Penyebab Burung sering Mengangkat Kaki dan Cara Mengatasinya

Untuk anda semua yang memelihara burung kicauan, sebaiknya anda mengetahui perilaku dan kondisi pada burung yang anda pelihara tersebut.

Dengan melighat cara bertengger burung ternyata dapat dijadikan sebagai cara untuk mengamati apakan burung tersebut sedang sakit atau sehat. Bahkan, burung yangmengangkat kaki pun juga dapat dijadikan sebagai panduan dalam mengetahui kondisi burung.

Perlu anda ketahui, jika burung yang kerap terlihat mengangkat kakinya ini termasuk sebuah pertanda jika burung tersebut sedang mengalami masalah dengan kesehatannya.

Baik itu permasalahan yang disebabkan karena kakinya terluka maupun karena infeksi karena penyakit tertentu. Yang pasti, burung yang gemar mengangkat sebelah kakinya tidaklah burung yang melakukan atraksi, akan tetapi burung yang sedang merasa kesakitan.

Penyebab Burung Sering Mengangkat Kaki

youtube.com

Sebagai pemelihara burung, sebaiknya anda bisa tanggap dengan perilaku yang kerap dilakukan burung kesayangan anda. Apabila burung anda tidak pernah bertengger menggunakan satu kaki, selanjutnya tiba-tiba dia bertengger dengan menggunakan satu kaki, bisa diartikan jika ada masalah pada burung anda.

Jadi, sebisa mungkin ketahuilah penyebab burung sering mengangkat kaki. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda bisa lebih mudah di dalam mengatasinya.

Kaki Burung Terluka

Jika bagian kaki seekor burungterdapat luka, hal yang daat dilakukan yaitu hanya mengangkat kaki. Maka dari itu, apabila burung anda kerap mengangkat kaki, coba perhatikan pada bagian kakinya.

Ketahuilah apakah dia sedang terluka atau ada hal lain yang menjadikannya mengangkat kaki.

Jika penyebab burung sering mengangkat kaki itu karena kaki burung sedang terluka, maka cara mengatasinya yaitu dengan cara mengoleskan cairan antiseptik pada sekitar luka. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Da sesudah itu, anda bisa memberikan pakan yang bergizi serta multivitamin di dalam mendukung proses penyembuhan.

Kaki Burung Bengkak Karena Penyakit

muraibatu.link

Perlu anda ketahui, jika burung peliharaan anda yang kerap mengangkat kaki ini juga bisa diakibatkan oleh suatu penyakit. Penyakit itu biasanya yaitu berupa penyakit bengkak bubulan atau bumble foot.

Apabila burung anda terkena penyakit ini, maka dapat dipastikan kakinya akan membengkak maupun terlihat seperti halnya berkerak.

Penyakit bumble foot ini juga dapat menyerang semua jenis burung. Diantaranya seperti Murai Batu, Kacer, Lovebird, sampai dengan burung Kenari. Akan tetapi, dari seluruh jenis burung tersebut yang paling sering terkena penyakit bubul yaitu burung Kenari.

Kaki Bengkak Karena Gigitan Nyamuk

Meskipun ukurannya mungil, ternyata gigitan nyamuk tersebut dapat menjadikan kaki burung menjadi bengkak. Bahkan, nyamuk juga bisa menyebarkan aneka ragam bibit penyakit. Misalnya saja seperti virus, bakteri, jamur dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya sebaiknya anda kerodong pada saat istirahat, khusunya saat malam hari. Akan tetapi, apabila kaki burung telah terlanjur tergigit nyamuk, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di bagian kaki yang bengkak.

Pembuluh Darah Bengkak

Penyebab burung sering mengangkat kaki selanjutnya yaitu pembuluh darah bengkak. Pembuluh darah yang bengkak dapat diketahui dari urat-urat kaki yang tampak menonjol keluar.

Ada yang mengatakan jika pembengkakan yang terjadi pada kaki burung disebabkan oleh terbenturnya kaki burung. Dengan demikian bisa menjadikan ligamen tertekan serta pembuluh darah menjadi tersumbat.

Untuk mengatasinya sebaiknya burung pindahkan ke sangkar karantina, selanjutnya letakkan handuk lembut di bagian dasar sangkar. Kemudian anda bisa oleskan obat ke bagian kaki burung yang bengkak.

Dengan diberikan obat tersebut, maka rasa sakit pada kaki burung yang bengkak bisa berkurang. Dengan demikian, burung peliharaan anda tidak mengangkat kaki lagi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar