Perbedaan Burung Delimukan Jantan Dan Betina, Anda Wajib Tahu

Burung jantan juga betina dari delimukan ini memiliki ciri yang berbeda. Perbedaan burung delimukan jantan dan betina ini dapat dilihat dari beberapa hal berikut.

Sebelum itu, anda perlu tahu bahwa delimukan atau juga sering disebut dengan burung walik, punai tanah atau putri mandi dengan nama internasional emerland dove ini berkembang biak dengan cara bertelur.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Burung ini memiliki nama latin chalcopas indica. Uniknya burung ini selalu bertelur dua yang selalu menghasilkan peranakan jantan dan juga betina.

Sama persis dengan saudara dekatnya yaitu burung merpati dan juga burung delimukan ini masih tergolong ordo atau colombiformes famili atau genus chalcopaps.

Perbedaan Burung Delimukan Jantan Dan Betina, Anda Wajib Tahu
olx.co.id

Perbedaan Burung Delimukan Jantan Dan Betina

Bagi anda yang masih bingung membedakan antara delimukan jantan dan juga betina, tentu anda harus mengetahui cara membedakannya. Berikut ini merupakan perbedaan burung delimukan jantan dan betina jika dilihat dari fisik mereka.

Dilihat Pada Bagian Sayap

Bagian dari bulu sayap burung delimukan jantan memiliki jumlah bulu yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah bulu sayap yang dimiliki oleh burung delimukan betina.

Akan tetapi, burung jantan memiliki warna bulu yang jauh lebih cerah jika dibandingkan warna bulu pada burung delimukan betina.

Dilihat Pada Bagian Mata

Burung delimukan jantan cenderung memiliki bentuk bola mata yang lebih besar. Tak hanya itu, sorot mata burung jantan juga lebih tajam.

Sedangkan untuk burung delimukan betina, bentuk bola mata cenderung lebih kecil dengan sorot mata yang sayu.

Dilihat Dari Bentuk Tulang Supit Udang

Burung delimukan jantan pada bagian tulang supit udangnya ketika diraba akan terasa rapat dan juga lebih keras.

Sedangkan untuk burung delimukan betina ketika diraba akan terasa lebih renggang, lebar, dan juga lebih lunak.

Dilihat Pada Bagian Leher

Burung delimukan jantan mempunyai bentuk leher yang terlihat lebih besar serta terdapat pola pada bagian warna bulu yang bintik-bintik. Pada bagian lehernya tergolong lebih cerah dan juga banyak.

Sedangkan untuk burung delimukan betina mempunyai bentuk leher yang cenderung terlihat lebih kecil dengan warna bulu bintiknya lebih sedikit dan juga berwarna lebih kusam.

Dilihat Pada Bagian Dada

Bentuk dada yang dimiliki burung jantan terlihat lebih lebar jika dibandingkan dengan bentuk dada yang dimiliki oleh burung betina. Yang mana bentuk dada yang dimiliki oleh burung betina memiliki ukuran yang lebih kecil.

Dilihat Dari Postur Tubuh

Dalam hal ini, tentunya akan sangat mudah jika membedakannya pada saat burung masih berusia anakan.

Yang mana burung delimukan jantan mempunyai postur tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan dengan burung delimukan betina.

Bagian dari bulu tubuh betina tentu juga lebih banyak dan memiliki warna bulu yang agak kekuningan.

Pada saat dipegang, bagian tubuh burung jantan akan terasa lebih berat jika dibandingkan dengan yang betina.

Dilihat Pada Bagian Kepala

Pada saat diperhatikan bagian tubuh dari burung pada bagian kepala terutama burung delimukan jantan akan terlihat jauh lebih cerah jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh burung delimukan betina.

Burung jantan mempunyai bentuk kepala yang cenderung lebih benjol jika dibandingkan dengan betina yang memiliki bentuk kepala lebih bulat.

Dilihat Dari Bagian Anus dan Kloaka

Perbedaan burung delimukan jantan dan betina yang terakhir dapat dilihat dari bagian anus dan juga kloaka yang dimiliki.

Burung jantan memiliki anus yang akan terasa lebih menonjol ketika dipegang. Sedangkan untuk betina ketika di pegang akan terasa lebih rata atau melebar.