Home » Kabar Burung » Mengetahui Ciri Khas Burung Robin Jawa Yang Kini Sulit Ditemui

Mengetahui Ciri Khas Burung Robin Jawa Yang Kini Sulit Ditemui

Banyak sekali jeni burung kicauan yang tersebar di alam ini. Dan yang banyak diketahui dan banyak dipelihara yaitu seperti burung Murai Batu, Kenari, sampai dengan Cucak Rowo dan Cucak Ijo. Kemudian ada juga burung hasil impor dari berbagai negara yang ada di dunia.

Salah satu burung impor akan tetapi tidak termasuk jenis hewan khas negeri ini yang lumayan banyak diserbu peminat yaitu burung Robin. Burung dengan kicau khas merdu ini asalnya sebenarnya dari daratan China ini memiliki ciri khas seperti tubuh yang ukurannya kecil serta bulunya yang berwana cantik.

Warna burung ini cantik karena memang burung ini merupakan burung dari luar. Apabila dijual di pasaran harga burung Robin juga terbilang lumayan mahal.

Burung jenis ini keberadaanya juga lumayan populer pada sekitar tahun 90’an. Akan tetapi untuk sekarang ini sudah mulai sulit ditemui dan bahkan sudah masuk dalam kategori yang langka di Indonesia ini.

Keberadaan burung ini yang cukup langka sendiri sangat berkaitan erat dengan kebijakan dari pemerintah yang juga semakin memperketat kebijakan impor jenis burung dari luar negeri. Hal inilah yang menyebabkan tingginya harga jual burung Robin yang ada di pasaran burung sekarang ini.

Burung Robin Jawa

hargaburung.id

Salah satu jenis burung Robin yang memiliki ciri khas yang cantik adalah burung Robin Jawa. Walaupun mempunyai nama Robin Jawa, burung Robin jenis ini tidaklah termasuk jenis burung asli dari Jawa.

Akan tetapi, burung Robin Jawa ini adalah jenis burung Robin yang banyak ditemukan di daerah pulau Jawa sebab telah mulai banyak dibudidayakan.

Sedangkan untuk ciri khasnya, burung Robin Jawa ini memiliki tampilan seperti halnya burung Robin kebanyakan. Diantaranya yakni abu-abu dominan pada keseluruhan tubuh dan kehijauan yang ada di bagian atas kepala.

Kemudian, untuk bagian dagu dan leher, ada warna kuning cerah berpadu sempurna dengan orange sampai pada daerah sekitar dada. Burung Robin Jawa ini sudah banyak dipelihara dan dipasarkan.

Keindahan Burung Robin

steemit.com

Walaupun harga di pasaran juga cukup mahal, akan tetapi peminat burung Robin ternyata juga masih tetap ramai. Sebab, jenis burung kicauan yang burung bertubuh mungil ini memiliki performa kicau yang cukup memuaskan saat dalam keadaan sehat dan juga fit.

Warna-warna yang ada pada bulu indahnya juga bisa memanjakan mata. Terlebih lagi ditambah dengan gerak-geriknya yang gesit dan juga lincah. Inilah yang menjadikan burung ini jadi burung kicau peliharaan idaman.

Burung Robin juga ini juga mempunyai kemampuan dalam beradaptasi serta hidup yang lumayan baik. Kesemuanya dapat anda lihat dari kemampuannya untuk bertahan hidup. Walaupun dibawa jauh dari tempat tinggal asli burung ini sendiri.

Maka dari itu, perawatan burung Robin juga bisa dikatakan gampang-gampang susah. Yang terpenting yaitu dalam perawatannya harus diberikan pakan sehat dan bernutrisi.

Kemudian juga diberikan kandang dengan sanitasi baik serta pencahayaan yang cukup, kegesitan serta kegacorannya tak akan berkurang malah kian menjadi.

Untuk anda semua yang menginginkan burung Robin dengan harga relatif masih terjangkau dan juga ramah di kantong, burung Robin yang masih bakalan dapat anda jadikan sebagai pilihan utama anda.

Burung ini pada umumnya masih anakan atau masih mudah dan belum terlalu pandai dalam berkicau. Walaupun demikian, bukan tak mungkin dengan perawatanserta makanan yang berkualitas, burung bahan akan menjadi dewasa yang memiliki suara yang gacor.

Tinggalkan Komentar