Mengetahui Ciri Khas Lyrebirds dan Perilakunya di Alam Liar

Burung lyre / superb lyrebird (Menura novaehollandiae) merupakan salah satu burung endemik Australia. Ciri khas lyrebirds yaitu memiliki kemampuan luar biasa dalam meniru berbagai jenis suara burung. Bisa juga menirukan suara manusia, serta suara lingkungan yang ada di sekitarnya.

Burung ini mampu meniru suara dengan cara cepat dan juga pandai tersebut jarang ditemukan di burung jenis lainnya. Meskipun jenis burung lainnya juga memiliki kemampuan mimikri.

Burung lyre sejak jutaan tahun lalu memang sudah ada. Hal itu juga bisa diungkapkan dari penemuan fosil burung ini yang kira – kira sudah berusia 15 juta tahun.

Burung endemik ini dapat anda jumpai di hutan hujan di Victoria dan New South Wales. Ketika abad ke-19, burung lyre kabarnya pernah ditangkarkan di Tasmania.

Lyrebird juga termasuk salah satu burung peniru yang paling baik di dunia ini.

Untuk jenis burung ini punya kemampuan meniru beraneka macam suara burung lain dengan suara yang sangat sempurna.

Tak hanya itu saja, bahkan burung ini juga dikenal sangat pintar meniru suara gergaji mesin dan juga mobil ambulan.

Lebih mengejutkan ,burung ini juga bisa menirukan gonggongan anjing, bayi menangis, alat musik, atau suara ledakan bom.

Ciri khas lyrebird dengan suaranya yang unik ini bisa juga dimanfaatkannya untuk mencari pasangan.

Akan tetapi tidak seluruh burung Lyrebird dapat melakukan itu, karena hanya yang berjenis kelamin jantan. Untuk yang betina tidak begitu menyukai meniru suara-suara lain.

Ciri Khas Lyrebirds

Ciri Khas Lyrebirds
Ciri Khas Lyrebirds

Lyrebirds adalah jenis burung yang memiliki tubuh besar. Burung ini juga termasuk burung yang hidup tanah. Ciri khas lyrebirds ini memiliki kaki yang kuat dan juga memiliki kaki dan sayap pendek bulat.

Burung ini juga sering terlihat terbang menurun meluncur. Ada 2 species Lyrebirdyang memiliki tubuh dengan ukuran besar.

Untuk ciri khas lyrebirds yang betina yaitu ukuran tubuhnya 74-84 cm. Sedangkan untuk yang jantan ukurannya adalah 80-98 cm lebih besar .

Dengan ukuran yang besar, burung ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya.

Albert Lyrebird memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil yaitu maksimum 90 cm untuk yang jantan dan 84 cm untuk jenis burung yang betina.

Habitat dan Daerah Persebaran Lyrebird

Untuk jenis lyrebird ditemukan di daerah hutan hujan di Victoria, New South Wales dan Queensland tenggara. Selain itu bisa juga ditemukan di Tasmania di mana ia diperkenalkan pada abad ke-19.

Burung yang pandai merikukn berbagai macam suara ini nnbanyak sekali hidup di pegunungan Dandenong Taman Nasional dan Taman Nasional Kinglake.

Atau bisa juga ditemui di sekitar Melbourne, Royal National Park dan Illawarra wilayah selatan Sydney .

Terkadang juga berada di taman-taman lainnya di sepanjang pantai timur Australia dan juga semak belukar yang tidak dilindungi.

Perilaku Lyrebird

Perilaku Lyrebird
Perilaku Lyrebird

Lyrebirds termasuk jenis burung pemalu dan sulit untuk mendekati, khususnya Lyrebird Albert.

Pada saat dalam kondidi bahaya, mereka akan berhenti dan memindai lingkungan mereka, kemudian mereka akan memberikan panggilan alarm.

Setelah itu mereka juga akan lari sekitar dengan berjalan kaki, atau mencari penutup dan membekukan.

Makanan

Lyrebirds akan memangsa apa saja yang ada di tanah. Burung ini juga suka makan berbagai serangga, termasuk serangga seperti kecoa, kumbang (baik yang sudah dewasa dan larva), Earwigs, larva lalat, dan orang dewasa serta larva dari ngengat.

Selain itu juga suka makan lipan, laba-laba, cacing tanah.
Ciri khas lyrebird ini bisa dilihat saat menemukan makanan dengan menggaruk dengan kaki mereka melalui serasah daun.

Tinggalkan Komentar