Mengetahui Perilaku Burung Hoatzin Pada Saat Di Habitatnya

Sudah kita ketahui sebelumnya jika burung Hoatzin adalah jenis burung unik yang suka makan daun-daunan. Burung Hoatzin juga termasuk jenis burung yang berukuran agak besar dengan warna coklat.

Burung Hoatzin ini populasinya tidak hanya dapat ditemukan di Guyana saja, akan tetapi burung unik pemakan daun ini juga bisa dijumpai di negara-negara yang telah dilintasi oleh sungai Amazon.

Daerah persebaran burung ini yaitu berada di Brazil, Venezuela, Colombia, Peru dan juga bisa dijumpai di Ekuador. Burung pemakan daun ini hidup berkelompok, dan pada umumnya kebiasaannya yaitu suka bertengger di atas cabang pohon di tepi rawa atau sungai.

Hoatzin kebiasaan hidupnya sehari-hari yaitu makan daun, buah dan bunga dari tanaman yang tumbuh di habitat. Seperti halnya di rawa dan juga yang ada di sungai tempat tinggalnya.

Perilaku Burung Hoatzin

Mengetahui Perilaku Burung Hoatzin Pada Saat Di Habitatnya
flickr.com

Burung Hoatzin yang suka makan daun ini diketahui memiliki perilaku yang cukup unik. Diantaranya yaitu burung ini kerap berjalan kikuk di antara cabang-cabang.

Selain itu, burung ini juga dinilai cukup jinak. Akan tetapi, jenis burung ini juga mudah menjadi stres dengan kunjungan yang terlalu sering.

Perilaku burung Hoatzin yang selanjutnya yaitu burung ini akan sering menggunakan benjolan yang di bagian bawah tanaman. Tujuannya untuk membantu keseimbangan diri pada cabang-cabang yang dilewatinya.

Bahkan juga pernah diduga, jika untuk spesies hanya dapat makan daun arums dan juga mangrove. Akan tetapi untuk spesies ini sekarang dikenal untuk mengkonsumsi daun lebih dari lima puluh spesies.

Baahkan dari penelitian yang dilakukan di Venezuela menemukan jika makanan dari burung Hoatzins adalah daun sebanyak 82%, bunga sebanyak 10% dan aneka ragam buah sebanyak 8%. Perilaku burung Hoatzin ini memaang lain halnya dengan jenis burung yang lainnya.

Salah satu dari berbagai macam keunikan yang dimiliki oleh spesies ini adalah bahwa ia memiliki sistem pencernaan yang unik di antara burung yang lainnya.

Hoatzins juga memakai bakteri fermentasi yang ada di bagian depan usus untuk memecah bahan nabati yang mereka konsumsi, ssama seperti sapi dan lainnya ruminansia.

Lain halnya dengan ruminansia, yang mempunyai rumen, perut khusus untuk fermentasi bakteri, pada burung hoatzin fermentasi tanaman pada pembesaran kerongkongan.

Konsumsi makan berbagai macam tanaman dari hoatzin itu juga begitu besar untuk menggantikan energi yang dikeluarkan pada saat terbang.

Sebab, untuk senyawa aromatik yang ada pada daun yang mereka konsumsi dan fermentasi bakteri, burung ini mempunyai bau kotoran yang tidak sedap.

Perkembangbiakan Hoatzin

Perkembangbiakan Hoatzin
antpitta.com

Hoatzins diketahui berkembang biak selama pada saat musim hujan, waktu yang tepat dan juga bervariasi. Perilaku burung Hoatzins juga suka berteman dan bersarang di koloni kecil.

Setelah itu burung ini akan meletakkan 2-3 telur di sarang, menggantung pada pohon di atas air pada daat musim hutan banjir. Anakan burung selanjutnya akan diberi makan pada makanan fermentasi muntahan.

Anak burung juga mempunayai fitur lain yang aneh, kemudian juga mempunayai dua cakar yang ada pada setiap sayap. Segera sesudah telurnya menetas, mereka bisa memakai cakar, dan juga kaki besar mereka, untuk memanjat pada sekitar cabang-cabang pohon tanpa harus jatuh ke dalam air.

Pada saat predator seperti halnya burung Elang Hitam Besar menyerang sarang koloni Hoatzin, maka burung dewasa terbang ribut berteriak-teriak. Hal tersebut bertujuan untuk mengalihkan perhatian hewan predator.

Kemudian untuk anak burung menjauh dari sarang lalu bersembunyi di antara semak-semak. Apabila ditemukan, mereka juga mempunayai cara lain yang menakjubkan.

Tinggalkan Komentar