Mengetahui Lebih Jelas Tanda Tanda Katarak Pada Burung

Memelihara berbagai macam jenis burung kicauan saat ini menjadi salah satu hobi yang sedang trend dilakukan di masyarakat. Untuk proses memelihara burung ini pastinya ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam menghindarkan burung dari aneka ragan permasalahan kesehatan yang bisa memberikan dampak yang buruk.

arenahewan.com

Salah satu permasalahan kesehatan yang bisa mengancam burung ini diantaranya yaitu kondisi katarak. Keadaan buruk yang mengalami penyakit katarak di bagian mata yang bisa diketahui yaitu dengan melalui beberapa gejala yang muncul.

Mengenal Penyakit Katarak Pada Burung

Sebelum anda semuanya mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana tanda tanda katarak pada burung terlebih dahulu anda ketahui apa itu penyakit katarak pada burung dan penyebab terjadinya kondisi tersebut.

Katarak ternyata merupakan sebagai gangguan yang terjadi pada mata yang diakibatkan adanya peningkatan lapisan kabut atau pengeruhan yang ada pada lensa mata burung. Kondisi katarak pada burung inibisa terjadi lebih tinggi pada burung dengan warna yang cerah dari pada dengan jenis burung yang berwarna gelap.

Tanda Tanda Katarak Pada Burung

Keadaan penyakit katarak pada burung ini termasuk masalah kesehatan yang bisa menimbulkan keadaan berbahaya. Dengan demikian harus dicegah serta harus segera diatasi sebelum semakin parah.

burungmasbejo.blogspot.com

Supaya bisa mengatasi kondisi katarak pada burung dengan benar maka para pemilik burung harus segera mengetahui adanya katarak pada burung tersebut lewat gejala yang ada. Berikut ini gejala atau tanda tanda katarak pada burung yang perlu dipahami setiap pemilik burung peliharaan.

1. Adanya bintik Putih pada Mata

Hal pertama yang bisa dijadikan sebagai tanda katarak pada burung yaitu adanya bintik putih di daerah mata burung. Keadaan bintih putih bening ini termasuk awal dari kondisi peningkatan lapisan kabut atau pengeruhan lensa mata burung yang nantinya akan menjadi semakin membesar.

2. Penglihatan Burung Terganggu

Burung yang mengalami katarak pastinya akan mengalami kondisi penglihatan yang terganggu. Keadaan seperti terganggunya penglihatan ini bisa disebabkan oleh adanya selaput putih yang menutupi mata. Burung yang kehilangan penglihatannya juga bisa terlihat melalui perilakunya yanganeh dan tak seperti biasanya.

3. Perilaku Burung yang Berubah

Tanda tanda katarak pada burung yang lain yaitu kondisi perlikau burung yang berubah. Bentuk perilaku burung yang berubah ini pada umumnya akan terlihat dari kebiasaan burung. Yang sebelumnya lincah justru berubah menjadi lebih pemurung dan juga tidak mau beraktivitas atau berinteraksi terutama pada manusia yang ada disekitarnya.

4. Sering Menutup Mata

Burung yang saat itu sedang mengalami kondisi katarak juga bisa ditunjukan melalui kondisinya yang sering menutup mata lebih lama dari pada yang biasanya. Keadaan burung seperti halnya menutup mata lama tersebut juga bisa didukung dengan keadaannya yang lemas dan juga bisa malas untuk beraktivitas.

5. Memegang Daerah Mata

Tanda tanda katarak pada burung yang bisa anda ketahui selanjutnya yaitu dilihat dari aktivitasnya yang sering memegang atau mengaruk daerah mata. Dan menggaruk mata ini dilakukan dengan menggunakan bagian kakinya. Keadaan yang seperti ini dapat menjadi salah satu ciri atau tanda burung terkena katarak.

Jika anda menjumpai gejala atau tanda tanda seperti diatas, maka segera mungkin anda bisa mengatsinya dengan menggunakan obat alami maupun dengan cara yang lainnya. Sebab, jika tidak diobati burung bisa menjadi terkena penyakit mata dengan lebih parah lagi. Bahkan parahnya lagi dikhawatirkan bisa terjadi masalah kebutaan.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.