Cara Merawat Sogok Ontong Agar Cepat Gacor dan Selalu Fit

Sogok ontong termasuk salah satu jenis burung yang suka menghisap nektar bunga dan serangga kecil. Cara merawat sogok ontong atau yang juga dikenal dengan nama kolibri sriganti ini cukup mudah. Dengan memberikan perawatan yang tepat, maka sogok ontong bisa rajin bunyi dan tentu saja tetap sehat.

memelihara.com

Cara Merawat Sogok Ontong

Kolibri sriganti memiliki ukuran tubuh 8-10 cm dengan bentuk paruhnya yang lancip, panjang dan melengkung. Sementara untuk bulunya, kolibri sriganti memiliki bulu bagian bawah berwarna kuning terang, dagu dan dada berwarna ungu metalik, serta punggung berwarna hijau zaitun.

Berbeda untuk kolibri sriganti betina yang hadir dengan alis berwarna kuning muda dan tak ada warna ungu metalik. Mengenai suara, kicau yang dimiliki kolibri sriganti memungkinkannya cocok untuk dijadikan sebagai masteran. Sementara untuk perawatannya, anda simak saja beberapa cara merawat sogok ontong yang tepat berikut ini.

Pengembunan

Salah satu perawatan yang bisa anda berikan pada kolibri sriganti ialah pengembunan. Anda bisa embunkan kolibri sriganti untuk membuatnya lebih cepat berkicau. Pengembunan ini memungkinkan kolibri sriganti bisa saling bersautan dengan kicau burung liar. Tak butuh waktu lama, perawatan ini bisa memudahkan kolibri sriganti untuk buka paruh.

Memandikan

Untuk teknik memandikan kolibri sriganti, anda bisa melakukannya dengan cara penyemprotan. Lakukan penyemprotan secara halus. Hal ini akan membuat kolibri sriganti bisa lebih cepat jinak. Pada umumnya, setelah disemprot, kolibri sriganti akan mandi sendiri menggunakan cepuk air yang telah disediakan pada sangkarnya.

Penjemuran

Setelah dimandikan, jangan lupa untuk menjemur kolibri sriganti secara cukup. Anda bisa menjemur kolibri sriganti maksimal hingga jam 9 pagi. Jangan terlalu lama karena bisa membuat kolibri sriganti mati kepanasan. Alangkah baiknya jika anda memperhatikan cuacanya.

Pakan

pengicau.net

Beralih ke segi pakannya, kolibri sriganti bisa anda beri pakan berupa nektar bunga. Selain itu, anda juga bisa menggantinya dengan air gula dengan takaran yang cukup. Hanya saja, pastikan anda membuatnya agak kental. Dalam pembuatannya, anda bisa memanfaatkan air panas dan gula supaya lebih mudah larut. Berikan ke kolibri sriganti saat air gula tersebut sudah dingin.

Selanjutnya, anda juga bisa memberikan susu kental manis. Anda bisa mencampurnya dengan sedikit air supaya kolibri sriganti bisa lebih mudah dalam menghisapnya. Dalam pemberian susu kental manis ini, pastikan anda juga menambahkan air putih sebagai minuman utamanya.

Pakan lainnya yang juga bisa anda berikan pada kolibri sriganti ialah madu. Setidaknya berikan madu sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Madu ini bisa anda berikan sebagai pakan selingan untuk kolibri sriganti supaya semakin rajin gacor.

Dari beberapa jenis pakan di atas, anda juga bisa menambahkan kroto. Kroto adalah jenis makanan tambahan yang bagus untuk kolibri sriganti. Hal ini dikarenakan kroto berperan penting sebagai sumber protein hewani. Mengenai pemberiannya, anda bisa berikan satu sendok teh kroto setiap harinya.

Vitamin

Perawatan kolibri sriganti lainnya ialah dengan memberikan vitamin khusus. Dalam memberikan vitamin khusus ini, anda bisa mencampurnya dengan air minum pada cepuknya. Pemberian vitamin khusus ini bisa anda lakukan setiap seminggu sekali.

Cara merawat sogok ontong dengan memberikan vitamin khusus ini berguna untuk membuatnya lebih cepat gacor. Tak hanya itu, pemberian vitamin khusus juga memungkinkan kolibri sriganti untuk selalu berada dalam kondisi yang fit. Maka dari itu, pastikan anda tak melewatkan tips perawatan burung kolibri sriganti yang satu ini.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.