Mengetahui Ciri Khas Burung Nuri Coklat (Chalcopsitta Duivenbodei)

Burung Nuri adalah salah satu jenis burung kicauan berparuh bengkok yang memiliki warna yang cantik. Banyak sekali orang yang menyukai burung ini dan menjadikannya sebagai burung peliharaan di rumah.

Selain karena warnanya yang cantik, burung Nuri juga memiliki kualitas yang baik dari segi suara yang dikeluarkannya. Sebab, burung ini mampu menirukan suara kata kata yang diucapkan manusia atau menirukan suara jenis burung yang lainnya.

Burung Nuri juga memiliki beberapa jenis. Beberapa jenis dari burung nuri ini juga mempunyai keunikan tersendiri. Salah satu jenis burung Nuri yang perlu anda ketahui yaitu burung Nuri Coklat.

Burung Nuri Coklat (Chalcopsitta Duivenbodei)
flickr.com

Nuri Coklat juga termasuk salah satu jenis burung paruh bengkok seperti halnya burung Kakatua dan juga burung Betet yang berasal dari keluarga Psittaculidae dan Genus Chalcopsitta.

Burung ini juga bisa dijumpai di daratan Pulau Papua, akan tetapi selain burung Nuri Kepala Hitam, yang juga banyak dikenal dengan sebutan burung Kasturi Kepala Hitam.

Nama ilmiah dari burung Nuri ini yaitu Chalcopsitta Duivenbodei atau Brown Lory dalam bahasa inggrisnya. Perlu anda ketahui jika burung Nuri ini masih memiliki kekerabatan dengan jenis burung Nuri Kepala Hitam.

Sebab, burung ini masih dalam satu keluarga , diantaranya yaitu keluarga Psittaculidae sdan juga keduanya sama-sama berada pada satu genus yaitu Chalcopsitta.

Ciri Khas Burung Nuri Coklat (Chalcopsitta Duivenbodei)

Ciri Khas Burung Nuri Coklat (Chalcopsitta Duivenbodei)
flickr.com

Ciri khas burung Nuri Coklat ini juga memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 31 cm dengan berat tubuh kurang lebih sekitar 200 hingga mencapai 230 gram.

Nuri besar dengan paruh yang berwarna hitam, dan juga memiliki bulu coklat gelap tersepuh kuning pada muka, leher, bahu dan juga pada bagian paha. Ciri khas burung Nuri Coklat selanjutnya yaitu pada ujung bulu bagian belakang leher juga berwarna coklat gelap kekuningan.

Selain itu, pada bagian tunggir nya berwarna ungu. Dan pada saat burung ini terbang, untuk sayap bagian bawah berwarna kuning. Untuk jenis burung ini juga terdiri atas dua sub-spesies, C.d. duivenbodei. Diantaranya yaitu tubuh coklat gelap, muka dan kening kuning, bulu dada yang berwarana coklat.

Sedangkan untuk bagian bahu, bagian paha, dan juga bagian penutup ekor pada bagian bawah berwarna kuning. Lalu untuk nyang C.d. syiringanuchalis: warna coklat pada kepala dan punggung lebih gelap atau berwarna tua, kadang juga terlihat keunguan yang tampak mengkilap.

Daerah Persebaran Nuri Coklat

Burung nuri ini sudah tersebar luas di pulau Papuan hingga di bagian selatan dari Pulau Papua. Yang mana dari daerah Port Moresby (Peg. Kemp Welch) ke barat hingga Teluk Triton serta Teluk Cendrawasih, juga di Kep. Aru.

Tempat Hidup dan Perilaku

Burung Nuri ini memiliki perilaku diantaranya yaitu biasa berpasangan atau dalam kelompok kecil yang berada di daerah terbuka dan juga berada di hutan sekunder yang berada hingga ketinggian 200m.

Burung ini juga kerap tampak bertengger bersama dengan spesies burung Nuri lain dan juga jenis burung Isap-madu. Kebiasannya yaitu sering terbang melintasi tepi hutan maupun berada di habitat terbuka.

Pada waktu berada di alam liar, burung ini suka memakan makanan yang berupa nektar, bunga, buah buahan. Diantaranya seperti buah apel, pir, jeruk, buah kaktus wortel, jagung dan juga aneka macam serangga

Masa Kawin Nuri Coklat

Pada saat masa kawin tiba, burung Nuri Coklat ini aka berpasangan serta akan menyusun sarang yang ada di batang pohon besar dengan meletakkan telur kurang lebih sekitar 2 butir.

Tinggalkan Komentar