Species Burung Srigunting Yang Ada Di Indonesia

Banyak sekali burung kicauan yang ada di alam ini, salah satunya adalah burung srigunting. Burung srigunting meskipun dikenal sebagai jenis burung yang licik di dalam mencari pakan, akan memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menirukan suara kicauan dari jenis burung lain.

Species Burung Srigunting

Di negara Indonesia ini telah menjadi habitat dari belasan spesies burung srigunting, yang sebagian besar juga memiliki kelebihan yaitu fasih di dalam meniru suara kicauan burung lain.

Species Burung Srigunting
Species Burung Srigunting

Bahkan burung ini bisa menirukan burung predator dengan tujuan menakut nakuti burung lain yang sedang membawa makanan. Sebab burung yang membawa makanan tersebut akan menjatuhkan makanannya ketika mendengar suara tersebut.

Dan makanan yang dijatuhkan tadi akan diambil oleh burung srigunting. Berikut ini species burung srigunting yang ada di Indonesia.

Srigunting Sulawesi

Srigunting sulawesi termasuk species burung srigunting yang memiliki ukuran tubuh besar dengan panjang kurang lebih sekitar 28 cm.

Selain itu burung ini memiliki bulu yang berwarna hitam kebiruan. Spesies ini termasuk jenis burung endemik atau hanya diketahui memiliki penyebaran pada daerah pegunungan yang ada di Sulawesi saja.

Srigunting sulawesi bisa ditemukan dalam keadaan sendirian saja, berpasangan, maupun berkelompok dengan jenis burung yang lainnya. Terutama di hutan-hutan yang memiliki ketinggian 550 sampai dengan 1800 meter dari permukaan laut. Makanan utamanya dari species burung srigunting ini adalah berupa serangga.

Srigunting Lencana

Srigunting lencana termasuk jenis burung srigunting yang memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 27 cm. Pastinya dengan bentuk ekor yang bercabang dan terlihat melengkung.

Tubuhnya juga berwarna kehitaman, yang akan tampak mengkilap kebiruan apabila terkena cahaya. Pada bagian iris matanya berwarna merah terang. Jenis burung ini tersebar di daerah sekitar Papua dan sekitarnya, dan dijumpai pula di kawasan Australia.

Makanan pokok dari burung srigunting lencana yaitu berupa serangga serta binatang-binatang kecil. Burung ini juga sering bertengger pada cabang-cabang pohon yang ada di hutan, tepi hutan, kebun.

Habitatnya juga berada di kawasan terbuka guna memantau kemunculan serangga atau burung daerah kekuasaan lain yang tampak membawa serangga.

Srigunting Keladi

Species burung srigunting yang ada di Indonesia yaitu burung srigunting keladi. Jenis burung ini memiliki ukuran tubuh sedang yaitu dengan panjang kurang lebih sekitar 23 cm. Dengan bulu–bulu hitam berkilap kebiruan serta iris mata yang warnanya cokelat.

Jika dilihat sekilas mirip dengan burung srigunting hitam. Akan tetapi ukuran tubuh srigunting keladi ini tampak lebih kecil dengan ekor sedikit berbentuk seperti garpu. Habitat serta kebiasaannya juga lain dengan burung srigunting hitam.

Srigunting Kerdil

Srigiunting Kerdil
Srigiunting Kerdil

Species burung srigunting yang bernama srigunting kerdil punya ukuran tubuh paling kecil dari pada dengan spesies burung srigunting lainnya. Panjangnya kurang lebih sekitar 20 cm.

Spesies ini juga termasuk burung endemik di Papua. Tubuhnya beryang memiliki warna hitam mengkilap kebiruan menjadi ciri khasnya. Selain itu terdapat juga jambul pendek yang ada di tengkuk bagian atas. Dalam lipatan sayap dilengkapi dengan bercak putih yang lokasinya tersembunyi. Makanan utama dari burung ini berupa laba-laba.

Srigunting Jambul Rambut

Srigunting jambul rambut termasuk jenis burung srigunting di indonesia yang memiliki ukuran tubuh dengan cukup besar. Jenis burung ini cirinya dengan panjang sekitar 32 cm. Bagian bulu berwarna hitam mengkilap. Lalu untuk bagian ekornya panjang, terbelah tumpul dengan ujung bulu yang tertekuk keluar.

Dalam bermacam ras burung ini punya jambul yang berupa bulu-bulu yang seperti dengan rambut panjang yang ada di mahkotanya. Bagian iris mata berwarna merah atau berwarna putih.

Tinggalkan Komentar