Mengetahui Karakteristik Burung Murai Batu Jambi dan Perawatannya

Salah satu jenis burung peliharaan yang populer di kalnagan para pecinta burung kicauan yang juga sering sekali menjadi jenis burung yang ikut dalam sebuah perlombaan adalah jenis burung Murai Batu.

Perlu anda ketahui, jika burung Murai Batu ini di kenal sebagai hewan jenis burung kicauan yang mempunyai banyak sekali keunggulan dari pada dengan jenis burung yang lainnya.

Banyak sekali para pecinta burung kicauan yang memilih untuk memeliharanya dikarenakan suaranya yang unik dan juga menarik.

Selain itu, juga disebabkan karena bentuknya yang berbeda dengan jenis yang lainnya. Burung Murai Batu ini juga mempunyai banyak sekali jenis yang berada hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Akan tetapi, kita mengetahui jika yang paling mayoritas di cari yaitu adalah jenis burung Murai yang berasal dari wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Walaupun begitu, untul penyebaran burung Murai Batu ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja, namun ternyata juga sudah merambah ke luar negeri.

Burung Murai Batu Jambi


muraibatujambi.blogspot.com

Nah salah satu jenis burung Murai Batu yang perlu anda ketahui yaitu burung Murai Batu Jambi. Sesuai demgan nama yang dimilikinya, jenis burung ini memang asalnya dari wilayah Jambi Sumatera.

Burung Murai Batu Jambi ini termasuk salah satu aset yang asalanya dari kota Jambi. Yang mana burung ini termasuk salah satu dari beberapa jajaran burung Murai yang mempunyai kualitas yang bisa dikatakan cukup tinggi.

Ciri dan Bentuk Tubuh Murai Jambi

Burung Murai Batu Jambi adalah salah satu jenis burung memiliki ciri-ciri seperti panjang ekor yang bisa mencapai 10 sampai dengan 16 cm.

Burung ini juga hadir dengan keistimewaan yang ada di bagian ekornya yang dapat membuka serta mengembang meski hanya sedikit saja. Sedangkan untuk warna dari bulu burung Murai Batu Jambi ini sebagian besar berwarna hitam.

Yaitu dengan bagian dada yang berwarna coklat serta coklat kombinasi emas. Pada bagian ujung ekor mempunyai warna putih. Sedangkan pada bagian ekor ini memiliki warna yang hitam legam.

Daerah asal burung Murai Jambi

Burung Murai Batu Jambi untuk wilayah asalnya yaitu memiliki daerah persebaran di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan juga di wilayah Bengkulu. Pada beberapa daerah inilah anda dapat dengan mudah memperoleh Murai Batu Jambi yang unik ini.

Tips Perawatan Murai Jambi


fjb.kaskus.co.id

Bagi anda yang hobi dalam memelihara burung Murai Batu, anda bisa memiliki burung Murai Batu Jambi yang memiliki kualitas terbaik apabila mengetahui bagaimana cara merawat burung ini dengan baik dan benar.

Berbagai macam pola perawatan yang biasanya di lakukan yaitu dengan memandikan burung dengan cara di semprot. Bisa juga dengan memakai tempat khusus untuk memandikan burung.

Hal ini dapat anda lakukan setiap hari atau paling tidak sebanyak 2 hari sekali. Area kandang sebaiknya juga harus dijaga kebersihannya.

Hal ini disebabkan karena untuk kotoran yang menumpuk akan menjadi sarang penularan penyakit . Yang mana, penyakit tersebut bisa menjadikan burung Murai Batu Jambi anda terserang berbagai macam penyakit.

Untuk jenis makanan yang dapat anda berikan pada Murai Batu Jambi yaitu dengan memberikan Voer.

Abda bisa mendapatkan jenis makanan ini di toko pakan burung terdekat. Makanan ringan yang dapat anda berikan untuk burung Murai yaitu berupa jangkrik. Sebab jangkrik ini dinilai bisa memberikan kualitas suara yang ada pada burung anda.

Tinggalkan Komentar