Mengetahui Tips Melatih Burung Trucukan Agar Menggaruda

Burung trucukan adalah salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia ini. Sebab harga dari burung trucukan yang dinilai murah, burung ini sering dipandang sebelah mata oleh para penggemar burung kicauan.

Akan tetapi, dibalik semua itu, burung trucukan ini ternyata juga bisa mempunyai suara kicauan yang lumayan bagus untuk jenis burung yang harganya murah. Terlebih lagi jika burung trucukan yang anda pelihara sudah menggaruda atau mengepakkan sayapnya sambil berkicau. Ini pastinya akan sangat membanggakan untuk orang yang memeliharanya.

Melatih Burung Trucukan Agar Menggaruda

Melatih Burung Trucukan Agar Menggaruda
suaraburungs.com

Menggaruda adalah suatu bahasa yang digunakan untuk burung trucukan yang ingin membuka sayap. Sebab burung tersebut mau menunjukkan daerah teritorinya atau kekuasaannya.

Terlebih lagi, apabila aktivitas itu disertai dengan kicauan dan juga dengan cara yang berulang-ulang. Menurut para pecinta trucukan yang sudah berpengalaman, hal itu hanya terjadi pada burung yang sudah jinak dan juga mempunyai mental yang dikatakan cukup baik.

Kemudian untuk burung trucukan yang masih bakalan atau liar, maka akan sangat jarang melakukan aktivitas menggaruda seperti itu.

Unttuk memperolah burung peliharaan anda supaya menggaruda, berikut ini beberapa tips dalam melatih burung trucukan agar menggaruda, antara lain :

Menempelkan Dengan Burung Lain

Untuk melatih burung trucukan agar menggaruda, sebaiknya anda harus sering menempelkan sangkar yang berisi burung lain pada sangkar burung trucukan dalam waktu beberapa menit.

Setelah itu, anda bisa menjauhkannya lagi selama beberapa menit dan ditempelkan lagi. Anda bisa melakukan hal seperti ini secara rutin. Tujuannya yaitu agar bisa memperoleh hasil yang maksimal. Ini semua dilakukan untuk melatih mental burung trucukan supaya cepat menggaruda.

Memancing Dengan Menggunakan Burung Liar

Burung Trucukan Menggaruda
surakartautara.blogspot.com

Memancing trucukan dengan memanfaatkan jenis burung liar ini memang diyakini bisa membuatnya cepat untuk menggaruda. Hal ini dilakukan supaya burung trucukan bisa menunjukkan daerah kekuasaannya. Diantaranya dengan sering anda jemur di bawah serta anda bisa menebar beberapa milet. Terlebih lagi jika ada burung lain datang seperti burung gereja.

Dengan demikian, burung trucukan yang anda pelihara akan menunjukkan daerah kekuasaannya dengan cara mengepakkan sayap dan juga akan berkicau.

Melakukan Perawatan dengan Teratur dan Sabar

Untuk melatih burung trucukan agar menggaruda anda harus membuat burung trucukan nyaman dengan anda serta lingkungan. Kemudian, diusahakan anda harus melakukan interaksi setiap hari.

Anda bisa mengganti air minum setiap harinya, bisa juga memandikan, atau bisa juga anda memberi ekstra food dan menjemur serta menggantang trucukan di dekat pintu masuk. Jika sudah saatnya, maka burung trucukan anda akan menggaruda, dengan ditandai jika ada orang lewat maka ia akan segera membuka sayap.

Agar bisa memperoleh hasil yang maksimal di dalam melatih burung trucukan agar menggaruda, maka anda bisa melakukan beberapa cara di atas secara bersamaan. Bisa juga dikombinasikan dengan cara bergantian atau dengan cara telaten dan juga rutin.

Jika burung trucukan yang anda pelihara sudah mulai menggaruda, pastinya jika dijual harganya akan jauh lebih tinggi dari pada dengan harga burung trucukan yang standar.

Dalam melatih burung trucukan agar menggaruda ini memang tidak bisa dilakukan secara instan, akan tetapi bisa dilakukan dengan bertahap. Jadi anda harus sabar dan telaten dalam memelihara dan merawat burung trucukan anda sampai mau menggaruda.

Tinggalkan Komentar