Home » Kabar Burung » Mengetahui Ciri Khas Burung Perling Ekor Panjang dan Habitatnya

Mengetahui Ciri Khas Burung Perling Ekor Panjang dan Habitatnya

Banyak burung kicauan yang memiliki ciri khas yang unik dan tersebar di alam ini. Akan tetapi sebagian jenis burung tersebut masih banyak yang belum diketahui olrh para pecinta burung kicauan yang ada di Indonesia ini. Nah, salah satu jenis burung kicauan yang memiliki ciri khas yanag unik yaitu burung perling .

Mungkin anda semua sudah banyak yang mengetahui burung cucak keling atau camperling. Burung yang asalnya dari keluarga jalak-jalakan (Sturnidae) ini mempunyai beberapa jenis dan wilayah persebaran di negara Indonesia.

Burung camperling ini ternyata merupakan jenis burung kicauan unik yang sudah banyak dipelihara. Sebab suara kicauannya yang terdengar melengking dan juga tajam, dan terkadang bisa memekakkan telinga.

Tak hanya itu saja, warna tubuhnya yang terlihat hitam mengkilap dengan mata merah menjadi daya tarik tersendiri dari jenis burung ini.

Dari beberapa jenis burung perling atau burung camperling yang kita kenal, ternyata ada satu jenis burung perling yang memiliki ciri khas yaitu bagian ekornya yang sangat panjang. Kemudian bulunya yang memiliki warna yang hitam dan mata yang merah.

Tak hanya itu saja, suaranya pun juga terdengar cukup menarik. Jenis burung perling yang unik ini yaitu burung perling ekor panjang atau long-tailed starling (Aplonis magna).

Perlu anda ketahui, ternyata burung perling ekor panjang ini merupakan burung endemik dari Pulau Biak dan Pulau Numfor yang juga merupakan dalam wilayah Papua.

Ciri Khas Burung Perling Ekor Panjang

warrenphotographic.co.uk

Ciri khas burung perling ekor panjang, atau yang dikenal juga dengan sebutan perling papua diantaranya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis burung perling kumbang.

Sebab, ciri khas burung perling ekor panjang ini yatu memiliki ukuran tubuhnya mulai dari 28 sampai dengan 41 cm, bagian ekornya yang panjang ini terlihat bertingkat-tingkat.

Untuk ciri khas burung perling ekor pajang selanjutnya yaitu warna tubuhnya tidak jauh berbeda dari spesies perling lainnya, yaitu dengan warna hitam mengkilap.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan burung perling kumbang dan perling lainnya yang mempunyai iris mata merah. Lalu bagian iris mata perling ekor panjang ini terlihat berwarna cokelat.

Perlu anda ketahui, jika burung camperling ekor panjang ini termasuk burung penetap yang endemik. Yang mana hanya dapat ditemukan di Pulau Biak dan juga di Pulau Numfor.

Habitat, Pakan, dan Perkembangbiakan

hbw.com

Perling ekor panjang ini ternyata mudah dijumpai di pinggiran hutan maupun di lahan perkebunan. Pada umumnya mereka ditemukan berpasangan atau dalam kelompok kecil.

Burung ini terkadang juga terlihat duduk bertengger yang ada di batang pohon tinggi. Selanjutanya burung ini akan menjadi sangat aktif pada saat berada di pohon-pohon yang sedang berbuah atau semak-semak.

Sama halnya dengan keluarga dari burung jalak-jalakan lainnya, burung perling ekor panjang ini ternyata sangat menyukai buah-buahan dan juga serangga-serangga kecil.

Ciri khas burung perling ekor panjang yang jantan dan betina ini mempunyai penampilan yang hampir sama.

Dengan demikain sulit sekali untuk membedakan jenis kelaminnya. Terlebih lagi burung jantan dan betina sama-sama dapat mengeluarkan suara kicauan dengan baik.

Sarang dari burung perling ekor panjang ini biasanya berada di ketinggian. Maka dari itulah, jenis burung ini susah sekali untuk ditangkap. Karena burung perling ekor panjang ini lebih sering di pohon-pohon yang tinggi. Jadi burung ini berbeda dengan jenis burung perling yang lainnya.

Tinggalkan Komentar