Rekomendasi Makanan Burung Merpati dan Perawatannya

Burung merpati atau yang sering dikenal dengan burung dara adalah salah satu hewan yang sangat ramah dan sudah dijadikan sebagai hewan peliharaan sejak lama. Selain itu, berbagai macam merpati juga mudah dilatih. Dapat melakukan berbagai tugas seperti menyampaikan pesan. Burung merpati adalah hewan yang sering hidup di dalam kelompok. Lalu seperti apa makanan burung merpati itu?

Jika membahas tentang makanan burung merpati, maka untuk pakan terbaik yang harus diketahui adalah jenis makanan merpati dan juga kandungan nutrisi yang baik bagi burung merpati itu.

Jenis burung merpati sendiri terbagi dalam tiga macam yaitu merpati pos, merpati hias, dan juga merpati konsumsi. Untuk memelihara burung merpati, yang harus diperhatikan adalah pakannya. Kita tidak boleh memberikan pakan sembarangan untuk burung yang dipelihara. Tujuannya agar menghindari merpati sakit.

Jenis Makanan Burung Merpati Terbaik

danstrefour.blogspot.com

Untuk pemberian pakan, kita juga sesuaikan dengan merpati yang dipelihara. Misalnya bila tertarik memelihara merpati konsumsi, maka bisa diberi pakan berupa pakan buatan seperti pelet atau biji-bijian.

Sedangkan jika anda memelihara merpati pos, jenis merpati ini umumnya dipelihara untuk diadu sampai di mana kemampuannya dalam terbang. Agar dapat memperoleh merpati pos yang mempunyai kemampuan terbang baik. Maka harus diberi pakan yang bergizi dan yang diperlukan untuk menunjang kemampuan terbang dari merpati itu.

Umumnya makanan yang sering diberikan untuk merpati pos yaitu berupa sayuran dan biji-bijian. Biji-bijian yang diberikan diantaranya gabah, jagung kuning, kacang panjang, beras, kacang hijau, kedelai dan juga kacang tanah.

Pemberian pakan caranya dengan biji-bijian diletakkan di dalam wadah pakan. Atau bisa juga ditaburkan di atas lantai yang bersih. Terkadang anda juga bisa memberinya kangkung, bayam, seledri, kubis, atau wortel dan juga selada yang sudah diiris dalam bentuk kecil-kecil.

Sayuran adalah berbagai macam variasi makanan yang baik. Ini dilakukan karena mengingat merpati pos tidak bisa dilepas bebas di luar kandang. Burung ini hanya akan dikeluarkan pada waktu waktu tertentu saja.

Disamping itu, burung merpati pos juga bisa diberi grit. Ini adalah campuran mineral yang sangat baik. Yaitu 40% hancuran dari kulit kerang, 10% pecahan arang kayu keras, 35% pecahan batu kapur atau granit .5% pecahan tepung kapur, 5% tepung tulang, 4% garam dan 1% venetian red. Bila semua bahan tersebut susah untuk didapatkan, maka bisa diganti menggunakan 95% hancuran kulit kerang.

Pakan Untuk Merpati Hias

jualbelimerpatihias.blogspot.com

Lain halnya bila anda memelihara burung merpati hias yang dinikmati keindahan warna dan juga bentuk tubuhnya karena jenis merpati yang langka. Ada berbagai macam jenis merpati hias yang sudah berhasil dipelihara dan dipentaskan.

Untuk pemberian pakan merpati hias, umumnya sama seperti merpati lain. Jenis merpati hias kebutuhan vitamin dan juga mineralnya benar-benar harus anda perhatikan. Supaya burung merpati selalu dalam kondisi yang sehat dan juga bulu-bulunya terlihat mengkilap dan baik.

Untuk pakan utama merpati hias dapat berupa taoge, jagung, kacang hijau, dan juga biji-bijian. Selain itu bisa juga diberikan pakan buatan berupa pur 521.

Agar dapat memenuhi kebutuhan mineral dan juga vitaminnya, maka bisa diberi vitamin dan juga mineral buatan. Bisa diberikan Kalk untuk sumber kalsium setengah tablet seminggu sekali.

Diberikan vitamin B12 dan B kompleks dengan cara disuntik di bagian dada dengan cara intramuskular. Dosis yang dipakai masing-masing 0,2 hingga 0,40 ml. Vitamin ini dapat diberikan bersama sama untuk masing-masing dosisnya 0,25 ml. Untuk vitamin C bisa diberikan satu tablet untuk setiap burung. Pemberian vitamin harus disesuaikan pada kondisi burung merpati.

Berbagai macam rekomendasi makanan burung merpati dan perawatannya tersebut bisa anda aplikasikan kepada burung merpati yang anda pilih. Baik itu burung merpati untuk konsumsi, burung merpati pos, atau burung merpati hias yang ingin anda nikmati keindahan warna dan juga bentuk tubuhnya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.