangan terlalu sering dipertemukan dengan Lovebird yang lain. Tujuannya supaya saat nanti bertemu pada koloni atau di lomba maka Lovebird akan bisa langsung membuka suaranya.

Tinggalkan Komentar