Mengetahui Populasi dan Ciri Khas Burung Celepuk Biak

Burung celepuk biak termasuk salah satu jenis burung pemangsa seperti halnya burung jenis elang dan juga burung jenis alap-alap. Ciri khas burung celepuk biak ini yaitu memiliki ukuran tubuh yang sedang.

Walaupun sebagian besar orang menyebutkan burung ini dengan sebutan burung hantu yang mendasar pada perilakunya seperti serak jawa atau serah hitam, akan tetapi sebenarnya burung celepuk  ini berbeda.

Entah itu dari keluarga ataupun genusnya. Burung celepuk biak yang memiliki nama ilmiah Otus beccarii atau Biak Island Scops Owl apabila dalam bahasa inggrisnya terdapat di keluarga Strigidae dan Genus Otus. Kemudian untuk burung serak berada di keluarga Tytonidae serta genus Tyto.

Habitat Burung Celepuk Biak

Celepuk biak adalah salah satu jenis burung endemik indonesia yang berada di pulau biak yang berada barat laut Papua atau dulu yang dikenal dengan Irian Jaya. Jenis burung ini populasinya juga tergolong rentan. Tak hanya itu saja, burung ini juga terancam punah sebab jangkauannya yang sangat kecil.

Rentannya burung ini juga dipengaruhi oleh perusakan habitatnya yang terus digusur oleh keberadaan manusia. Antara lain seperti pembukaan lahan maupun karena faktor lainnya.

Secara umum, mereka juga terbiasa menempati daerah dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1000 kaki (300 m). Selain itu juga ada di hutan rawa pesisir yang dibatasi oleh tebing batu kapur yang berhutan lebat

Ciri Khas Burung Celepuk Biak

Ciri Khas Burung Celepuk Biak
sakadoci.com

Ciri khas burung celepuk biak ini yaitu tubuhnya berukuran sedang dengan ukuran tubuh sekitar 20 sampai dengan 25 cm. Selanjutnya ciri khas burung celepuk biak yaitu pada bagian tubuhnya yang berwarna coklat, dengan bercas telinga yang pendek.

Muka dan alis mata putih yang tampak pucat juga menjadi ciri khas burung celepuk biak ini. Selain itu, untuk tubuh pada bagian atas bercoret coklat yang lebat dengan bercak putih yang ada pada skapular.

Ciri khas burung celepuk putih dengan tubuh bagian bawah coklat atau merah-karat, ini dimungkingkan sebagai bentuk dimorfisme dari jenis kelamin.

Daerah Persebaran Burung Celepuk Biak

Perlu anda tahu, jika burung celepuk biak ini termasuk jenis burung endemik dari pulau Biak di Teluk Geelvink, Papua Barat. Habitat utama mereka yaitu hutan, termasuk hutan dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1.000 kaki (300 m). Selain itu, hutan rawa pesisir yang telah dibatasi oleh tebing batu kapur yang juga berhutan lebat.

Tempat Hidup dan Kebiasaan

Burung celepuk biak ini biasa menghuni hutan, diantaranya seperti hutan tebang pilih, sampai ketinggian 300 m. Biasanya burung ini juga sering dijumpai di hutan-rawa dekat pesisir yang terlindungi oleh tebing karst. Makanan yang sering dimakannya dalam sehari-hari yaitu terdiri dari vertebrata kecil atau serangga

Populasi Burung Celepuk Biak

Populasi Burung Celepuk Biak
jenisburung.co

Memang belum cukup banyak informasi yang diketahui dari spesies burung hantu yang satu ini. Telah diperkirakan apabila jenis burung ini mempunyai kebiasaan yang tidak jauh berbeda dengan jenis celepuk yang lain.

Diantaranya yaitu burung ini termasuk jenis burung yang aktif di malam hari untuk mencari makan seperti jenis burung hantu yang lainnya. Makanan utama celepuk biak adalah serangga dan binatang-binatang kecil lainnya.

Pernah dilakukan survey pada saat tahun 1973, yang mana dalam survey tersebut hanya menemukan sepasang celepuk biak yang ada di habitatnya. Sesudah itu, 3 survey yang selanjutnya dilakukan selama tahun 1990-an tidak ada lagi yang berhasil ditemukan.

Tinggalkan Komentar