Mengetahui Jenis Burung Kicauan Paling Laku dan Populer

Banyak sekali jenis burung kicauan yang ada di alam ini. Untuk para pecinta burung kicauan pastinya sudah banyak yang mengenal sebagian besar dari jenis burung kicauan tersebut.

Untuk jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh para kicaumania yaitu burung pleci, kenari, kacer, murai batu dan lain sebagainya. Masing-masing burung tersebut memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda-beda. Diantara burung tersebut ada jenis burung kicauan paling laku dan paling banyak diminati.

fokussatu.com

Jenis Burung Kicauan Paling Laku

Terdapat bebrapa jenis burung kicauan paling laku populer dan sangat dicari orang. Hal itu disebabkan karena suaranya merdu indah dan juga gaya gerak yang sangat memukau jika dipandang.

Jika secara fisik mungkin jenis burung kicau ini ukurannya hanya kecil, akan tetapi harganya bisa mencapai jutaan rupiah, puluhan juta bahkan bisa memiliki harga sampai ratusan juta rupiah.

1. Cucak Ijo

Jenis burung paling laku yang pertama yaitu cucak ijo. Burung ini memiliki warna dominan hijau serta sedikit warna hitam pada kepala dan paruh sesuai jenis kelamin.

Daerah persebarannya yaitu terdapat di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan juga di Kalimantan. Burung ini hidup berkelompok pada area hutan. Kemudian terbang dari satu pohon ke pohon lainnya yang tinggi.

Burung ini gemar hidup di hutan lebat. Apabila di Indonesia burung ini suka hidup di daerah Malang, Banyuwangi, serta ada Kepulauan Sunda Besar. Sedangkan untuk di daerah Jawa dan Bali ada tiga jenis. Kemudian untuk yang ada di Kepulauan Sunda Besar terdapat tujuh jenis.

2. Jalak Suren

Burung jalak suren juga sedang sekitar 24 cm. Memiliki bulu yang berwarna hitam dan putih. Sedangkan untuk bagian yang berwarna putih seperti pada bagian dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut.

Kemudian pada bagian bulu di dada, tenggorokan, serta untuk tubuh bagian atas berwarna hitam (coklat pada remaja). Bagian iris mata burung jalak suren warnanya abu-abu.

Kulit yang ada bulu disekitar mata berwarna jingga. Bagian paruhnya berwarna merah dengan ujung yang berwarna putih. Lalu, pada bagian kakinya berwarna kuning. Untuk suaranya seperti hal nya teriakan yang ribut, sumbang dan juga terdengar riang.

Jenis burung kicauan paling laku dari keluarga jalak-jalakan ini memiliki karakteristik yang sangat jinak dan bisa menjaga rumah. Dengan memelihara jalak suren ini, rumah akan selalu terjaga setiap hari.

Apabila ada orang datang, burung ini akan bersuara nyaring serta bervariasi. Dapat anda pahami jika banyak orang yang memelihara burung ini.

3. Ciblek

inobudidaya.com

Ciblek juga termasuk jenis burung kicauan paling laku. Burung ini merupakan jenis burung endemik jawa, Sumatera, serta Bali. Burung Ciblek yang jantan atau betina bisa dibedakan dari fisik dan warna paruh.

Ciblek yang jantan dewasa pada bagian bawah paruhnya warnanya full hitam. Sedangkan bagian mata yang memerah termasuk tanda jika burung tersebut sudah dewasa. Dari segi suaranya burung ini juga dapat dibedakan jenis kelaminnya.

4. Tledekan

Jenis burung kicauan yang paling laku selanjutnya yaitu burung tledekan. Burung tledekan adalah jenis burung kicauan yang juga sering disebut dengan burung sulingan gunung.

Burung tledekan yang berjenis kelamin jantan, pada bagian kepala ada warna biru cerah. Kemudian untuk yang ada di bagian belakang ada warna biru tua. Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin tledekan jantan dan betina bisa dilihat dari pada sekitar mata yang ada kedok hitam.

Kemudian juga mempunyai satu jakun yang memiliki warna hitam. Sedangkan untuk bagian perut juga terdapat warna jeruk yang bersinar. Akan tetapi, pada genus tertentu seperti vivid niltava cirinya yiatu memiliki warna ungu kebiruan.

Tinggalkan Komentar