Mengetahui Ragam Manfaat Cacing Tanah Untuk Burung Kenari

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang perawatannya ada kemudahan ada juga kesulitannya. Sudah banyak diketahui, memang hal ini disebabkan karena kenari memiliki beragam jenis. Selanjutnya untuk masing-masing mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Terlebih lagi untuk burung kenari jenis impor seperti halnya burung kenari yorkshire yang pastinya perawatannya lebih sulit dari pada dengan perawatan burung kenari lokal.

Sebab, tak hanya harus menyesuaikan kondisi cuaca yang ada di negeri ini, selain itu di dalam hal pemilihan pakan untuk burung kenari juga harus benar-benar dilakukan dengan baik dan tepat.

Tersedia banyak sekali jenis pakan favorit yang sangat disukai oleh burung kenari. Diantaranya mulai dari canary seed, biji niger, biji fumayin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tersedia salah satu pakan jenis hewani yang juga membawa banyak sekali manfaat faedah yang dinilai baik untuk dijadikan sebagai pakan ramuan burung kenari, yakni cacing tanah. Manfaat cacing tanah untuk burung kenari ternyata cukup banyak.

Kandungan protein yang ada pada cacing dari hasil penelitian menunjukkan cacing tanah memiliki kandungan protein cukup tinggi. Diantaranya sekitar 72%, yang juga merupakan protein murni yang mempunyai kandungan arginin sekitar 10,7%. Selain itu cacing tanah juga memiliki kandungan tryptophan sebesar 4,4% tyrosin, 2,25%.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Burung Kenari

ocehan-kenari.blogspot.com

Menurut sebagian besar orang, cacing merupakan binatang yang dinilai sangat menjijikkan. Akan tetapi perlu untuk anda ketahui, jika sekarang ini banyak pula yang menggunakan cacing untuk dijadikan sebagai obat penyakit types.

Untuk pengobatan tersebut seseorang tidak harus memakan cacing, namun juga ada beberapa cara yang lebih spesifik di dalam pengolahan cacing tanah tersebut.

Sedang untuk burung kenari ini, cacing tanah juga bisa segera diberikan tanpa ada pengolahan. Manfaat cacing tanah untuk burung kenari memang cukup banyak jika anda memberikannya dengan baik dan benar.

Manfaat cacing tanah untuk burung kenari yang pertama yaitu merupkan pakan yang dinilai sangat bagus untuk kesehatan indukan betina yang baru menetas dan yang membesarkan anakannya.

Selain itu, cacing tanah juga bisa menjadikan stamina burung menjadi lebih fit serta supaya bisa lebih tampil prima. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak sekali yang memberikan cacing untuk jenis burung kontes.

Manfaat cacing tanah untuk burung kenari juga bisa untuk memancing atau memicu suara burung menjadi lebih jernih dan juga terdengar lebih bagus.

Cara Memberikan Cacing tanah Untuk Burung Kenari

burungchampion.blogspot.com

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari pemberian cacing tanah tersebut, maka anda harus tahu cara memberikan cacing yang tepat pada burung kenari peliharaan anda.

Untukcara pemberiannya sebaiknya juga disesuaikan dengan manfaat di atas, berikut selengkapnya:

Untuk Kenari Betina

Untuk burung kenari indukan betina dalam pemberiannya anda bisa melakukan dengan cara menjemurnya terlebih dahulu hingga cacing tersebut benar-benar kering. Selanjutnya bisa dilembutkan atau dijadikan tepung.

Setelah itu anda bisa campur bubuk cacing tersebut dengan tepung roti ataupun dengan tepung jagung.

Setelah itu, tambahkan sedikit air dan aduk sampai benar-benar merata. Sampai bisa terlihat seperti lumatan atau bubur yang bisa anda berikan pada kenari yang anda pelihara.

Untuk Burung Kenari Kontes

Supaya suara kenari bisa menjadi bening, anda dapat memberikannya dengan cara dijemur hingga kering, lembutkan.

Setelah itu anda bisa campurkan dengan pakan yang berupa biji-bijian. Selanjutnya tambahkan madu dan kuning telur, ini akan menjadi ramuan yang juga dinilai begitu ampuh untuk burung kenari kontes.

Tinggalkan Komentar