Mengetahui Kelebihan Burung Murai Batu Hutan dan Kekurangannya

Murai batu adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya yaitu dilihat dari segi kicauan yang dikeluarkannya. Burung Murai batu ini memiliki kualitas suara yang selalu menjadi idaman para pecinta burung kicauan.

Karena kualitas suara yang dimilikinya, maka burung ini banyak diikutkan dalam acara perlombaan. Selain itu, banyak juga yang memeliharanya dirumah untuk dijadikan pelengkap burung peliharaan anda di rumah.

Kelebihan burung murai batu hutan yaitu pada umumnya memiliki variasi suara yang lebih banyak jika dibandingkan burung murai batu yang merupakan hasil tangkaran.

Kelebihan Burung Murai Batu Hutan

Mengetahui Kelebihan Burung Murai Batu Hutan dan Kekurangannya
hargaburung.id

Untuk burung murai batu sudah diketahui sejak dahulu kala sudah populer dimana mana. Hal ini disebabkan karena kelokan suara dan bentuk tubuhnya, murai batu juga punya nilai jual yang cukup tinggi.

Terlebih lagi apabila sudah pernah memasuki arena lomba. Bahkan untuk sekarang ini sudah banyak orang yang mulai menangkarkan burung murai batu hutan ini.

Kekebalan Tubuh

Kelebihan burung murai batu hutan yaitu hasil ternakan pada umumnya akan lebih jinak jika dibandingkan burung murai batu tangkapan hutan. Meskipun begitu, untuk burung murai batu tangkapan hutan juga tidak kalah bagus dari pada dengan murai batu hasil tangkaran.

Sudah banyak juga orang yang mengatakan apabila burung murai hutan itu memiliki daya tahan atau mempunyai imun yang lebih tinggi jika dibandingkan murai hasil tangkaran.

Hal ini disebabkan burung murai batu yang hidup pada alam ini dapat memenuho kebutuhan vitamin ataupun mineral yang bisa diperolehnya sendiri dari alam.

Stamina dan Sifat Tarungnya

Tak hanya itu saja, kelebihan burung murai batu hutan jika dari segi fisik dan stamina ini lebih memiliki stamina yang lebih kuat. Lain halnya jika dibandingkan dengan burung murai batu hasil tangkaran.

Memang jika kita amati, tentu saja burung murai hutan memiliki jam terbang / olahraga yang lebih banyak jika di bandingkan dengan burung murai batu yang merupakan hasil dari tangkara. Dan selanjutnya, insting dari petarungnya / fighternya juga diketahui lebih bagus jika dibandingkan dengan burung i murai hasil tangkaran

Suara Isian

Kelebihan burung murai batu hutan juga bisa anda lihat pada suara isiannya. Yang mana untuk suara kicauan yang terdapat pada burung murai batu ini merupakan salah satu faktor yang terpenting. Terlebih lagi untuk pemasteran pada burung murai batu.

Apabila sejak kecil burung murai ini sudah sering mendengarkan suara kicauan burung jenis yang lain yang di ulang dengan terus menerus, maka bisa saja burung murai batu hutan anda bisa menirukan kicauan burung lain.

Dengan menirukan berbagai macam jenis suara dari jenis burung lain, maka suara dari burung murai batu hutan ini bisa bervariasi. Kemudian, untuk harga jualnya juga bisa menjadi lebih tinggi. Bisa juga diikutkan dalam acara perlombaan.

Kelemahan Burung Murai Batu Hutan

Kelemahan Burung Murai Batu Hutan
alamendah.org

Sedangkan untuk masalah kelemahan yang ada pada burung murai batu hutan ini yaitu dalam perawatannya membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Sebab, murai batu hutan terlebih dahulu harus beradatasi dengan lingkungan sekitar dan juga beradaptasi dengan manusia. Selain itu, kelemahannya burung murai batu hutan juga tidak selalu mau berkicau seperti pada saat berada di alamnya.

Apabila di dalam memeliharanya dilakukan dengan asal asalan, maka burung murai batu hutan ini juga akan cepat mati. Dengan demikian jika anda semau ingin memelihara burung murai batu hutan, sebaiknya anda memberikan perawatann yang baik dan benar dan juga teliti.

Tinggalkan Komentar