Mengetahui Jenis Burung Kedasih yang Tersebar Di Indonesia

Burung kedasih merupakan jenis burung yang punya ukuran tubuh sekitar 21cm . Pada umumnya burung ini sering dijumpai di area pedesaan.

Untuk burung ini puunya banyak sebutanya, banyak sekali orang menyebutnya dengan nama burung Kedasih, Wiwik Kelabu, Kedasi, sirit uncaing atau emprit gantil dan masih banyak lagi sebutan yang lainnya.

Burung kedasih dengan nama latin Cuculus merulinus sesungguhnya mempunyai penampilan yang terlihat cantik. Burung ini dikenal memiliki sifat yang licik.

Jenis Burung Kedasih
Jenis Burung Kedasih

Setelah bertemu pasangan hidupnya, kedasih akan melakukan perkawinan. Induk jantan dan betina tidak pernah mau menyusun sarang untuk bertelur maupun mengerami telur-telurnya.

Induk betina malah menitipkan telur dalam sarang kepunyaan burung-burung lain yang berukuran kecil. Induk yang mengerami adalah induk betina yang telah dititipi telur.

Sebenarnya, jika hanya menitipkan telur mungkin bukan perkara yang berat bagi burung yang dititipi. Tapi telur yang dititipi itu akan dibuang dan menyisakan telur miliknya saja.

Jenis Burung Kedasih

Burung kedasih atau yang juga dikenal sebutan burung Wiwik termasuk anggota burung jenis anggota termasuk suku Kangkok. Berikut ini termasuk jenis burung kedasih yang banyak tersebar di Indonesia.

Kedasih atau Wiwik Uncuing

Burung Uncaing ini banyak dijumpai di wilayah pedesaan, perkebunan serta berada di tepi hutan yang ada di ketinggan 130 Meter di atas permukaan air laut.

Jenis burung ini bisa dikenal karena memiliki suara “Wii Pii wiit” dan suaranya yang dikeluarkan akan di ulang-ulang 10 sampai dengan 25 kali.

Pada jenis burung Wiwik Uncuing yang sudah usia dewasa pada umumnya memiliki punggung, ekor dan bagian sayap yang berwarna coklat keabu-abuan.

Selain itu memiliki kepala berwarna abu-abu, dan ada warna lingkar mata yang warnanya kekuning-kuningan. Burung ini pada umumnya akan mencari makan berupa belalang,ulat serta serangga kecil yang lainya.

Burung Wiwik Kelabu

Burung Wiwik Kelabu
Burung Wiwik Kelabu

Burung Wiwik Kelabu adalah jenis burung kedasih ini umumnya tersebar di Bali, Kalimantan, Jawa, Sumatera. Selain di Indonesia juga banyak di temukan di daerah Cina, filiphina dan India.

Jenis burung ini dapat kita jumpai di daerah pinggiran hutan, perkebunan serta di daerah pedesaaan. Pada umumnya burung Wiwik Kelabu dewasa akan memiliki warna sawo matang di bagian ekor serta bagian punggungnya dan mempunyai kepala yang berwarna abu-abu.

Sedangkan untuk burung Wiwik Kelabu muda bisa diamati pada tubuh bagian atas yang memiliki warna coklat yang dengan garis-garis hitam dan tubuh bagian bawah berwarna putih.

Mungkin bisa dikatakan mirip wiwik lurik namun tidak ada garis mata. Sama seperti pada burung Kedasih lainya, burung ini juga mencari makan berupa ulat , belalang serta serangga kecil lainya.

Burung Wiwik Lurik

Burung Wiwik Lurik ini adalah jenis burung kedasih yang banyak tersebar di Jawa, Bali Kalimantan dan Sumatera. Jenis burung wiwik lurik ini sering dijumpai di daerah perdesaan, hutan pada bagian tepi dan juga daerah perkebunan.

Jenis burung ini biasa mencari makan seperti halnya serangga kecil , ulat , kupu-kupu serta belalang. Pada brung Wiwik Lurik dewasa punya tubuh bagian atas dengan warna coklat serta putih pada bagian bawah tubuhnya.

Burung Kedasih Hitam

Jenis burung kedasih hitam ini termasuk jenis burung yang di dominasi dengan warna bulu yang berwarna hitam. Meskipun jenis burung ini memiliki warna berbeda dari jenis yang lainnya, namun burung ini tetap sama ketika mencari makannya yaitu berupa ulat, kupu-kupu, belalang serta berbagai macam serangga kecil yang laninya.

Tinggalkan Komentar