Mengetahui Metode Paling Efektif Mengganti Sangkar Burung

Proses pemindahan burung dari satu sangkar ke sangkar yang lainnya merupakan salah satu aktivitas yang tidak dapat dihindari oleh para pecinta burung kicauan. Terkadang, Anda semua yang memilihara burung kicauan merasa perlu mengganti sangar burung dengan sangkar lain yang lebih baru atau yang yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena alasan-alasan tertentu. Entah itu disebabkan karena sudah jelek atau kurang besar. Dalam hal tersebut ada metode paling efektif mengganti sangkar burung.

flickr.com

Proses penggantian sangkar burung kicauan juga kerap terjadi karena alasan saat mengikuti acara lomba. Untuk jenis burung-burung lomba, dalam kesehariannya pada umumnya memakai sangkar harian. Akan tetapi menjelang lomba, burung merasa perlu untuk diganti sangkar dengan sangkar lomba yang pastinya dinilai lebih bagus.

Di dalam acara lomba-lomba besar , pastinya proses penggantian sangkar ini menjadi sebuah keharusan. Karena, kualitas sangkar lomba di arena lomba yang terkadang justru menjadi gengsi tersendiri. Oleh sebab itu, penggantian sangkar pada burung dari sangkar harian ke sangkar lomba menjadi hal yang harus untuk dilakukan.

Teknik Pemindahan Sangkar Yang Salah

Untuk sebagian orang dari Anda, mereka tidak terlalu memperhatikan metode paling efektif mengganti sangkar burung seperti ini. Dengan demikian, setiap kali melakukan ini, burung justru bisa menjadi macet atau tidak mau berkicau gacor lagi.

Sebagian besar para pecinta burung kicau terkadang ada yang langsung memindahkan burung dengan cara menangkap dan memegangnya. Akan tetapi, sebelumnya burung tersebut disemprot terlebih dahulu agar burung tidak terlalu banyak bergerak yang mana justru akan menguras tenaga.

Masih ada kesalahan teknik yang dilakukan, sebagian dari pemelihara burung kicauan juga ada yang langsung menangkapnya secara langsung. Baru setelah itu memasukkannya ke dalam sangkar yang baru.

Untuk cara ini pastinya memiliki resiko. Sebab, dapat menjadikan burung tersebut menjadi stres. Terlebih lagi apabila burung yang anda pindahkan tersebut memiliki mental yang kurang bagus. Yang mana pastinya ini akan menjadi malasah yang serius. Burung ini dapat berhari-hari tidak mengeluarkan suaranya, bahkan juga dapat seminggu lebih.

Akan tetapi, untuk jenis burung lomba tertentu misalnya seperti kenari. Terlebih lagi burung-burung tersebut telah terbiasa. Dan ini mungkin bukan termasuk masalah serius. Akan tetapi, untuk jenis burung-burung yang sensitif seperti Cendet, untuk cara pemindahan burung dengan cara seperti ini dinilai cukup berbahaya sekali. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana metode paling efektif mengganti sangkar burung yang baik supaya burung tidak terlalu stres.

Metode Paling Efektif Mengganti Sangkar Burung

ysalma.com

Cara mengganti sangkar yang tidak baik memang menimbulkan dampak psikologis tersendiri bagi burung. Akan tetapi dengan cara yang baik, paling tidak anda semua sudah berusaha meminimalkan dampak negatif tersebut. Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara yang paling efektif untuk memindahkan yang baik dan benar.

Pertama kali anda semua perlu siapkan sangkar baru, selanjutnya letakkan berdampingan dengan sangkar lama pada burung tersebut berada. Setelah itu, pertemukan pintu sangkar baru dengan pintu sangkar lama. Dengan demikian, posisi pintu saling berhadapan, selanjutnya anda bisa buka secara bersamaan.

Setelah itu, pastikan juga kedua pintu dalam posisi sama-sama terbuka untuk dijadikan jalan perpindahnya untuk burung nanti. Setelah itu aturlah supaya burung tersebut bisa pindah. Entah itu dengan cara menakut-nakuti namun jangan sampai berlebihan, atau dengan mengumpannya dengan menggunakan jangkrik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Metode paling efektif mengganti sangkar burung setelah burung mau pindah, tutuplah pintu. Setelah itu letakkan di depan rumah agar burung merasa rifresh dengan kondisi barunya itu.

Tinggalkan Komentar