Sisi Unik Burung Merpati yang Harus Anda Tahu

Fakta-fakta unik apa yang dimiliki burung merpati? Cari tahu selengkapnya di sini!

Apabila hendak memelihara burung, sang calon pemilik tentu sudah menentukan standarnya sendiri. Bagi sebagian orang, nilai jual burung merupakan yang utama. Bagi sebagian yang lain, keramahan burung untuk dijadikan teman juga tak kalah menarik. Sama juga halnya dengan yang mencari sisi elegan dan romantis dari suatu burung.

Umpamanya, ketika seseorang memutuskan untuk memelihara elang, jenis tersebut akan menambah kegagahan dan kepercayaan diri si pemilik. Jika memelihara burung lovebird, barangkali si pemilik ingin berteman dengan peliharannya yang terkenal setia.

Lalu, bagaimana dengan burung merpati? Apa saja sisi elegan dari seekor merpati?

Seperti yang kita tahu, merpati merupakan burung khas yang hidup sangat dekat dengan manusia. Karakter ini membuatnya jadi jenis burung yang ramah. Tidak terbatas di situ saja, tapi ternyata merpati juga punya sisi keren lainnya, atau bahkan heroik. Apa saja? Sila disimak lebih lanjut.

Navigator ulung

Source - pixabay
Source – pixabay

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merpati memilki kemampuan yang luar biasa dalam navigasi. Banyak penelitian menyebutkan, seekor burung merpati jika dilepas dari tempat yang jauh dengan mata tertutup, ia tidak akan kesulitan menemukan jalan pulang.

Kemampuan luar biasanya itu merupakan pemanfaatan posisi matahari, penciuman yang tajam, dan arah angin, untuk menemukan jalannya. Kemampuan inilah yang membuatnya berperan heroik seperti poin berikutnya.

Pahlawan perang

Ketika sarana komunikasi belum secanggih sekarang, para pemimpin perang di zaman dulu banyak menggunakan merpati sebagai kurir pengantar pesan.

Sejarah menuliskan, pada Perang Dunia I dan II, merpati digunakan sebagai pengirim kabar ketika jalur darat tidak aman atau terhalang musuh. Merpati juga digunakan dalam pemberitaan kabar jika kapal musuh akan menyerang.

Tidak heran pada tahun 2004, India mendirikan layanan pensiun bagi merpati-merpati pahlawan tersebut. Mereka disediakan fasilitas untuk menjalani sisa hidupnya dengan nyaman.

Merpati dan olahraga

Source - pixabay
Source – pixabay

Karena keterampilannya dalam mengirimkan pesan, pemerintahan Romawi juga melakukan hal yang sama pada olahraga. Kembali pada keterbatasan sarana komunikasi, burung-burung merpati kembali digunakan untuk menyiarkan hasil pertandingan di Olimpiade. Oleh karena itu, sampai sekarang pun ritual melepaskan merpati masih dipakai pada pembukaan Olimpiade.

Nilai bisnis yang tinggi

Dalam pasar, burung merpati telah memecahkan banyak rekor penjualan. Dilansir dari NationalPost, seorang pemilik asal Belgia berhasil menjual merpatinya yang bernama ‘Bolt’ kepada seorang pebisnis dari China. Harganya pun tak tanggung, yaitu pada angka $410,000.

Di luar itu, secara tidak langsung, merpati juga berpengaruh besar pada kekayaan yang didapat oleh keluarga Rothschild. Pada awal tahun 1800-an, mereka membangun beberapa kandang merpati di seluruh Eropa untuk membawa informasi dari tempat-tempat keuangan. Mengingat alat komunikasi masih terbatas, metode ini bisa dikatakan sangat efektif.

Merpati dalam agama

Source - pxabay
Source – pxabay

Sampai sekarang, banyak kelompok agama yang menganggap burung merpati ialah hewan yang perlu disayangi. Islam, Hindu, dan Sikhisme, memberi makan burung merpati untuk berbagai alasan. Dalam agama Kristen, merpati merupakan simbol kedamaian dan jiwa yang suci.

Berbagai pendapat mengatakan merpati membawa simbol kedamaian, kesucian jiwa, dan cinta. Oleh karena itu, tidak heran burung jenis ini disambut begitu hangat di tengah-tengah kita.

Itulah fakta-fakta unik yang barangkali bisa membuat Anda berpikir untuk memelihara merpati. Tidak hanya sebagai hewan peliharaan, atau ajang perlombaan, tetapi kehadiran burung merpati di tengah-tengah kita patut dihargai. Karena bagaimana pun, hewan juga makhluk hidup seperti kita, diciptakan oleh Tuhan, dan pantas mendapat perhatian dan kasih sayang penuh seperti kita manusia.

Tinggalkan Komentar